NOW READING

Manfaatkan Rekening Bersama untuk Berbelanja Daring

 865
+
 865

Manfaatkan Rekening Bersama untuk Berbelanja Daring

by The Daily Oktagon
  • Faktor keamanan menjadi satu hal utama dalam membeli sebuah produk secara daring.
  • Karena pembeli dapat berkomunikasi dengan penjual melalui pesan singkat atau telepon saja.
  • Gunakan rekening bersama untuk mengurangi kemungkinan rugi atau tertipu saat berbelanja daring.

Besarnya jumlah pengguna internet khususnya di Indonesia membuat sebagian orang memanfaatkan dunia maya untuk berdagang. Maraknya toko daring berbentuk situs atau akun media sosial membuat pengguna internet pun beralih kebiasaan. Mereka yang sebelumnya memilih berbelanja secara langsung, saat ini sudah terbiasa untuk membeli secara daring.

Saat ini pun, transaksi jual-beli daring masih sangat diminati masyarakat. Bahkan, muncul salah satu fitur bernama RekBer atau Rekening Bersama di berbagai media sosial. Penggunaan RekBer ini dirasa memudahkan proses transaksi daring berdasarkan rasa percaya antar pembeli dan penjual. Beragam manfaat pun bisa didapat dari pemakaian rekening bersama yang sudah mulai populer ini.

Tip lainnya agar belanja daring dengan aman tersedia di artikel berikut.

Foto: Shutterstock

Cara Memakai RekBer

Rekening Bersama (RekBer) adalah rekening pihak ketiga yang dipakai untuk menampung dana transaksi jual beli daring. Jika terjadi kegagalan saat transaksi, maka uang akan aman dan bisa dikembalikan kepada pengirim. Terdapat beberapa situs yang menyediakan layanan jasa rekening bersama ini, seperti rekberonline dan rekber.id. Tanpa registrasi khusus, baik pembeli maupun penjual dapat langsung menggunakan jasa rekber tersebut.

Cara melakukan transaksi melalui rekber hanya perlu kesepakatan antara penjual dan pembeli. Kedua pihak menentukan jasa rekber untuk menampung transaksi yang akan dilakukan. Kemudian, pembeli memilih barang yang diinginkan dan melakukan pembayaran melalui rekber. Setelah terkonfirmasi uang diterima, pihak rekber akan memberitahukan kepada penjual. Lalu, penjual akan mengirim barang sesuai pesanan dan melaporkannya kembali pada pihak rekber.

Saat pesanan sudah diterima, pembeli wajib memeriksa kelengkapan produk yang dipesan apakah sesuai atau tidak. Jika semua pesanan sudah lengkap, sampaikan pada pihak rekber mengenai hal tersebut. Sebagai tahap akhir, pihak rekber akan langsung memberikan uang yang tersimpan kepada penjual setelah semua dirasa OK.

 

Foto: Shutterstock

 

Keuntungan untuk Dua Pihak

Sistem yang dijalankan seperti di atas akan sangat memperkecil kemungkinan penipuan dari salah satu pihak. Untuk sisi pembeli, akan merasa lebih aman karena ada ‘pengawal’ selama proses transaksi terjadi. Jika barang tidak sesuai dengan permintaan, maka uang bisa dikembalikan sesuai harga produk yang dibeli. Begitu juga dari sisi penjual, pembeli akan lebih mempercayai ‘toko’ Anda, terlebih yang masih baru merintis.

Produk apapun bisa dijual atau dibeli, baik pakaian, aksesoris, domain, perangkat lunak dan keras, hingga tiket konser. Semua bisa diperjual-belikan selama produk tidak melanggar undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia dan di daerah masing-masing. Untuk proses transfer uang, biasanya dilakukan 1 x 24 jam. Namun untuk sampainya barang dari penjual ke pembeli, tergantung pada jasa pengiriman barang yang dipilih.

 

Foto: Shutterstock

 

Pilih Jasa RekBer Terpercaya

Jasa rekening bersama saat ini sudah mulai marak bermunculan. Namun, tetap butuh ketelitian agar dapat memilih jasa rekber yang benar bekerja sesuai fungsinya. Salah satu cara yang cukup efektif dengan bergabung pada grup di Facebook atau Kaskus dan tanyakan rekber yang bisa dipercaya. Biasanya, mereka yang sudah pernah menggunakan jasa rekber akan memberi rekomendasi pihak yang pernah diajak bekerjasama.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan bertanya pada banyak orang mengenai jasa rekber tersebut. Penting untuk Anda lakukan karena kemungkinan beberapa pihak sudah bekerja sama untuk menipu Anda. Hal penting lainnya adalah komisi yang diberikan oleh penyedia jasa rekber. Komisi ini bisa bervariasi sesuai pihak yang menyediakan jasa. Untuk harga yang terbilang murah atau di bawah 20 ribu, biasanya tidak dikenakan biaya apapun. Namun, untuk harga produk yang cukup mahal, maka penyedia jasa kan menyesuaikannya.

 

Foto: Shutterstock

 

Pemanfaatan rekber ini akan sangat membantu dalam proses transaksi jual beli daring. Selain penggunaan yang mudah karena tidak terikat, rekber juga dapat mengawasi ‘jalannya’ uang dari pembeli ke penjual. Hanya perlu melaporkan melalui aplikasi obrolan atau SMS, proses transaksi bisa berjalan lancar dan cepat. Biaya yang terjangkau dan garansi uang kembali tentu semakin membuat pembeli maupun penjual merasa aman saat proses jual beli berlangsung.

Faktor keamanan yang wajib diketahui pembeli toko daring bisa di baca di sini.

0 comments