NOW READING

Lumia 950 XL, Tonggak Kebangkitan Windows Phone

 2045
+
 2045

Lumia 950 XL, Tonggak Kebangkitan Windows Phone

by The Daily Oktagon

Microsoft boleh jadi terhitung sebagai salah satu raksasa teknologi dunia. Namun, bila khusus membicarakan masalah pasar tablet dan smartphone, perangkat dengan sistem operasi Windows Phone bagaikan pelanduk di antara dua gajah, iOS dan Android. Dalam riset yang digelar International Data Corporation (IDC) misalnya, hingga pertengahan tahun ini Windows Phone hanya memiliki market share sebesar 2,6 persen.

Sejak mengakuisisi Nokia pada tahun lalu pun, tak banyak gebrakan soal produk terbaru mereka. Pada tahun ini mereka bahkan merumahkan 7.800 karyawan dalam divisi mobile dan membuat banyak orang makin bertanya-tanya tentang masa depan Windows Phone. Untungnya, prasangka buruk tentang hal ini sedikit demi sedikit mulai terkikis sejak Microsoft merilis sejumlah device terbaru awal Oktober lalu. Dua di antaranya adalah Lumia 950 dan Lumia 950 XL yang berpeluang menjadi tonggak kebangkitan Windows Phone.

Lumia-950-XL-hero-jpg

Sebelumnya, baca dulu artikel menarik berikut, HTC M9+, Penyempurnaan Para Pendahulunya

Dari kedua device ini, Lumia 950 XL dipasang pada segmen pasar yang lebih premium, dan akan bertanding dengan sejumlah produk high-end lain. Microsoft rupanya tak mau main-main menghadapi kompetisi ini, mereka melengkapi Lumia 950 XL dengan sejumlah fitur mumpuni.

Salah satu fitur yang paling banyak dibicarakan adalah liquid cooling system, yang juga dibenamkan pada tablet Surface. Mekanisme pendinginan ini terdiri dari pipa-pipa kecil berisi air yang melintasi prosesor dan menyerap panasnya. Dengan fitur ini, temperatur ideal perangkat akan tetap terjaga. Prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 810 2 GHz yang menjadi motor penggerak perangkat ini pun mampu bekerja dengan optimal.

Lumia 950 XL dilengkapi RAM sebesar 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB yang dapat di-upgrade hingga 200 GB dengan micro-sd , dan dibalut dalam body polycarbonate. Layar AMOLED 16 juta warna yang disertakan, dengan bentang 5,7 inci dan resolusi 518 ppi.

Fitur lain yang menonjol pada perangkat dengan sistem operasi Windows 10 ini adalah kamera. Kamera utamanya beresolusi 20 megapiksel berlensa F 1.9 Zeiss yang dilengkapi dengan optical image stabilisation dan tiga LED flashlight. Kamera ini juga mampu digunakan untuk merekam video 4K. Tombol khusus kamera pun terdapat di salah satu sisi perangkat, membuat proses pengambilan foto dapat dilakukan dengan lebih natural.

Lumia-950-XL-gallery-1-jpg

Microsoft mengklaim kamera ini tak hanya akan menghasilkan gambar indah, namun juga mampu mengeluarkan warna-warna natural dari obyek foto, termasuk dalam kondisi pencahayaan rendah. Tak hanya ingin menebar janji belaka, mereka memamerkan sejumlah hasil foto perangkat ini lewat blog resminya.

WP_20150906_10_02_20_Rich_LI-1024x576

Hasil foto yang dibidik Lumia 950 XL

Dari sini memang terlihat kamera Lumia 950 XL dapat menangkap saturasi warna dan detail dari objek dengan baik, misalnya saja kerutan halus di wajah.

WP_20150924_09_23_31_Pro-2-1024x576

Hasil foto yang dibidik Lumia 950 XL

Adapun kamera depan 5 MP dapat digunakan untuk mengeksekusi Windows Hello. Dengan demikian, pengguna dapat membuka kunci perangkat dengan memindai iris mata.

Lumia 950 XL dilengkapi baterai berdaya 3.340 mAh. Yang menarik, waktu pengisian baterai diklaim dapat dilakukan dengan lebih cepat. Untuk mengisi baterai sejak kosong hingga dayanya terisi 50 persen, misalnya, waktu yang dibutuhkan diklaim hanya setengah jam saja.

Untuk pengguna yang selalu membutuhkan perangkat dengan kemampuan PC untuk kemudahan bekerja, ada fitur Continuum. Dengan menghubungkan Lumia 950XL dengan aksesoris pendukung Display Dock, layar monitor, keyboard dan mouse, Anda bisa mendapatkan fungsi serupa PC . Pengguna bisa mengakses Word, Excel, Power Point dan Outlook, tanpa perlu adanya CPU.

Lumia-950-XL-coming-soon-jpg

Di atas kertas, smartphone yang akan dilepas pada November mendatang dengan harga US$ 649 atau Rp 8,8 juta ini terlihat sangat menjanjikan. Fitur-fitur di dalamnya juga terlihat memenuhi kebutuhan berbagai kalangan. Spesifikasi kamera yang tinggi akan menarik penggemar fotografi, sementara fitur Continuum cocok digunakan kalangan eksekutif. Kita lihat, apakah perangkat ini mampu menjadi tonggak yang mengangkat Windows Phone untuk bersanding sejajar dengan Android dan iOS.

Anda pasti menyukai artikel ini, Lima Device dengan Stylus untuk Meningkatkan Produktivitas

Sumber : blogs.windows.com

0 comments