NOW READING

Lima Cara Menjaga Baterai Smartphone Lebih Awet

 952
+
 952

Lima Cara Menjaga Baterai Smartphone Lebih Awet

by The Daily Oktagon
  • Baterai menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna smartphone selain koneksi yang cepat.
  • Terdapat beberapa cara penting yang harus dilakukan agar baterai smartphone tetap awet.
  • Pastikan Anda melakukan beberapa tips ini untuk menjaga baterai smartphone Anda.

Bagi setiap orang yang memiliki smartphone tentu tahu betul bahwa baterai menjadi salah satu hal yang paling penting selain koneksi yang cepat. Pasalnya, tanpa kondisi baterai yang tahan lama, sebuah smartphone akan kehilangan fungsi utamanya karena tidak akan memiliki daya yang cukup untuk digunakan dalam keadaan penting, baik itu terkait pekerjaan atau mencari informasi baru.

Beberapa orang pun biasanya mengabaikan ketahanan baterai smartphone mereka hingga akhirnya terjadi kerusakan. Sekarang ini, penggantian baterai tak semudah biasanya dengan adanya tipikal smartphone non-removable battery. Pengguna tak bisa mengganti baterai yang telah rusak dengan yang baru seorang diri. Satu-satunya cara adalah dengan mendatangi tempat servis terdekat.

HandEnergy, isi daya smartphone dengan gerakan tangan

Untuk itu, alangkah baiknya pengguna bisa menjaga baterai smartphone agar lebih awet dan bertahan lama. Hal tersebut tentu akan menguntungkan sang pengguna, karena smartphone bisa digunakan secara maksimal dan tak perlu pusing melakukan pengisian baterai secara terus menerus.

 

Foto: Shutterstock

  • Matikan yang Tak Perlu dalam Proses Charging

Dilansir dari digiraltrends.com, kebanyakan orang suka lupa mematikan fitur-fitur yang tak penting ketika melakukan pengisian daya baterai. Mulai dari WiFi, GPS, dan semacamnya. Padahal, hal tersebut justru mengganggu kinerja pengisian baterai, karena fitur itu membuat smartphone bekerja lebih keras.

  • Biarkan dalam Kondisi Standby

Jangan gunakan smartphone ketika mengisi daya karena kebiasaan ini akan memperpendek usia baterai. Biasakan untuk terlepas dari ketergantungan smartphone untuk beberapa saat agar tak terjadi hal yang diinginkan. Dalam beberapa kasus, smartphone bisa saja meledak karena digunakan untuk melakukan panggilan dalam keadaan charging.

 

Foto: Shutterstock

  • Tidak Terlalu Habis, Tak Terlalu Penuh Juga

Jangan biarkan baterai smartphone Anda habis, ataupun terisi dengan penuh. Baiknya, pengisian daya baterai smartphone adalah di angka 20-80 persen. Baterai smartphone yang berbasis lithium sebenarnya didesain untuk pengisian secara berkala, sehingga baterai bisa bertahan lebih lama dan tidak menjadi rusak.

  • Mencari Tempat yang Memiliki Suhu Sejuk

Ketika melakukan pengisian baterai, smartphone akan mulai terasa panas karena pengisian itu. Demi menjaga kelangsungan hidup baterai dan juga smartphone, pengguna sebaiknya mencari tempat yang memiliki suhu sejuk agar tidak terjadi overheating. Jika menggunakan cover smartphone berbahan karet, maka sebaiknya melepas cover tersebut karena akan menutup sirkulasi panas pada smartphone.

5 cara agar pengisian baterai smartphone lebih mulus

Foto: Shutterstock

  • Gunakan Charger Original

Terkadang, beberapa orang biasanya dengan mudah meminjam charger seseorang karena ia lupa membawa miliknya. Namun, hal tersebut tak disarankan karena setiap charger sudah disesuaikan dengan tipe smartphone dan juga daya baterai yang digunakan. Meskipun bisa, namun penggunaan secara berkala tak hanya akan membuat baterai rusak, tapi juga charger Anda

0 comments