NOW READING

Lima Aplikasi Untuk Mempermudah Perencanaan Keuangan Anda

 414
+
 414

Lima Aplikasi Untuk Mempermudah Perencanaan Keuangan Anda

by The Daily Oktagon

Foto: Shutterstock.com

Mengatur pendapatan, pengeluaran, dan transaksi keuangan lain memang bukan hal yang mudah. Agar setiap transaksi jelas dan tersimpan rapi, membuat jurnal adalah kebiasaan yang baik. Karena alasan tersebut, The Daily Oktagon akan memberikan daftar aplikasi ponsel pintar sebagai alat untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan keuangan.

Wally
Aplikasi ini membantu pengguna mencatat transaksi keuangan dengan cara yang mudah dalam tampilan sederhana sehingga setiap transaksi akan terlihat jelas. Pengguna dapat mengatur jumlah pendapatan, pengeluaran, juga nominal yang ingin ditabung dengan mudah pada laman utama. Fitur-fiturnya yang mumpuni dapat menghitung pengeluaran hanya melalui struk yang difoto menggunakan InstaScan. Menampilkan grafik pengeluaran dengan detail, Wally dapat digunakan oleh pemilik ponsel pintar berbasis iOS maupun Android.

You Need a Budget (YNAB)
Dalam permasalahan keuangan, perencanaan perlu dilakukan setiap bulannya agar dapat mengetahui mana yang menjadi prioritas sebelum melakukan transaksi. Inilah yang dilakukan You Need a Budget, semua data yang tersimpan pada aplikasi mobile ini akan langsung bersinkronasi pada situs web. Pengguna tidak perlu repot menyesuaikannya, bahkan dapat menggunakan alat-alat di dalam aplikasi agar perencanaan berjalan sesuai rencana.

Home Budget
Home Budget adalah sebuah aplikasi untuk memasukkan pengeluaran dan pendapatan secara manual, baik yang dilakukan berulang kali atau yang baru saja dilakukan pada bulan tersebut. Setiap perencanaan yang dilakukan dapat dipisah dalam beberapa kategori yang spesifik, yang nantinya akan terlihat pada grafik secara keseluruhan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah pengguna dapat menghubungkan lebih dari satu anggota keluarga atau orang terdekat sehingga semua rencana yang akan dilakukan bersama dapat terkoordinasi dengan baik.

Good Budget
Dengan menjadi buku tabungan, pengatur keuangan, jurnal keuangan, perencana keuangan, Good Budget merupakan pilihan yang tepat. Bermanfaat untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terintegrasi pada ponsel pintar maupun situs web, pengguna pun dapat menggunakannya bersama keluarga. Khusus untuk pengguna baru, aplikasi ini membatasi hanya 10 tabungan. Untuk mendapatkan buku tabungan lainnya, pengguna harus subscribe dengan membayar per bulan. Ini memungkinkan pengguna mengakses rincian transaksi lalu.

Mint
Untuk pengguna kartu kredit, Mint adalah aplikasi yang membantu merencanakan dan mengatur keuangan dari kebiasaan berbelanja. Pengguna dapat menyesuaikan batas maksimum pengeluaran dan menyusunnya ke beberapa kategori. Transaksi pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan pada kartu kredit dan akun bank secara otomatis akan tercatat pada aplikasi, namun transaksi tunai harus dicatat secara manual.

Foto: Shutterstock.com

Membuat perencanaan keuangan dan mengaturnya memang bukan perkara mudah. Namun melakukannya sendiri dengan bantuan aplikasi yang dapat digunakan baik pada situs web atau ponsel pintar bukan hal yang mustahil. Hidup terasa lebih tenang dengan mengontrol keuangan sehingga pengeluaran tidak berlebihan. Selamat mencoba!

0 comments