NOW READING

Mau Tahu Cara Tepat Memotret Hewan Peliharaan?

 2575
+
 2575

Mau Tahu Cara Tepat Memotret Hewan Peliharaan?

by The Daily Oktagon

Hewan peliharaan apa yang Anda miliki? Anjing, kucing, burung, atau kuda misalnya? Bagi yang sudah lama memeliharanya, mereka tak ubahnya seperti bagian dari keluarga.

Bahkan, ada-ada saja kelakukan si pemilik hewan demi memanjakan sang peliharaan, mulai dari memakaikan baju, merekam video, hingga memotretnya. Sekadar memotret saja mungkin terbilang mudah. Bagaimana jika memotret hewan peliharaan untuk dokumentasi? Ya, demi mengabadikan golden moment mereka.

Oleh karena itu dibutuhkan kiat khusus untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Mau tahu cara tepat memotret hewan peliharaan? Simak tips dari The Daily Oktagon berikut.

Perhatikan Karakter
Bagi Anda yang sudah bertahun-tahun memelihara hewan, tentu hapal di luar kepala karakternya. Ambil hal ini sebagai kunci untuk mengabadikan momen terbaik.

shutterstock_390474100
Jika ia adalah anjing yang tangguh, ekspresinya saat berlari dan mengejar sesuatu, tentu akan sangat bagus. Atau bisa jadi kucing Anda yang gemar tidur dan bermalas-malasan. Dengan begitu, akan mudah menangkap ekspresi favoritnya. Bisa juga dicoba saat Anda membelai kuda kesayangan saat ia sedang santai.

shutterstock_390473833

Fokus pada Mata
Sebagian orang menyebut bahwa mata menjadi bagian terbaik pada hewan saat difoto. Maka itu, penting bagi Anda untuk menghindari kondisi dengan tempat–baik outdoor maupun indoor–yang cahayanya terlalu terang.

shutterstock_389609824

Pencahayaan Alami
Lanjutan dari penjelasan di atas, memotret hewan peliharaan sebaiknya dilakukan dengan pencahayaan alami. Hindari pemakaian lampu kilat yang berlebih. Kondisi cuaca berawan dan mendung juga baik untuk memotretnya. Pencahayaan yang tepat akan menghasilkan foto dengan cahaya lembut.

shutterstock_390808906
Bagaimana soal waktu? Kalau Anda ingin mengambil foto di luar ruang (outdoor), baiknya dilakukan pada pukul 6-8 pagi hari di saat sinar matahari tidak terlalu terik. Lalu, atur ISO kamera di level 200. Nah, waktu terbaik untuk memotret hewan peliharaan di sore hari adalah sekitar pukul 4-5 sore. Level ISO kamera berkisar sama, yakni 200.

Sebelum lanjut, simak artikel menarik ini, Cara Membuat Foto Sekeren Bintang Instagram

Speed Mode
Ini bisa menjadi catatan penting bagi Anda yang memelihara kucing dan terutama anjing. Mereka suka berlari dan tak bisa diam di satu tempat. Atur kamera dengan kecepatan (speed) 1/250 atau 1/500.

shutterstock_390240970
Atau jika tak ingin mengatur ulang, bisa juga atur ke fitur Aperture Priority (AP), atau mode Sports. Biasanya, kecepatan akan langsung mengikuti gerakan si obyek yang dipotret.

Lokasi
Tak hanya karakter hewan saja, Anda harus tahu betul lokasi-lokasi favoritnya. Hewan sangat familiar dengan luar ruang dan pencahayaan alami. Maka, buatlah hewan peliharaan senyaman mungkin, pergi ke alam, dan hindarilah kandang atau tempat berpagar.

Ruang
Ruang terbagi dua, indoor dan outdoor. Ruang menjadi salah satu faktor penting untuk mengambil foto. Nah, Anda dituntut untuk pandai dalam memanfaatkan space dan lebih kreatif.

shutterstock_390202426
Salah satu keuntungan pengambilan gambar dalam ruang adalah terciptanya keakraban dengan si pemilik dan suasana lebih hangat. Anda bisa mengatur ISO 400 untuk cahaya yang sudah bagus.

Khusus untuk ikan di akuarium, sebaiknya gunakan flash dengan sudut pandang dan jarak yang aman tanpa merusak mata. Untuk diafragma bisa disetel f8, sedangkan untuk foto potrait atau bokeh bisa diatur dengan f2 dan 1,8.

Terakhir, outdoor atau luar ruang. Untuk mengambil obyek dengan menampilkan pemandangan keseluruhan, diafragma yang digunakan bisa diatur f10 dan f11. Selamat mencoba!

Baca juga, Ini Tips dari Pakar untuk Membuat Foto Instagram Lebih Dramatis?

0 comments