NOW READING

Lima Perpustakaan Digital Terbaik untuk yang Hobi Baca

 3372
+
 3372

Lima Perpustakaan Digital Terbaik untuk yang Hobi Baca

by The Daily Oktagon
  • Pertumbuhan perpustakaan digital semakin cepat.
  • Banyak sekali perpustakaan digital yang bisa diakses melalui laptop bahkan smartphone.
  • Ada beberapa perpustakaan digital yang layak dari rujukan.

Jika kita mendengar kata perpustakaan, sebagian besar orang langsung terbayang rak-rak buku yang tersusun dengan rapi. Namun hal tersebut tampaknya sudah sedikit bergeser dengan adanya perpustakaan digital.

Pertumbuhan perpustakaan digital semakin cepat karena kebutuhan akses informasi, hiburan, dan data-data yang valid dari jurnal, buku, dan karya tulis ilmiah. Berikut lima perpustakaan digital untuk para penggemar buku.

Pecinta manuskrip dan buku-buku lama mungkin akan menyukai platform perpustakaan digital yang satu ini. World Digital Library menyediakan berbagai buku lama, foto-foto dokumentasi suatu peristiwa, hingga rekaman suara dari kejadian bersejarah. Terdapat lebih dari 16.000 arsip yang bisa dicari dan dibaca melalui World Digital Library.

iJakarta merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai e-book yang menarik untuk dibaca. Selain itu, iJakarta juga menyediakan wahana untuk saling berinteraksi lewat aplikasi tersebut. Anda tidak hanya memperkaya diri dengan pengetahuan yang didapatkan dari buku, namun juga bersosialisasi sambil menambah koneksi dengan sesama penyuka buku.

Baca juga : Aplikasi eBook yang Pas untuk Ayah Pecinta Buku

Bartleby menyediakan berbagai jenis buku yang dapat dibaca sercara online. Tujuan dari Bartleby adalah menyediakan informasi, membantu sebuah riset, dan membuat orang-orang suka membaca, terutama pelajar. Berbagai macam kategori seperti fiksi, non-fiksi, bahkan puisi dapat ditemukan di dalam Bartleby.

Situs perpustakaan digital ini menyediakan lebih dari 54.000 buku untuk dibaca secara gratis oleh para pengaksesnya. Selain itu, sebagian buku yang ada di Project Gutenberg bisa digunakan untuk kegiatan nonkomersial. Buku juga bisa diunduh untuk dibaca agar bisa dibaca saat luang. Anda juga bisa berkontribusi dan menjadi relawan untuk menyumbangkan buku dan dana agar situs tetap berjalan dan berkembang.

Baca juga : Buku Panduan Manual Gadget, Sebenarnya Dibaca atau Tidak?

Perpustakaan digital yang berkolaborasi dengan berbagai sekolah dan universitas di Amerika Serikat ini menyediakan buku dan juga piranti lunak untuk kepentingan pendidikan. Musik, buku keilmuan, kebudayaan, dan berbagai macam informasi bisa dicari menggunakan ibiblio. Buku mengenai istilah teknis dalam dunia programming banyak tersedia untuk penggiat kegiatan yang berhubungan dengan sistem operasi komputer.

Bookmate merupakan layanan e-book dengan konsep langganan yang bertujuan memudahkan siapa saja membaca melalui ponsel. Metode pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit/debit, Paypal, Google/App Store, layanan e-money (Indosat Dompetku) atau bisa juga dari potong pulsa (carrier billing). Buku yang ada di Bookmate hadir dalam beberapa jenis bahasa, seperti Rusia, Inggris, Spanyol, Turki, Swedia, Indonesia dan beberapa bahasa lainnya. Bookmate menyediakan lebih dari 850 ribu judul buku dari 600 penerbit. Jumlah pengguna yang sudah mengakses layanan ini mencapai 6 juta pembaca.

Selain menyediakan banyak koleksi dari beragam bidang yang mudah diakses siapa saja, perpustakaan digital juga merupakan cara baru untuk menemukan informasi yang dibutuhkan saat membuat sebuah penelitian.

0 comments