NOW READING

Lima Teknik Pencahayaan yang Wajib Diketahui Fotografer

 372
+
 372

Lima Teknik Pencahayaan yang Wajib Diketahui Fotografer

by The Daily Oktagon
  • Pencahayaan menjadi salah satu komponen penting dalam fotografi
  • Ada lima teknik dasar pencahayaan yang wajib diketahui oleh fotografer
  • Teknik dasar pencahayaan harus dikuasai terlebih dahulu sebelum beranjak ke teknik pencahayaan lainnya

Salah satu faktor yang memengaruhi keindahan hasil foto adalah pencahayaan. Oleh karena itu, pencahayaan menjadi komponen penting yang harus diperhatikan oleh fotografer.

Berbicara mengenai pencahayaan, berarti mengacu pada bagaimana cara memanfaatkan sumber cahaya pada saat pengambilan gambar. Mulai dari sumber cahaya alami, yaitu sinar matahari, hingga sumber cahaya buatan yang berasal dari perangkat lampu. Selanjutnya sumber cahaya ini diatur sedemikian rupa menggunakan berbagai teknik tertentu sehingga mampu membuat objek foto terlihat lebih indah.

Setidaknya terdapat lima teknik dasar pencahayaan yang wajib diketahui oleh para fotografer dalam melakukan pemotretan. Seperti yang dijelaskan berikut ini :

Bagi Yang Ingin Mengetahui Workshop Fotografi, Bisa Baca Disini

Key Light

Key light adalah teknik pencahayaan paling penting dengan sumber cahaya yang terkuat. Sumber cahaya ini ditempatkan sedemikian rupa (biasanya membentuk sudut 45º) di antara kamera dan objek foto. Sehingga satu sisi objek foto akan terang, dan sisi lain agak gelap. Key light merupakan teknik pencahayaan paling terang dalam pencahayaan fotografi yang bertujuan mempertegas bentuk dan dimensi dari objek foto. Namun teknik pencahayaan ini membuat objek foto tidak memiliki detail bayangan yang bagus dan kurang terlihat alami, serta memiliki kontras yang tinggi.

Fill Light

Fill Light digunakan sebagai sumber cahaya sekunder pada teknik key light. Teknik ini menempatkan sumber cahaya di sisi berlawanan dari objek (membentuk sudut -45º). Sumber cahaya ini tidak seterang key light, karena hanya digunakan untuk mengisi bayangan yang dihasilkan key light.

Fill light membantu mengurangi kontras yang dihasilkan oleh key light sehingga gambar lebih terlihat natural. Teknik ini biasanya digunakan untuk memberikan efek suasana yang hangat atau dingin.

Baca juga : Lima Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkan Filter Kamera

Back Light

Back light menempatkan sumber cahaya di belakang objek dan digunakan untuk pencahayaan dari sisi belakang. Back light bisa lebih terang atau lebih redup dari key light. Sumber cahaya pada teknik back light akan memberikan highlight yang cukup pada objek foto sekaligus memisahkan objek dari latar belakang. Back light akan menambah kedalaman gambar sehingga membuat tampilan gambar terkesan tiga dimensi.

Oval Light

Teknik Oval light adalah teknik pencahayaan yang memanfaatkan arah datangnya cahaya dari sudut 45º dari posisi fotografer berada. Atau sekitar 3/4 dari posisi objek yang akan dipotret sehingga akan terdapat sedikit bayangan pada bagian belakang objek.

Teknik ini membuat dimensi pada objek foto lebih terlihat tanpa harus kehilangan karakter warna yang dimilikinya. Over light biasanya digunakan di dalam studio dan biasanya dikenal sebagai membrant light atau lip. Teknik ini menggunakan reflektor guna membantu mencari arah pencahayaan yang tepat.

Baca juga : Lima Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkan Filter Kamera

Side Light

Teknik side light adalah teknik pencahayaan dengan memanfaatkan cahaya yang datang di samping objek. Sehingga, posisi jatuhnya bayangan berada tepat di posisi lainnya.

Cahaya samping ini memberi kesan bentuk dimensi yang kuat sehingga banyak dipakai pada foto arsitektur atau landskap. Pencahayaan dari samping ini juga akan menguatkan tekstur dari objek foto. Teknik side light seringkali digunakan pada foto hitam-putih.

Selain kelima teknik dasar pencahayaan tersebut, masih ada beberapa teknik lainnya yang perlu diperhatikan fotografer saat memotret. Tapi lima teknik itulah yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum beranjak ke teknik pencahayaan lainnya.

0 comments