NOW READING

Lima Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkan Filter Kamera

 1249
+
 1249

Lima Alasan Mengapa Seorang Fotografer Membutuhkan Filter Kamera

by The Daily Oktagon
  • Filter kamera merupakan salah satu aksesoris yang cukup penting untuk dimiliki oleh seorang fotografer.
  • Beberapa keunggulan serta kegunaannya dapat membantu fotografer mendapatkan momen yang pas dalam pengambilan gambar.
  • Manfrotto menawarkan beberapa filter kamera dengan tambahan adapter magnetic-nya.

Penggunaan filter kamera pada lensa terkadang menjadi perdebatan beberapa orang. Bagi sebagian orang, filter kamera membuat foto yang dihasilkan menjadi tidak ‘polos’, karena seharusnya kaca lensa saja sudah cukup dalam memotret. Namun, tak sedikit pula para fotografer yang merasa bahwa penggunaan filter sangat membantu proses fotografi mereka.

Filter kamera pada umumnya bermacam-macam, mulai dari UV Filters, Circular Polarising Filters, Natural Density Filters, dan Protect Filters. Keempat filter tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya, UV Filters mampu mengurangi cahaya ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari, dan mereduksi hasil foto yang blur.

Images: Manfrotto

Circular Polarising Filter yang mampu meningkatkan warna alami dari objek yang ditangkap oleh lensa kamera. Selain itu, Polarising Filters juga mampu mereduksi adanya pantulan bayangan ketika hendak melakukan pemotretan. Selanjutnya adalah Natural Density Filters yang mampu menghasilkan efek berbeda ketika mengambil foto sebuah objek dengan variasi shutter speed. Sementara itu, Protect Filters mampu melindungi lensa kamera dari kerusakan, cipratan air, debu, dan semacamnya.

Tiga aksesori Manfrotto ini membantu fotografer menjadi profesional.

Selain itu, terdapat beberapa alasan lain mengapa calon fotografer profesional membutuhkan filter kamera, seperti dilansir dari Techradar.com.

 

Images: Manfrotto

Melindungi Lensa dan Body Kamera

Penggunaan filter kamera ini ditujukan sebagai pelindung, tak hanya body kamera, namun juga lensa. Masih ingat tentang gerhana matahari total yang jatuh pada tanggal 21 Agustus 2017? Pada kejadian langka tersebut, seseorang fotografer mencoba mengarahkan kamera ke arah matahari tanpa perlindungan apapun. Hasilnya, bagian dalam dari body kamera pun terbakar karena cahaya yang sangat keras.

Images: Manfrotto

Membuat Warna Menjadi Lebih Cerah

Circular Polarising Filters mampu meningkatkan warna alami dari objek fotografi. Dengan menggunakan filter tersebut, seorang fotografer bisa membuat sebuah foto yang lebih hidup. Hasil warna yang lebih baik mejadikan nilai estetikanya meningkat. Mengutip ucapan Horace, penyair Romawi kuno, “A picture is a poem without words.”

Images: Manfrotto

Melindungi dari Debu dan Cipratan Air

Bagi kalian yang sering berpetualang dan memotret keindahan alam lebih dekat, penggunaan filter bisa membantu Anda melindungi lensa kamera dari partikel-partikel yang menyebalkan, seperti debu dan cipratan air. Para fotografer tentu tak ingin keindahan gambar yang sudah dipotret jadi rusak karena adanya cipratan air dan debu di depan lensa, bukan?

 

Images: Manfrotto

Meredupkan Cahaya Berlebih

Cahaya merupakan salah satu elemen penting dalam fotografi. Masuknya cahaya yang berlebih dalam lensa kamera membuat gambar menjadi over-exposed, sehingga detail gambar pun menghilang. Penggunaan filter kamera dapat mereduksi masuknya cahaya berlebih, dan dapat menghasilkan efek lain yang lebih bagus dengan menggunakan Natural Density Filters.

Bisa Bereksplorasi Lebih Tanpa Memerlukan Editing

Waktu adalah esensi yang sangat penting dalam pemotretan. Anda harus bisa menemukan momen yang tepat untuk menghasilkan sebuah karya foto yang luar biasa. Dengan penggunaan filter, Anda bisa langsung mendapatkan beberapa keuntungan seperti variasi efek dan juga warna yang alami dari sebuah objek. Para fotografer pun tak perlu repot-repot lagi melakukan editing usai pemotretan, karena hasil foto yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan.

Images: Manfrotto

Para calon fotografer profesional yang tengah mencari sebuah filter kamera bisa mengintip produk terbaru dari Manfrotto. Perusahaan asal Italia tersebut mengeluarkan produk bernama XUME Manfrotto Lens Filters yang mencakup empat filter yang disebutkan di atas (UV Filters, Circular Polarising Filters, Natural Density Filters, dan Protect Filters).

Terdapat keunggulan lainnya dari produk Manfrotto ini, yaitu Manfrotto XUME Adapters yang membuat para fotografer bisa dengan mudah mengganti satu filter ke filter lainnya. Pasalnya, adapter tersebut dilengkapi dengan fitur magnetic, yang membuat filter bisa dipasang hanya dengan menempelkannya saja.

 

Lima aksesori unik ini mendukung hobi fotografi Anda.

0 comments