NOW READING

Maksimalkan Kamera Smartphone untuk Foto Liburan

 1864
+
 1864

Maksimalkan Kamera Smartphone untuk Foto Liburan

by The Daily Oktagon
  • Kamera smartphone bisa diandalkan untuk mengabadikan momen selama liburan
  • Optimalkan fitur serta kelebihan kamera di smartphone untuk menghasilkan foto terbaik
  • Warna foto bisa lebih natural, jelas dalam gelap, hingga menstabilkan objek bergerak

Akhir tahun sudah menjelang dan saatnya liburan. Apakah Anda sudah merancang aktivitas di tempat berlibur tersebut? Salah satu yang penting tentu jangan lupa untuk mengabadikan semua momen indah selama berlibur, yang berarti kita butuh membawa kamera.

Membawa kamera DSLR atau mirrorless tentu jawaban terbaik. Namun saat tas sudah penuh oleh berbagai peralatan berlibur, sementara kamera tidak bisa diselipkan begitu saja di koper atau ransel, kita harus memutar otak.

The Daily Oktagon punya cara lain mengakali masalah ini, yaitu gunakan saja kamera yang ada di smartphone. Pertanyaan yang kemudian timbul, apakah foto menggunakan kamera smartphone sama baiknya dengan menggunakan kamera refleks lensa tunggal (single-lens reflex)?

Jika kita mampu memaksimalkan fitur kamera yang ada di smartphone serta memahami teknik fotografi, bisa jadi tidak ada yang tahu bahwa foto liburan kita diabadikan dengan kamera smartphone. Nah, berikut beberapa caranya.

Agar Warna Foto Lebih Natural

Dengan sinar matahari yang berlimpah, memotret outdoor semacam di pantai atau pegunungan pada siang hari tentu tidak menjadi masalah. Namun salah satu hal yang mungkin luput untuk diantisipasi, melimpahnya cahaya dapat membuat hasil warna foto justru menjadi berlebihan.

liburan

Untuk itu pergunakan fitur smartphone yang dapat merekam gambar dalam kondisi kontras yang tinggi. Di Samsung Galaxy S7 Edge misalnya, terdapat fitur High Dynamic Range (HDR). Aktifkan fitur ini sehingga foto yang ditampilkan bisa lebih natural, serta masih mampu menangkap detil-detil kecil dalam sebuah scene.

Dengan warna yang lebih natural, kita pun tidak perlu bersusah payah lagi mengedit foto di aplikasi tertentu yang tentu menghabiskan waktu liburan kita. Namanya sedang liburan, apalagi saat berada di tempat yang belum pernah dikunjungi, kita tentu mau memaksimalkan waktu yang ada bukan?

Agar baterai smartphone tetap terus terisi, simak kiatnya di sini

Maksimal di Malam Hari

Aktivitas saat berlibur terkadang justru lebih mengasyikkan saat malam tiba. Untuk itu, perlu kecermatan dalam memilih kamera smartphone yang mumpuni walau dalam keadaan gelap.

fotografi

Oppo R7 Plus misalnya memiliki fitur yang disebut RGBW sensor. Fitur ini akan menambahkan white (putih) pada model warna Red, Green, Blue (RGB ), yang diklaim dapat meningkatkan sensitivitas cahaya di tempat yang gelap hingga 32 persen dan mengurangi buram pada gambar hingga 72 persen.

Kamera smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang tajam di bawah pencahayaan normal. Selain gambar yang tajam, akurasi warnanya juga luar biasa. Hal ini membuat detail foto pemandangan terlihat dengan jelas.

Sementara Samsung Galaxy S7 Edge memiliki lensa dengan bukaan yang lebar (f/1,7) berikut fitur Optical Image Stabilization, sehingga foto malam yang dihasilkan tidak mengecewakan.

Supaya foto perjalanan lebih punya “isi”, simak caranya di artikel ini

Stabil Walau Objek Bergerak

Mengabadikan momen melompat ke laut lepas, atau bersepeda mengelilingi kota mungkin masuk dalam to do list saat berlibur. Untuk itu, maksimalkan kemampuan kamera smartphone dalam mengunci fokus dan menjepret gambar.

Sony Xperia Z5 misalnya mempunyai klaim kecepatan mengunci fokus dalam tempo hanya 0,03 detik. Kecepatan mengunci fokus yang sangat cepat ini membuat smartphone ini sangat andal untuk merekam obyek yang bergerak cepat.

liburan

Kecepatan mengunci fokus yang sangat cepat itu juga memungkinan kita menghasilkan foto yang bagus saat kita potret sambil berjalan, bahkan sambil berlari hingga kecepatan 35 km per jam. Menarik bukan?

Nah, dengan beberapa cara di atas, rasanya tidak perlu galau lagi mengandalkan kemampuan kamera smartphone untuk menghasilkan foto-foto liburan yang baik. Akun media sosial Anda pun dengan “senang hati” mengunggah foto-foto tersebut.

Kalau punya banyak ruang di ransel, alat-alat berikut wajib dibawa saat ke pantai

0 comments