NOW READING

Mana Smartphone Kamera Ganda Murah Andalan Anda?

 187
+
 187

Mana Smartphone Kamera Ganda Murah Andalan Anda?

by The Daily Oktagon
  • Kamera ganda adalah tren baru di smartphone, fitur ini tidak lagi hanya jadi fitur andalan smartphone segmen high-end.
  • Kamera ganda menjadi daya tarik karena membuat smartphone bisa menghasilkan foto lebih baik dan lebih mudah khususnya untuk efek bokeh.
  • Beberapa tahun ke depan fitur kamera ganda dipastikan ada pada setiap smartphone yang dirilis.

Kira-kira setahun belakangan ini, smartphone dengan fitur kamera ganda mulai menjadi sebuah tren baru. Kamera ganda yang dimaksud bukan kamera depan dan belakang saja, tetapi salah satu bagian kamera tersebut memiliki dua lensa yang berdampingan.

Tren ini awalnya hadir pada smartphone segmen high-end, tapi kini fitur tersebut semakin banyak dijumpai pada smartphone dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kamera ganda tentu memiliki kemampuan lebih dibandingkan kamera smartphone selama ini, yaitu mampu menghadirkan presisi warna dan efek bokeh berkat dua lensa kamera yang bekerja secara bersamaan.

Bagi Anda yang berniat untuk mencicipi kemampuan kamera ganda di smartphone The Daily Oktagon merangkum beberapa smartphone berkamera ganda dengan harga terjangkau.

Xiaomi Mi A1

Xiaomi baru saja merilis smartphone kamera ganda, dan menariknya lagi dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp3.099.000. Tidak hanya terjangkau dan sudah mengadopsi fitur kamera ganda tetapi Xiaomi Mi A1 juga dilengkapi desain dan spesifikasi yang sangat menggiurkan.

Xiaomi Mi A1 hadir dengan desain unibody tipis berbalut material metal dengan sudut membulat meniru desain iPhone seperti kebanyakan smartphone saat ini.

Hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi Full HD perangkat ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz didukung RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Kamera ganda milik Xiaomi Mi A1 terdapat pada kamera belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP dan kamera depannya beresolusi 5MP.

Baterai yang ditanamkan berkapasitas 3.080 mAh. Tidak lupa smartphone ini sudah mengadopsi sistem operasi Android 7.1 Nougat dan istimewanya siap diperbaharui ke Android Oreo dan Android P ketika dua sistem operasi tersebut sudah dirilis.

Xiaomi Mi A1 mendapatkan perlakuan yang spesial karena smartphone ini hasil kerjasama Xiaomi dengan Google dalam proyek Android One.

Intip ulasan smartphone Xiaomi lainnya, di sini.

Moto G5S Plus

Moto G5S Plus adalah smartphone pertama Motorola yang berkamera ganda. Smartphone yang dirilis sehari sebelum peluncuran Xiaomi Mi A1 di Indonesia ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari kompetitornya.

Moto G5S Plus hadir dengan desain serupa smartphone premium mereka Moto Z2 Play yaitu memiliki desain tipis dengan balutan material metal.

Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD Pada dapur pacunya terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0GHz dengan dukungan RAM 4Gb dan memori internal 32GB.

Moto G5S Plus juga termasuk dalam golongan smartphone berkamera ganda yang menempatkan fitur tersebut pada kamera belakangnya.

Kamera ganda perangkat ini masing-masing beresolusi 13MP sedangkan kamera depan yang melekat beresolusi 8MP. Kapasitas baterai yang ditanamkan sebesar 3.000 mAh.

Smartphone Moto ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat dan diklaim sudah siap diperbarui menjadi Android Oreo ketika sistem operasi tersebut telah dirilis.

Untuk antarmukanya Moto G5S Plus masih menggunakan antarmuka Android Murni seperti seluruh varian smartphone Motorola yang dirilis.

Untuk harganya, pihak Motorola baru merilis harga pre-order saja yaitu Rp2,999.000, Kabarnya usai masa pre-order harganya menjadi tidak berbeda jauh dengan Xiaomi Mi A1.

Baca review Moto Z2 Play yang makin klop dengan ragam mods.

Vivo V5s

Vivo ikut terjun ke tren smartphone berkamera ganda namun brand asal Tiongkok ini memilih memadukan kamera ganda pada kamera depannya, bukan di kamera belakang.

Alhasil smartphone ini menjajakan efek bokeh pada foto selfie dan diklaim mampu menghasilkan foto dengan warna yang cerah natural meski ber-selfie di kondisi minim cahaya.

Vivo V5s memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280. Dapur pacunya berisi prosesor MediaTek MT6750 octa-core 1,5GHz yang didukung RAM 4GB dan memori internal 64GB. Untuk sistem operasinya smartphone ini hadir masih dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Kamera depan ganda milik Vivo V5s menghasilkan resolusi 20MP dan kamera belakangnya beresolusi 13MP sehingga jelas bahwa Vivo V5s mengincar konsumen penggemar selfie saja.

Kapasitas baterai yang ditanamkan sebesar 3.000 mAh. Pada awal perilisannya di bulan Mei, smartphone ini dijual dengan harga Rp3,6 juta.

Baca juga: Apa saja isi Paket Boks Asus Zenfone 4 Max Pro?

Coolpad Cool Dual

Ketika tren kamera ganda mulai banyak dipertontonkan oleh smartphone kelas high-end, Coolpad adalah salah satu brand yang ikut dalam gelombang pertama memboyong fitur tersebut ke smartphone yang harganya lebih terjangkau.

Lewat Coolpad Cool Dual, smartphone ini membawa kamera ganda pada kamera belakangnya beresolusi masing-masing 13Mp dan kamera depan 8MP dengan harga Rp3,2 juta, termasuk harga yang cukup terjangkau saat itu.

Coolpad Cool Dual hadir dengan layar berukuran 5,5 inci resolusi Full HD. Dapur pacunya berisi prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Saat dirilis smartphone tersebut masih mengadopsi Android Marshmallow. Kapasitas baterai yang dibenamkan pun cukup besar yaitu 4.000 mAh.

Bagaimana, adakah salah satu smartphone di atas yang bisa Anda jadikan andalan baru untuk urusan kamera ganda?

0 comments