NOW READING

Masih Bingung Cara Menggunakan Periscope? Ini Tipsnya

 5895
+
 5895

Masih Bingung Cara Menggunakan Periscope? Ini Tipsnya

by The Daily Oktagon

Anda tentu sudah sering mendengar nama Periscope, ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Kayvon Beykpour dan Joe Bernstein. Namun, sejak bulan Maret sudah menjadi bagian dari keluarga besar Twitter setelah diakuisisi seharga US$ 100 juta atau Rp 1,3 triliun.

Periscope berbasis live streaming untuk menyiarkan kejadian secara langsung ke teman atau followers, jadi fungsinya hampir seperti kamera recorder yang disambungkan ke satelit kemudian terhubung ke televisi sehingga semua orang dapat menyaksikan langsung. Bedanya, lewat Periscope pengguna tidak harus menggunakan kamera recorder mahal, melainkan cukup dengan smartphone, aplikasi, akun Twitter, dan koneksi Internet.

Penggunaan Periscope yang paling sederhana misalnya saat sedang menyaksikan pertandingan olah raga antar kampus. Nah, Periscope dapat menyiarkan pertandingan tersebut secara live via Twitter dan sesama pengguna Periscope.

Di dalamnya ada fitur replay yang bisa diaktifkan atau dimatikan, agar pengguna lain dapat melihat kembali sampai batas waktu yang ditentukan. Masih Bingung Cara Menggunakan Persicope? Ini Tipsnya.

Unduh Periscope
Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi langsung dari ponsel pintar Anda. Buka aplikasi Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS, kemudian gunakan tool pencarian untuk menemukannya. Setelah dapat, tap aplikasi dan tap Install, kemudian pasang aplikasi. Setelah itu, Anda tinggal menjalankan.

periscope_step_1

Membuat Akun
Saat pertama kali diluncurkan, Periscope hanya bisa digunakan oleh orang yang mempunyai akun Twitter. Sekarang, cukup dengan nomor ponsel sudah bisa. Hanya saja, bila menggunakan akun Twitter, Anda memperoleh banyak keuntungan, di antaranya mudah menemukan teman yang juga menggunakan Periscope. Ini juga memanfaatkan pertemanan di akun Twitter untuk merekomendasikan pengguna aplikasi, sehingga aktivitas siaran Anda akan lebih mendapatkan perhatian.

 

periscope_step_2

Untuk membuat akun, tap saja salah satu pilihan. Kemudian login dan berikan otorisasi. Ikuti beberapa pengguna yang populer dan selesai. Akun Periscope Anda sudah jadi.

Membuat Siaran
Di bagian kanan bawah interface aplikasi ada sebuah tombol kamera, tombol ini berfungsi untuk mengawali pembuatan siaran. Tap dan Anda akan diminta memilih tipe siaran, antara public atau private. Pilih saja public agar semua orang bisa melihat. Namun, jika Anda hanya ingin membagi konten dengan teman terdekat, tinggal pilih private.

Setelah itu, biarkan perangkat melakukan integrasi kamera dan jaringan. Kemudian, buat judul menarik dan tap tombol Start Broadcast. Swipe layar ke bawah untuk menampilkan tombol Stop Broadcast atau mengganti kamera. Setingan default akan menampilkan kamera belakang saat siaran pertama kali dibuat, tapi Anda dapat mengganti ke kamera depan jika dirasa perlu.

periscope_step_3

Saat siaran berlangsung, pengguna Periscope atau Twitter akan memperoleh notifikasi, terutama para follower Anda. Mereka dapat menyaksikan secara langsung apapun yang Anda bidik. Mereka juga bisa berkomentar atau memberikan respons lewat hati (hearts) sebagai pertanda suka.

Setelah siaran dihentikan, Anda akan melihat beberapa opsi untuk langkah lebih lanjut. Misalnya, menyimpan ke dalam galeri atau memutar ulang siaran.

Anda bisa mencoba dan terus berlatih agar bisa memukan pengaturan dan angle yang pas ketika melakukan live stream. Beberapa ide yang bisa digunakan agar konten yang di broadcast ditonton banyak orang antara lain, melakukan pemberitahuan sebelum akan melakukan live stream ke followers. Yang kedua tentunya konten itu sendiri, carilah yang seru dan informatif atau yang bisa menambah pengetahunan followers atau memberikan hiburan yang sehat.

Tips selanjutnya, yaitu cara pengambilan gambar. Berhubung ini siaran langsung, tentunya kenyamanan angle hasil video dan konten yang akan dibagikan menjadi hal yang penting. Jangan sampai kamera terlalu bawah dari objek atau tidak fokus pada hal yang ingin disampaikan.

Selanjutnya, be informative and have fun. Meskipun kita bisa juga menyiarkan langsung konten serius dan informatif, jangan lupakan faktor keseruan agar tidak bosan. Sehingga, penonton bisa terus menikmati sampai acara live stream habis. Anda tentunya bisa menambahkan komentar cerdas saat menyiarkan langsung lewat Periscope.

Baca juga Intip Perlengkapan Video Merekam Bawah Air Andalan Cahyo Alkananta

0 comments