NOW READING

Marcell Siahaan dan Perkembangan Musik Digital

 663
+
 663

Marcell Siahaan dan Perkembangan Musik Digital

by The Daily Oktagon
  • Musik digital sudah menjadi pilihan banyak orang, karena bisa diakses dari smartphone.
  • Tidak selamanya perkembangan musik digital membawa dampak positif bagi pengguna
  • Marcell Siahaan memberikan pandangannya mengenai perkembangan musik digital di Indonesia

Seiring perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, dunia musik pun secara perlahan mulai meninggalkan peralatan konvensional mereka. Sekarang ini, musik digital sudah menjadi pilihan banyak orang karena bisa diakses hanya dengan menggunakan sebuah smartphone.

Tetapi, tidak selamanya perkembangan musik digital membawa dampak positif bagi pengguna dan penghasil seni musik. Terdapat ancaman digital yang bisa mengintai setiap saat dan bisa-bisa menghancurkan nilai dari karya yang diciptakan tersebut. Pembajakan misalnya, musik digital sekarang ini mudah sekali untuk dibajak karena banyaknya software yang dapat mengunduh suatu musik secara ilegal.

Baca juga : Ari Lasso, Memori Cerita di Balik Sebuah Foto

Menanggapi hal tersebut, salah satu insan musik Indonesia, Marcell Siahaan memberikan pandangannya mengenai perkembangan musik digital di Indonesia dan segala permasalahan yang ada di sekitarnya. Berikut hasil wawancara tim The Daily Oktagon dengan Marcell Siahaan yang ditemui dalam sebuah acara peluncuran webseries di Jakarta.

Menurut Marchell Sendiri, Bagaimana Perkembangan Musik Digital di Indonesia?

Jika Saya melihat pekembangan musik digital sekarang sangat pesat ya, begitu banyak platform digital untuk kita memasarkan lagu-lagu. Itu bagus, dan ini sebetulnya juga menjadi salah satu jawaban untuk kita tidak perlu lagi berlama-lama teriak-teriak mengenai pembajakan. Lepas dari masalah bahwa pembajakan itu harus dibasmi. Itu harus.

Kemudian, Apa Tanggapan Marchell Tentang Banyaknya Platform Musik Digital di Indonesia?

Saya pribadi, bangga sekali dengan platform-platform digital ini karena jadi bisa meng-upload musik Saya yang dulu. Karena sebelum era digital, semua orang hanya mengenal satu dua lagu yang dipopulerkan oleh label. Tapi sekarang mereka bisa melihat keseluruhan album Saya dan mengapresasi keseluruhan album. Itu hal yang menyenangkan dari platform musik digital.

Menurut Marcell, Platform Tersebut Merugikan Atau Menguntungkan?

Tidak ada yang merugikan, tidak ada yang menguntungkan. Dalam arti begini, kalau semua hitungan royalty dan pembagiannya fair ke pencipta lagu, menurut Saya tidak akan ada lagi penolakan. Kita harus lebih konsentrasi kesana karena ini urusannya dengan perusahaan multinasional seperti iTunes, Google Play, dan sebagainya. Kita harus punya bargain power yang cukup untuk bisa melindungi konten-konten yang dimiliki oleh artis-artis Indonesia.

Lalu, Jika Berbicara Mengenai Masalah Hukum, Apa yang Harus Diutamakan?

Memang ada beberapa hal yang harus diluruskan. Misalnya, bagaimana untuk kepengurusan royalty, lalu bagaimana ketika suatu konten disiarkan. Perhitungan-perhitungan seperti itu harus disosialisasikan kepada masyarakat luas agar mereka mengerti. Ini ada hubungannya dengan bagaimana kita bermain di arena internet. Ada aturan mainnya dan hal ini terkadang tidak diketahui oleh orang-orang.

Baca juga : Penggunaan Gadget Secara Positif ala Joe Taslim

Selanjutnya, Apa Upaya Marcell Untuk Mengatasi Pembajakan?

Sepertinya untuk menanggulagi pembajakan kita tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan, itu tidak mudah. Tapi kita bisa menguatkan elemen-elemen yang berkaitan dengan regulasi. Elemen ini bisa menarik kita ke peraturan yang sudah ada. Misalnya, Undang-Undang No. 28 Tahun 2014. Peraturan sudah dijelaskan mengenai bagaimana melindungi konten. Selain itu, terdapat keterangan bahwa sebuah konten ternyata mengandung hak ekonomi dan hak moral. Tidak hanya itu, ada hak terkait disana yang menerangkan bahwa hak-hak ini sebenarnya harus dilindungi. Ini yang perlu disosialisasikan oleh kami dan teman-teman dari media. kita harus kerja sama dengan perspektif bahwa ini adalah industri kita bersama dan harus dijaga.

Harapan Marcell Untuk Musik Digital di Indonesia?

Musik digital Saya harap berkembang menuju kepada satu titik dimana musik-musik akan semakin beragam. Orang-orang punya begitu banyak pilihan untuk mendengarkan musik. Kemudian, para penggiat musik harus menjadi semakin kreatif tentunya. Dunia digital membuat mobilisasi konten menjadi sangat cepat sehingga orang-orang harus terus kreatif. Dan please harus semakin bagus, semakin transparan, dan industri musik Indonesia akan semakin maju.

0 comments