NOW READING

LIFX Color 1000, Lampu Pintar untuk Penyuka Pesta

 1592
+
 1592

LIFX Color 1000, Lampu Pintar untuk Penyuka Pesta

by The Daily Oktagon

Era smarthome sudah dimulai sejak sekitar dua tahun lalu, dan kini makin banyak produk penunjang yang bisa didapatkan untuk merasakan pengalaman smarthome. Jika sudah memiliki smart TV, smart router, atau bahkan kulkas pintar, perangkat berikutnya yang bisa Anda beli adalah lampu pintar atau smart bulb. Salah satu rekomendasi terbaik yang tersedia saat ini adalah LIFX Color 1000. Simak ulasan The Daily Oktagon berikut ini.

Baca juga tentang revolusi Xiaomi, dari smartphone merambah ke smarthome

Smart Bulb Berbasis Aplikasi

Mengusung predikat lampu pintar, LIFX Color 1000 bisa dikendalikan sepenuhnya melalui smartphone. Syaratnya, Anda wajib mengunduh aplikasi LIFX yang disediakan, baik di iOS untuk pengguna iPhone, maupun Google Play untuk pengguna Android.

lifx color 1000

Untuk berkomunikasi dengan aplikasi yang ter-install di smartphone, LIFX Color 1000 mengandalkan koneksi WiFi. Artinya Anda harus menyediakan jaringan yang bisa digunakan bersama antara smartphone dan lampu pintar ini. Oh ya, Anda juga wajib melakukan registrasi terlebih dahulu ketika pertama kali menggunakan LIFX Color 1000.

Berganti Warna Sesuka Hati

Penamaan LIFX Color 1000 sendiri dimaksudkan untuk menggambarkan kemampuan dari lampu pintar ini. Kata “color” menandakan kemampuannya mengeluarkan cahaya dengan beragam jenis warna. Sementara angka “1000” merepresentasikan tingkat Lumens yang dimilikinya yang tidak kurang dari 1.000 Lumens. Artinya, LIFX Color 1000 bisa hasilkan cahaya yang sangat terang.

Simak juga ulasan terkait realisasi smarthome yang makin nyata di era Internet of Things (IoT)

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan konsumsi daya yang dibutuhkannya. Hampir semua perangkat pintar dirancang ramah lingkungan dan hemat daya. Begitu pun dengan LIFX Color 1000 yang beroperasi dengan konsumsi daya maksimal 11 Watt saja, lebih rendah dari rata-rata lampu pintar yang memiliki konsumsi daya antara 17 hingga 20 Watt.

lifx color 1000

Untuk mengganti warna cahaya LIFX Color 1000, Anda bisa memilihnya melalui aplikasi yang disediakan. Adapun jenis warna yang bisa dipilih begitu banyak, sama seperti ketika memilih warna pada aplikasi Adobe Photoshop. Selain warna, Anda pun bisa mengganti temperatur cahaya mulai dari 2.500 Kelvin hingga 9.000 Kelvin.

Jika tidak ingin repot memilih secara manual, LIFX menyediakan beberapa template theme. Masing-masing theme memiliki karakter dan efek warna yang berbeda-beda.

Lampu Pintar untuk Dugem

Ada fitur unik yang disediakan LIFX, khususnya untuk Anda yang gemar dugem atau pesta. Fitur yang dimaksud adalah kemampuannya untuk “berkedip”. Layaknya lampu diskotek, LIFX Color 1000 dapat menyala dengan efek strobe berkelap-kelip cepat. Ada pula fitur music visualizer yang membuat lampu dapat berkedip sesuai dengan irama musik yang sedang Anda putar.

Asyiknya, ritme kedipan yang bisa dilakukan LIFX bukan cuma ketika Anda mendengarkan musik dari smartphone. Fitur music visualizer juga berfungsi ketika Anda memutar musik dari perangkat selain smartphone, asalkan suara musik tersebut bisa diterima oleh mikrofon pada smartphone.

lifx color 1000

Karena saat ini belum terlalu banyak produk sejenis, tak heran bila satu unit LIFX Color 1000 dijual seharga US$60 (atau sekitar Rp195 ribu), atau bisa dibilang tergolong mahal. Namun. jika Anda membeli paket berisi empat buah lampu, harga yang ditawarkan jauh lebih murah, yakni US$190 (atau sekitar Rp2,5 juga).

Mungkin Anda juga tertarik mengetahui cara membuat rumah pintar? Cek artikel Hoome Studio di sini

0 comments