NOW READING

Mau Browsing Sepuasnya Tapi Hemat Kuota ? Begini Caranya

 4330
+
 4330

Mau Browsing Sepuasnya Tapi Hemat Kuota ? Begini Caranya

by The Daily Oktagon
  • Browsing menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan di smartphone
  • Ada cara agar tetap asyik browsing, tapi juga hemat kuota internet
  • Beberapa browser sudah menyediakan fitur untuk menghemat kuota internet

Browsing internet merupakan salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan pengguna smartphone. Saking asyiknya browsing, terkadang kita tidak sadar kalau kuota internet sudah terkuras.

Browsing internet memang mengasyikkan, karena kita bisa mengetahui berbagai macam informasi. Sebuah lembaga riset bernama Counterpoint yang menyebutkan, selama sekitar 7 jam penggunaan smartphone, 64% dari waktu tersebut dihabiskan untuk browsing internet.

Namun bagaimana caranya agar tetap asyik browsing internet di smartphone, tapi juga tidak terlalu boros kuota ? Ternyata ada caranya. Namun tergantung dari jenis browser yang digunakan untuk browsing.

Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot

Google Chrome

Browser Google Chrome biasanya sudah langsung tersedia di semua smartphone Android. Keuntungan menggunakan browser ini adalah penguna bisa melakukan sinkronisasi beragam konten di browser Google Chrome di smartphone ke versi desktop atau sebaliknya.

Jika kamu menggunakan aplikasi Google Chrome, ada cara untuk menghemat kuota internet. Caranya yaitu dengan memilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas browser, lalu buka menu Setting kemudian pilih Data Saver. Selama kamu mengaktifkan mode Data Saver, Google akan melakukan kompresi atau memampatkan halaman web yang dikunjungi sebelum membukanya. Namun, fitur ini tidak dapat dilakukan pada mode Incognito atau Private Connection yang ada di Google Chrome.

UC Browser

UC Browser merupakan salah satu browser terpopuler terutama di negara-negara yang koneksi internetnya masih belum stabil. Ini karena UC Browser dikenal memiliki teknologi kompresi data yang bagus. UC Browser memiliki fitur Fast Mode yang berguna untuk mengkompresi data sambil mempercepat akses browsing.

Kamu dapat mendownload UC Browser untuk smartphone Android secara gratis melalui Google Play Store. Dengan browser ini pengguna tidak perlu melakukan pengaturan, karena secara otomatis browser ini bisa sudah langsung mengkompresi data. Browser ini juga memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri besarnya konsumsi kuota internet yang ingin digunakan.

6 Aplikasi Media Sosial dan Chatting yang Hemat Kuota Internet

Opera Mini

Opera Mini adalah salah satu browser yang dikenal memiliki kompresi kuota data internet yang cukup baik. Saat mengunakan browser ini, kamu dapat melakukan kompresi data dengan cara pilih menu Pengaturan, lalu pilih menu Penghematan Data, dan centang menu Kompresi Video. Opera akan melakukan kompresi data yang ada di browser ini, termasuk mengkompresi konten video di dalamnya.

Opera Max

Selain browser, Opera juga memiliki aplikasi Opera Max yang merupakan platform manajemen data yang akan membantu menyimpan halaman web atau konten lain dengan kapasitas data yang sudah dikompres terlebih dahulu, sehingga berukuran lebih kecil.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menyimpan data streaming video di YouTube. Teknologi yang ada di Opera Max memastikan video tidak akan kehilangan kualitasnya meski sudah dikompres. Pengguna juga dapat mengatur berbagai aplikasi lainnya dan menyesuaikan konsumsi kuota data internet yang ingin digunakan. Kamu dapat mendownload Opera Max secara gratis melalui Google Play Store.

Mozilla Perkenalkan Browser Baru yang Super Cepat

Firefox Rocket

Browser terbaru buatan Mozilla juga memiliki fitur yang bisa menghemat kuota data, yaitu Turbo Mode. Tidak hanya lebih hemat kuota, fitur ini juga membuat akses internt lebih cepat. Fitur ini secara otomatis akan memblokir iklan dan gambar sehingga kecepatan browser akan berjalan maksimal.

 

0 comments