NOW READING

Makin Keren! Ini Kehebatan Drone DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

 727
+
 727

Makin Keren! Ini Kehebatan Drone DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom

by The Daily Oktagon

Tidak terasa ternyata drone DJI Mavic Pro yang masih digemari para penggemar drone DJI, sudah hadir generasi keduanya. Yaitu dengan kemunculan DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom.

Kedua drone terbaru buatan DJI itu pun membawa keunggulan masing-masing. Tentunya juga membawa kemampuan teknologi kamera yang makin inovatif dibandingkan dengan seri drone DJI sebelumnya.

DJI Mavic 2 Pro

Salah satu fitur unggulan drone DJI Mavic 2 Pro yaitu sudah dilengkapi dengan kamera Hasselblad L1D-20c. Dan ini membuat DJI Mavic 2 Pro menjadi drone DJI pertama yang diperkuat modul kamera L1D-20c dari Hasselblad.

Dengan penggunaan kamera buatan Hasselblad, kamera pada drone DJI Mavic 2 Pro juga didukung teknologi HNCS (Hasselblad Natural Colour Solution). Teknologi membuat kamera mampu menghasilkan gambar dengan warna lebih detil dibandingkan versi sebelumnya, yaitu DJI Mavic Pro.

drone dji

Kamera pada DJI Mavic 2 Pro juga diperkuat dengan sensor CMOS berukuran 1 inci. Memiliki ukuran sensor yang lebih besar, membuat kamera DJI Mavic 2 Pro memiliki kelebihan mampu menangkap gambar tetap tajam meski di kondisi minim cahaya yang lebih baik. Apalagi juga dilengkapi dengan fitur ISO yang bisa diatur hingga hingga ISO 12.800. Selain itu kamera ini juga memiliki bukaan diafragma lensa yang bisa diatur manual dari F2.8 hingga F11.

Baca juga : Drone Ini Saingi DJI Mavic Air, Bodi Lipat Bisa Rekam Video 4K

Kemampuan kamera ini bisa sanggup mengambil foto hingga resolusi 20 megapixel. Tidak hanya itu, untuk merekam video, kamera pada  DJI Mavic 2 Pro  mampu memproduksi video hingga resolusi 4K 30fps 100Mbps dengan format H.265. Selain itu, kamera di DJI Mavic 2 Pro juga dibekali fitur 10-bit Dlog-M dan 10-bit HDR Video untuk mendukung menghasilkan rekaman video kelas profesional.

drone dji

DJI Mavic 2 Zoom

Beda dengan DJI Mavic 2 Pro, kamera pada DJI Mavic 2 Zoom bukan buatan Hasselblad. Tapi keunggulan DJI Mavic 2 Zoom yaitu hadir sebagai drone lipat pertama DJI yang dilengkapi kamera dengan lensa berkemampuan zoom.

DJI Mavic 2 Zoom dibekali dengan modul kamera berresolusi 12 megapixel. Kamera ini diperkuat sensor CMOS dengan ukuran 1/2.3 inci. Meski memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dari Mavic 2 Pro , tapi DJI Mavic 2 Zoom tetap bisa merekam video hingga resolusi 4K 30fps 100Mbps dengan format H.265.

Seperti disebutkan sebelumnya, kelebihan kamera DJI Mavic 2 Zoom yaitu pada kemampuan zoom-nya. Di mana lensa kameranya bisa melakukan optical zoom 2x dengan jarak fokal 24-48mm. Ini membuat pengguna bisa mengambil gambar dari jarak jauh tanpa perlu menerbangkan drone lebih dekat ke objek foto.

Kamera di DJI Mavic 2 Zoom juga menyediakan mode pengambilan video 4x Lossless Zoom di resolusi Full HD, pengambilan video dengan efek Dolly Zoom. Juga ada mode Super Resolution yang menggabungkan 9 foto untuk menghasilkan satu foto dengan resolusi 48 megapixel.

drone dji

Desain dan Spesifikasi sama

Memiliki keunggulan masing-masing pada sektor kameranya, DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom juga memiliki persamaan. Antara lain yaitu sama-sama memiliki desain desain lipat.

Dibandingkan seri sebelumnya yaitu DJI Mavic Pro, dua drone terbaru buatan DJI ini memiliki ukuran bodi yang sedikit lebih panjang, tapi juga lebih ergonomis. Selain itu desain baling-balingnya juga didesain ulang sehingga saat diterbangkan suara baling-baling terdengan lebih senyap.

Selain itu ternyata fitur kameranya sama-sama didukung gimbal 3-axis. Fungsi fitur ini agar hasil tangkapan kamera tetap terlihat tajam meski saat pengambilan berada pada kondisi bergoyang. Fitur kameranya juga menyediakan beragam mode pengambilan gambar baru, seperti Hyperlapse, HDR Photo, Hyperlight, ActiveTrack 2.0, QuickShots dan Panorama.

Baca juga : LG Kembangkan Drone Phone Pertama di Dunia

Drone DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom juga sudah dilengkapi memori internal berkapasitas 8GB dengan tambahan slot microSD.

Kemampuan drone DJI Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom juga semakin pintar. Karena kedua drone ini dibekali 10 sensor omnidirectional yang bisa mendeteksi pergerakannya dari segala arah.

Apalagi juga sudah didukung teknologi FlightAutonomy dan Advanced Pilot Assistance System (APAS) yang telah diperbarui, yang membuat kedua drone ini mampu terbang secara otomatis dengan mengenali area sekitarnya dan menghindari rintangan yang ada di depannya. Ini membuat pengguna semakin mudah dan aman dalam menerbangkan drone ini.

Untuk waktu terbang kedua drone ini terbilang lama. Yaitu bisa terbang selama sekitar 31 menit dengan kecepatan maksimum 70.8 km/jam.

Bagaimana tertarik dengan kedua drone DJI terbaru ini ? Tinggal siapkan saja budget sebesar US$1449 atau sekitar Rp21 jutaan untuk DJI Mavic 2 Pro. Sedangkan DJI Mavic 2 Zoom harganya lebih murah, yaitu US$1249 atau sekitar Rp18 jutaan.

0 comments