NOW READING

Lima Layanan Live Streaming Populer yang Patut Dicoba

 3024
+
 3024

Lima Layanan Live Streaming Populer yang Patut Dicoba

by The Daily Oktagon

Tren penyiaran video secara langsung, alias live streaming di kalangan pengguna perangkat mobile kian populer. Bahkan beberapa waktu yang lalu beredar informasi, Presiden Joko Widodo turut eksis di Periscope untuk menyiarkan berbagai aktivitasnya.

Periscope sendiri hanya satu dari beberapa aplikasi live streaming yang tersedia. Artikel ini mengajak Anda mengenal lima layanan live streaming populer yang patut dicoba. Simak ulasan berikut.

Sebelum melanjutkan, jangan lewatkan artikel menarik berikut

Periscope

Periscope bisa dibilang sebagai aplikasi live streaming yang paling populer saat ini. Berkat integrasinya dengan Twitter,ini memungkinkan pengguna meraup efek viral dalam waktu singkat. Kalaupun orang tak bisa menonton secara langsung, Periscope menyediakan fitur Replay dimana video bisa disaksikan kembali selama 24 jam ke depan.

periscope

Meski ditujukan buat publik pengguna Twitter, Periscope masih menyimpan opsi Private sehingga video bisa disiarkan secara khusus ke beberapa pengguna saja. Secara keseluruhan, Periscope adalah layanan live streaming terbaik bagi mereka yang sudah sangat aktif di Twitter dan mempunyai banyak followers.

Meerkat

Lebih dulu melenggang sebelum Periscope, Meerkat menyimpan sejumlah fitur unik yang cukup menarik. Salah satu yang paling baru adalah fitur polling, yang memungkinkan pengguna melemparkan sejumlah pertanyaan kepada para followers. Misalnya terkait kualitas video maupun topik untuk siaran berikutnya. Dengan demikian, hubungan antara penyiar dan penonton bisa terikat dengan baik.

meerkat

Fitur unik Meerkat yang belum dimiliki aplikasi live streaming lain adalah kompatibilitas action cam GoPro. Dengan kata lain, pengguna GoPro bisa menyiarkan aksi ekstrimnya secara langsung tanpa harus memindahkan file video terlebih dahulu ke perangkat mobile. Maka dari itu, bisa dikatakan Meerkat sejauh ini satu-satunya aplikasi live streaming buat pengguna GoPro.

Fitur yang tak dimiliki Meerkat adalah Replay. Tim pengembang Meerkat tampak sangat serius menerapkan konsep live, sehingga semuanya harus disiarkan dan ditonton secara langsung. Untungnya, video yang tengah disiarkan di Meerkat juga bisa ditonton lewat browser.

Snapchat

Tidak seperti Twitter dan Periscope, fungsi live streaming Snapchat dikemas dalam satu aplikasi yang sama. Kelebihan Snapchat? Tampilan aplikasinya sangat minimalis dan tidak ribet. Pada dasarnya aplikasi ini memang dirancang untuk berbagi gambar dan video, dan ketika video tengah disiarkan secara langsung, pengguna bisa menukar tampilan kamera belakang atau depan sesuka hatinya.

snapchat

Terkait fungsi live streaming, Snapchat juga menyimpan fitur Replay sehingga video yang disiarkan dapat ditonton secara terus menerus dalam tempo 24 jam, sebelum kemudian dihapus dari server. Snapchat ideal buat pengguna yang tidak suka dengan tampilan rumit plus mendambakan fitur penyiaran video secara private, meski Periscope juga memilikinya.

Beme

Beme adalah salah satu aplikasi live streaming yang tergolong baru. Sebelumnya hanya bisa digunakan pengguna yang telah menerima undangan, Beme sekarang bisa dipakai oleh semua orang.

beme

Yang unik dari Beme adalah proses perekaman video. Beme tidak punya tombol shutter. Untuk mulai merekam, Anda bisa menempelkan layar smartphone Anda ke dada atau pipi. Lalu, perekaman segera berlangsung dan bisa di-share secara otomatis.

Konsep seperti ini diyakini akan menjaga ‘keaslian’ dari keseharian pengguna. Sebagai penonton, Anda juga bisa memberikan reaksi secara real-time dengan cara selfie kepada sang penyiar. Kalau Anda sependapat dengan ide bahwa semuanya harus terasa asli, siaran video beserta reaksinya, maka Beme-lah aplikasi live streaming buat Anda.

Facebook Live

Kesannya memang ikut-ikutan, tapi live streaming memang sedang hangat-hangatnya mendominasi media sosial. Facebook Live, demikian namanya, adalah fitur live streaming yang tersedia untuk layanan Facebook Mentions. Facebook Mentions sendiri baru bisa digunakan oleh para selebriti maupun figur publik yang mempunyai akun Facebook terverifikasi.

facebook-live

Belum banyak yang bisa dibicarakan soal kelebihan Facebook Live dibandingkan aplikasi live streaming lain karena penggunanya masih terbatas. Satu hal yang bisa dipastikan, integrasinya dengan Facebook amatlah kuat. Saat sudah tersedia untuk publik nantinya, Facebook Live adalah pilihan tepat para penggemar live streaming yang aktif di Facebook.

Itu dia beberapa layanan streaming populer yang bisa dicoba. Kini kegiatan berbagi video akan jadi lebih seru. Selamat mencoba!

Pencinta gaya hidup digital wajib baca ini!

0 comments