NOW READING

Mau Jadi Trendsetter? Gunakan Istilah Teknologi Ini

 955
+
 955

Mau Jadi Trendsetter? Gunakan Istilah Teknologi Ini

by The Daily Oktagon
  • Sekarang ini sudah banyak istilah dalam lingkup teknologi yang sering terdengar.
  • Terdapat beberapa istilah teknologi dan maknanya untuk menghindari salah penafsiran.
  • Selain itu, kata-kata ini dapat digunakan untuk melestarikan Bahasa Indonesia.

Istilah teknologi lebih sering menggunakan bahasa asing, padahal ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia.

Saat menggunakan internet, pasti Anda tidak asing dengan istilah-istilah seperti download, upload, dan juga streaming. Seiring dengan perkembangan bahasa yang merespons laju zaman dalam hal ini teknologi, kata-kata tersebut memiliki bentuk baku dan padanannya dalam bahasa Indonesia. Mungkin saat pertama kali digunakan, kata-kata tersebut terdengar asing. Namu, lambat-laun mereka akan familiar di telinga kita.

foto : shutterstock

Dari sebelas istilah teknologi yang sering digunakan lengkap dengan padanan kata dalam bahasa Indonesia ini, berapa yang sudah kamu ketahui?

Latih kemampuan bahasa dengan aplikasi berikut, lihat di sini.

1. Peramban (Browser)

Istilah Browser dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata, yaitu ‘peramban’. Peramban memiliki arti perangkat lunak komputer untuk mencari informasi dalam situs internet. Jadi mulai gunakan kata ini saat ingin mencari informasi di dunia maya.

2. Komputer Jinjing (Laptop)

Ternyata laptop memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia, yaitu Komputer Jinjing. Istilah ini menggambarkan benda yang memiliki fungsi seperti komputer yang lebih ringkas untuk dibawa ke mana-mana.

3. Galat (Error)

Istillah ‘error’ mungkin sudah sering didengar, tapi berbeda dengan ‘galat’. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang serupa, yaitu kekeliruan atau kesalahan.

foto : shutterstock

4. Tautan (Link)

‘Link’ merupakan salah satu istilah yang sering Anda lihat pada media sosial dan aplikasi lainnya. ‘Link’ sepadan dengan tautan dalam bahasa Indonesia. Tautan memiliki arti hubungan atau kaitan.

5. Realitas Maya (Virtual Reality)

Teknologi yang sedang naik daun ini ternyata memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia. ‘Realitas Maya’, itulah VR dalam bahasa Indonesia. Arti realitas maya adalah kenyataan yang hanya tampak, namun tak benar-benar ada.

6. Daring (Online)

Kata ‘daring’ mungkin akan terdengar asing bagi sebagian orang. Ternyata istilah ini merupakan bentuk baku bahasa Indonesia dari kata online. Daring merupakan singkatan dari ‘dalam jaringan’.

7. Luring (Offline)

‘Luring’ adalah kebalikan dari ‘daring’. Luring yang memiliki istilah asing ‘offline’ ini merupakan singkatan dari ‘luar jaringan.’ Artinya, orang tersebut tidak sedang mengakses internet.

8. Saltik (Typo)

Istilah ini sering sekali digunakan saat menggunakan aplikasi perpesanan instan. Apalagi saat rekan Anda salah mengetik sesuatu. Kata ‘typo’ dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘salah ketik’, disingkat ‘saltik’.

9. Peladen (Server)

Semua data yang dikirimkan melalui jaringan internet biasanya harus melawati server. Istilah ‘server’ ini memiliki bentuk baku dalam bahasa Indonesia, yaitu ‘peladen’. Makna ‘peladen’ menurut KBBI adalah komputer dalam jejaring yang berfungsi sebagai penyedia layanan ke komputer lain.

foto : shutterstock

10. Gawai (Gadget)

Istilah ‘gadget’ dalam bahasa Indonesia berarti gawai. Gawai, menurut KBBI, berarti piranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis. Jadi, semua perangkat yang Anda miliki jika mudah dan praktis digunakan bisa disebut dengan gawai.

11. Lebarpita (Bandwidth)

Istilah yang satu ini biasa digunakan untuk mengukur besarnya transaksi data yang ada pada barang elektronik. Bandwidth dalam bahasa Indonesia disebut dengan ‘lebarpita’ yang artinya frekuensi perantara dari tinggi ke rendah, atau sebaliknya.

Apple menciptakan smartwatch yang menggunakan jaringan LTE dan Non-LTE, lihat di sini.

0 comments