NOW READING

Meizu Pro 6 Plus, Phablet Penantang Samsung Note7?

 1848
+
 1848

Meizu Pro 6 Plus, Phablet Penantang Samsung Note7?

by The Daily Oktagon
  • Meizu meluncurkan flagship¬†phablet terbaru
  • Meizu Pro 6 Plus menggunakan perangkat keras seperti yang digunakan Samsung Note7
  • Dengan kemampuan setara phablet premium, Meizu Pro 6 Plus ditawarkan dengan harga menantang.

Siapa yang tidak tahu Samsung Note7? Phablet paling bertenaga yang diproduksi oleh Samsung. Sayang, masalah pada baterai di perangkat ini membuat konsumen ragu-ragu untuk membelinya. Samsung juga belum menjelaskan kapan akan merilis phablet terbaru sebagai pengganti Note7.

Di saat tidak ada kejelasan mengenai produk pengganti Samsung Note7, Meizu mengumumkan akan meluncurkan phablet premium terbaru mereka, yaitu Pro 6 Plus, pada Desember 2016.

Pengumuman ini terasa biasa saja, karena sudah menjadi kebiasaan produsen perangkat elektronik untuk meluncurkan produk terbaru mereka. Namun, jika dicermati, pengumuman itu terasa sangat luar biasa, karena perangkat keras yang dibenamkan ke dalam Meizu Pro 6 Plus setara dengan perangkat keras yang digunakan Samsung Note7. The Daily Oktagon mencoba mengulasnya.

Penantang yang layak

Meizu Pro 6 Plus bakal menggunakan layar AMOLED dengan ukuran dan resolusi yang sama seperti yang dipakai Samsung Note7, yaitu 5,7 inci dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel. Phablet buatan produsen asal Tiongkok itu juga menggunakan prosesor delapan inti Samsung Exynos 8890.

Begitu juga kemampuan menyimpan data, Meizu Pro 6 Plus dapat menampung data hingga 64 GB. Meizu juga akan meluncurkan Pro 6 Plus dengan kapasitas penyimpanan data hingga 128 GB. Ada pun untuk memori, Meizu Pro 6 Plus menggunakan RAM berukuran 4 GB, persis seperti yang dimiliki Samsung Note7.

Dengan menggunakan perangkat keras seperti yang dimiliki Note7, apakah berarti Pro 6 Plus bakal jadi produk pengganti phablet buatan produsen asal Korea Selatan itu? Tidak ada konfirmasi dari Meizu terkait hal itu.

phablet

Namun, yang pasti Meizu Pro 6 Plus bisa jadi jawaban bagi mereka yang mengidam-idamkan Samsung Note7, tetapi terganjal harga masalah yang menjulang.

Meizu Pro 6 Plus diperkirakan dijual dengan harga 435 dolar AS (sekitar Rp5,8 jutaan). Tentunya harga itu belum termasuk pajak serta bea masuk ke Indonesia. Namun, harga tersebut sangat menantang, apalagi jika dibanding dengan harga Samsung Note7 yang berada di atas Rp10 juta.

Profil Mi MIX, smartphone istimewa dari Xiaomi ada di sini

Kemampuan yang Mengagumkan

Lalu, bagaimana dengan kemampuan Pro 6 Plus, yang menjadi produk flagship terbaru Meizu?

Salah satu faktor yang paling menarik dari Meizu Pro 6 Plus, adalah digunakannya sensor kamera digital Sony IMX386 12 megapixel. Sensor buatan Jepang itu juga dibenamkan di Samsung Note7 dan sangat dibangga-banggakan oleh produsennya.

Dengan sensor tersebut, Meizu Pro 6 Plus dapat diandalkan untuk memotret di tengah lingkungan temaram. Untuk detail gambar dan warna juga tidak perlu diragukan lagi. Dengan resolusi yang besar, kita dapat memproduksi foto-foto yang terlihat alami.

phablet

Untuk kamera depan, phablet dengan ukuran 155,60 mm x 77,30 mm x 7,30 mm itu menggunakan kamera dengan resolusi 5 megapixel. Resolusi sebesar ini cukup mumpuni untuk memotret diri sendiri (selfie).

Sementara untuk baterai, Pro 6 Plus menggunakan baterai dengan kapasitas 3.400 mAh. Kapasitas baterai ini lebih kecil dibanding kapasitas baterai milik Samsung Note7 yang mencapai 3.500 mAh. Perbedaan lain dengan Note7, Pro 6 Plus tidak dibekali dengan pena stylus.

Untuk urusan baterai, simak tipsnya biar bisa terisi dengan lebih baik

Serupa Tapi Tak Sama

Namun, dengan perbedaan yang tidak terlalu signifikan itu, Meizu ingin mengklaim Pro 6 Plus sebagai phablet premium dengan harga yang sangat terjangkau.

Meski murah, tetapi Meizu tidak menjadikan produk mereka menjadi murahan atau sekedar mencontoh produk yang sudah ada, karena Meizu juga membekali Pro 6 Plus dengan sistem operasi (OS) YunOS yang sudah diperbarui.

OS yang dikembangkan oleh raksasa ecommerce Tiongkok, Alibaba, yang berinvestasi di Meizu, bekerja di sistem operasi Android 6.1.

phablet

Selain itu, phablet dengan berat 158 gram itu juga menggunakan tampilan antarmuka (UI) terbaru, yaitu Flyme 6. Menurut Meizu, Flyme membawa 400 feature baru, di antaranya menu memotret yang lebih baik serta peningkatan kemampuan melacak phablet yang hilang atau dicuri.

Jadi bagaimana menurut Anda, apakah Meizu layak disebut penantang Samsung Note7?

Kalau yang ini, sang penantang untuk action cam GoPro. Baca artikelnya di sini

0 comments