NOW READING

Lupa Sandi Smartphone? Buka Tanpa Factory Reset

 3707
+
 3707

Lupa Sandi Smartphone? Buka Tanpa Factory Reset

by The Daily Oktagon
  • Pentingnya menggunakan sandi untuk smartphone Anda.
  • Factory reset bukan satu-satunya cara memulihkan smartphone dari lupa sandi.
  • Data yang ada di dalam smartphone Anda aman setelah dipulihkan.

Berisi banyak aplikasi penting seperti mobile bankingfile presentasi, kontak rekan kerja atau bisnis pada smartphone mengharuskan para pengguna untuk memberikan pengamanan ekstra terhadap gadget-nya. Mengganti password atau sandi secara berkala menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti pembobolan yang dilakukan orang tak bertanggung jawab. Namun memang segala upaya keamanan juga memiliki dampak buruk bagi penggunanya. Anda bisa saja lupa dengan sandi smartphone karena pergantian yang sering dilakukan. Jika sudah seperti ini Anda tentu akan kesulitan sendiri apalagi di dalamnya terdapat hal penting yang mungkin harus dikerjakan segera. Saran kami jangan lakukan factory reset!

Foto: Shutterstock

Memang benar smartphone Anda harus segera diselesaikan secepatnya, namun factory reset bukanlah solusi yang harusnya diambil ketika lupa dengan password atau sandi smartphone Anda. Memang Anda bisa kembali menggunakan smartphone tersebut, namun dengan cara tersebut tentu akan membuat Anda kehilangan semua data yang ada di dalam smartphone. Dengan kata lain smartphone Anda akan kembali ke pengaturan awal ketika Anda pertama kali membelinya, tanpa data dan aplikasi-aplikasi yang sudah pernah Anda unduh. Jadi, lupakan factory reset dan coba perbaiki dengan Android Device Manager.

Baca di sini mengenai Android Oreo yang baru saja dirilis Google.

 

Android Device Manager

Foto: Shutterstock

Dengan menggunakan akun google mail yang sama dengan yang digunakan di smartphone Anda yang terkunci, selanjutnya akseslah Android Device Manager melalui perangkat lain seperti laptop. Setelah login berhasil selanjutnya muncul tiga pilihan tindakan yang bisa Anda pilih, yaitu deringkan, kunci, atau hapus. Anda pilih opsi kunci untuk menyelesaikan permasalah yang terjadi pada smartphone Anda. Namun pastikan juga smartphone tersebut terhubung dengan internet agar bisa terdeteksi dan bisa diperbaiki. Tombol kunci yang baru saja dipilih kemudian akan menampilkan kolom password baru yang perlu Anda isi. Password baru inilah yang nantinya akan menggantikan password lama di smartphone Anda yang bermasalah tadi. Setelah mengisi semua kolom sesuai dengan arahan google, selanjutnya tekan tombol kunci dan dalam 5 menit smartphone sudah bisa diakses kembali dengan password terbaru.

 

Foto: Shutterstock

ADB Command Prompt

Cara kedua bisa dilakukan melalui komputer dengan ADB. Bagian ini hanya akan berfungsi jika smartphone Anda pernah terhubung dengan komputer tersebut dan mengaktifkan USB debugging. Bagi Anda yang pernah melakukan root atau install custom ROM, cara seperti ini pasti sudah tidak asing lagi. Untuk memulai penghapusan password atau pola layar smartphone Anda koneksikan dulu smartphone dengan komputer, selanjutnya buka command prompt di direktori instalasi ADB. Kemudian ketik perintah berikut: adb shell rm /data/system/gesture.key lalu tekan enter. Setelah selesai mulailah reboot smartphone Anda dan sandi pun sudah menghilang. Namun hal ini hanya terjadi sementara waktu, jadi segera buat sandi baru dan akhiri dengan reboot kembali.

Foto: Shutterstock

Samsung Find My Mobile

Bekerja seperti Android Device Manager, cara ini hanya bisa dilakukan untuk Anda yang menggunakan smartphone Samsung. Namun pastikan Anda sudah memiliki akun Find My Mobile ini sebelum mengakses findmymobile.samsung.com. Setelah berhasil login selanjutnya pilih tombol lock my screen pada panel di sebelah kiri. Mulailah memasukkan PIN baru dan ketika ulang untuk konfirmasi dan diakhiri dengan menekan tombol lock. Dalam satu atau dua menit perangkat Samsung Anda seharusnya sudah bisa diakses kembali dengan sandi yang baru saja Anda buat.

Cara di atas menjadi beberapa alternatif yang bisa digunakan jika Anda lupa dengan sandi smartphone. Namun jangan pernah berpikir cara-cara di atas bisa dilakukan untuk membuka smartphone curian atau yang baru saja Anda temukan di jalanan. Jika diperhatikan semuanya hanya bisa dilakukan untuk kepentingan pribadi karena perlu login akun dan rekam jejak koneksi yang pernah terhubung ke komputer. Jadi saat Anda mengalaminya, cara ini diharapkan bisa membantu Anda mengatasi masalah sandi smartphone tersebut.

Baca lebih lanjut cara agar kata sandi untuk media sosial tidak mudah diretas.

0 comments