NOW READING

Lima Antivirus Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

 1367
+
 1367

Lima Antivirus Buatan Anak Bangsa yang Mendunia

by The Daily Oktagon
  • Antivirus buatan anak bangsa ini tidak kalah dengan buatan luar negeri.
  • Kemampuan untuk mendeteksi virus dan malware sangatlah kuat.
  • Dapat digunakan untuk memproteksi smartphone dan laptop.

Virus pada laptop ataupun smartphone akan sangat menggangu jika sudah menginfeksi file-file yang ada di dalamnya. Data-data pekerjaan, dokumentasi, dan arsip yang penting akan terancam hilang jika tidak ditindaklanjuti dengan cepat. Untuk menghilangkan virus membandel tersebut harus menggunakan antivirus yang bisa diunduh dari internet.

Berbicara mengenai antivirus, sudah banyak piranti lunak buatan Indonesia yang bisa melindungi gadget khususnya laptop dari virus. Antivirus buatan anak negeri ini ternyata sudah digunakan hampir di seluruh dunia. Kualitas dari antivirus tersebut masih bisa bersaing dengan keluaran luar negeri. Terdapat lima antivirus buatan Indonesia yang dapat dipasang pada laptop sehingga terhindar dari malware dan virus dari berbagai macam sumber.

 

Foto: Shutterstock.com

Antivirus yang dikenal dengan segitiga hijaunya ini sudah digunakan secara umum baik lokal maupun internasional. SmadAV terus melakukan pembaruan mengenai virus-virus yang tersebar di dunia. Cara yang digunakan untuk memperbarui data virus adalah dengan menerima sampel virus yang bisa diunggah melalui aplikasi smadAV.

Pembaruan data mengenai virus bisa dilakukan oleh semua orang yang sudah memasang antivirus tersebut di laptop mereka. Jadi, data mengenai virus bisa diperbarui setiap saat. Penyelesaian mengenai virus-virus baru yang ditemukan akan diimplemetasikan pada versi terbaru SmadAV yang bisa diunduh secara gratis di halaman situs mereka.

Gunakan Trello untuk menunjang aktivitas Anda, Simak ulasannya di sini.

Satu lagi antivirus buatan dalam negeri yang bisa melindungi laptop dari virus, ANSAV. Keunggulan dari ANSAV adalah kecepatannya untuk mendeteksi virus yang terdapat di laptop. Nilai lebih ANSAV lainnya adalah pengaturannya yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan ukurannya yang kecil dan ringkas.

PCMAV atau PC Media Antivirus adalah salah satu alternatif piranti lunak yang bisa diinstal ke dalam laptop Anda. Piranti lunak pelindung virus ini bisa didapatkan gratis dengan mengunduh pada laman situs mereka. PCMAV dapat mendeteksi virus berdasarkan database yang mereka miliki. Data yang terinfeksi virus ditangani sesuai dengan jenis virus. Jadi tidak perlu khawatir data-data pekerjaan hilang, karena penanganan virus yang ada tidak dipukul rata untuk pembersihannya.

 

Foto: Shutterstock.com

Antivirus karya Alvin Leonardo asal Surabaya ini mendapatkan verifikasi 100% clean dari softpedia.com. Aplikasi antivirus yang dibuat semasa Alvin masih duduk di bangku sekolah menengah pertama ini tidak hanya dapat menghapus virus. Malware yang dapat mengancam keamanan data di laptop juga dapat dibersihkan menggunakan Blue Atom.

Lihat tip memantau anak saat menggunakan internet di sini!

Yusuf Theretsa Putra dari Yogyakarta berhasil membuat antivirus yang juga mendapatkan verifikasi yang sama dari softpedia. Antivirus yang dibuat dengan Microsoft Visual Studio ini dapat mendeteksi virus-virus yang ada pada setiap drive laptop. Nama malware yang menginfeksi juga akan ditampilkan dalam antivirus ini.

Antivirus buatan lokal ternyata membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan piranti lunak pelindung virus yang sudah terkenal lainnya. Fungsi dan kemampuan dari antivirus buatan lokal ini juga mampu melindungi laptop dari serangan virus-virus ganas dari dalam dan luar negeri. Semoga antivirus yang berkualitas dari Indonesia semakin banyak dan terus berkembang.

0 comments