NOW READING

Lima Aplikasi Finansial Pemantau Pengeluaran Pasca Liburan

 812
+
 812

Lima Aplikasi Finansial Pemantau Pengeluaran Pasca Liburan

by The Daily Oktagon
  • Mengendalikan pengeluaran bisa dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi finansial.
  • Mengatur pelacakan transaksi, termasuk transaksi kartu kredit bisa lebih optimal.
  • Anggaran untuk liburan berikutnya menjadi lebih terencana.

Liburan panjang identik dengan pengeluaran yang membengkak. Berbagai pos pengeluaran yang cukup menyedot pundi-pundi biasanya adalah tiket pesawat, akomodasi penginapan, dan tentunya jajan selama liburan. Kini liburan telah berakhir dan sisalah tagihan kartu kredit. Jika nasi sudah menjadi bubur, yang harus dilakukan sekarang adalah menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukan. Back on track!

Mengendalikan pengeluaran bisa dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi finansial yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple Store. Beberapa aplikasi berikut bisa menjadi penghuni baru smartphone dan membantu mengatur finansial dengan mudah dan praktis.

 

Foto: Shutterstock.com

UangKu

Berandai-andai ingin punya asisten pribadi yang melaporkan kondisi keuangan setiap hari? Aplikasi sederhana dan ringan ini akan membuatkan laporan keuangan secara mendetil. UangKu memiliki fitur statistik dalam bentuk diagram lingkaran dengan data pendapatan dan pengeluaran mendetil, sehingga mudah dibaca. Tampilan antarmukanya pun cukup atraktif. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur PIN/password protection/fingerprint, sehingga aplikasi ini tak bisa diubah selain oleh penggunanya.

GnuCash

Aplikasi ini sudah lebih rinci, cocok untuk para pengusaha atau mereka yang memiliki bisnis dan bermain saham. Laporan transaksi, pengeluaran, dan pemasukan sehari-hari bisa langsung dibaca dengan fitur yang menampilkan laporan dalam bentuk grafik, batang, dan pie chart. Serunya, aplikasi ini memiliki bagan yang terdiri dari akun utama dan akun-akun lainnya yang berada di bawah akun utama. Misalnya, akun Kas, akun Bank, dan akun Saham berada di bawah akun utama yang diberi nama Aset.

Fitur Double Entry akan memaksa penggunanya memastikan selisih pendapatan dan pengeluaran persis sama jumlahnya dengan aset yang dimiliki. Sisi plusnya lagi, transaksi yang dilakukan juga bisa diekspor dalam format lain, yakni XML, QIF, dan OFX, dan disinkronisasikan dengan Google Drive dan Dropbox.

 

Foto: Shutterstock.com

Expense Manager

Ingin aplikasi dengan fitur yang lebih kaya? Ada Expense Manager. Tilik saja kemampuannya dalam mengatur pelacakan transaksi, termasuk transaksi kartu kredit. Fitur yang terkesan sederhana tapi selalu berguna seperti kalkulator, konverter mata uang, dan daftar belanja pun ada. Urusan tagihan juga bisa lebih rapi karena ada fitur untuk mengatur dan mengingatkan jadwal pembayaran berkala.

Pengguna juga tak perlu bingung mencari laporan yang sudah ada karena fitur search memungkinkan pencarian berdasarkan kategori, subkategori, penerima pembayaran / pembayar, metode pembayaran, status, deskripsi, tag, dan lainnya. Format laporan juga lebih bersahabat karena mendukung HTML, CSV, Excel, dan PDF. Pendukung lain seperti ketersediaan laporan email yang bisa di-print, serta autobackup di Dropbox dan Google Drive, akan semakin memudahkan hidup.

Monefy – Money Manager

Berbeda dengan aplikasi lain yang berbentuk kaku, Monefy justru menampilkan menu yang unik karena berbentuk mind mapping. Tampilan aplikasi ini memang secara keseluruhan bernuansa dinamis dengan berbagai efek menarik. Coba ulik menu ala mind mapping yang meletakkan saldo akhir di bagian tengah dan dikelilingi oleh berbagai transaksi yang dilakukan sehari-hari. Selebihnya, seperti halnya aplikasi lainnya, Monefy juga memungkinkan pengguna untuk memiliki akun ganda, mengatur kategori, backup dan ekspor data dalam sekali klik, serta proteksi dengan password. Monefy juga sudah memiliki widget sehingga dapat digunakan saat layar smartphone dalam keadaan terkunci.

 

Foto: Shutterstock.com

Unsplurge

Belum bisa move on dari liburan yang lalu? Sebenarnya ada cara mudah untuk menyiasatinya. Rencanakan liburan berikutnya! Nah, untuk itu aplikasi Unsplurge bisa menjadi pilihan. Jika aplikasi lainnya digunakan untuk mengendalikan pengeluaran harian, Unsplurge justru membantu mengatur budget untuk mencapai suatu tujuan. Bisa budget untuk membeli barang yang mahal, membayar utang, atau pergi liburan.

Serunya, karena perkembangannya tercatat dalam log, pengguna lainnya juga bisa melihat kemajuan tersebut. Pengguna juga bisa saling berbagi tips dan trik untuk mencapai kesuksesan serta saling memberi semangat.

0 comments