NOW READING

LG Rolling Bot, Robot Mungil Cerdas yang Bersahabat

 1783
+
 1783

LG Rolling Bot, Robot Mungil Cerdas yang Bersahabat

by The Daily Oktagon

Belum lama ini, LG Indonesia mengumumkan kehadiran smartphone LG G5 edisi khusus, yaitu LG G5 SE (Special Edition). Apa bedanya dengan LG G5 yang diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016 lalu?

Pihak LG Indonesia menjelaskan, baik LG G5 dan G5 SE tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Keduanya tetap memiliki layar 5,3 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1440). LG G5 SE bahkan memiliki desain yg sama persis dengan LG G5, yang mana memiliki bodi metal sepenuhnya dan baterai modular yg dapat dilepas.

Perbedaannya justru terletak pada “jeroan” yang ada di dalam perangkat G5 SE. Diungkap, jika LG G5 memiliki spesifikasi yang disokong prosesor Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 4GB, G5 SE justru memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil (3GB) dan prosesor Snapdragon 652.

Baca juga serunya persaingan LG G5, HTC One M10, dan Galaxy S7 Edge

Kali ini, The Daily Oktagon tidak akan membahas perbedaan antara G5 dan G5 SE, karena saat kami menghadiri sesi media sneak preview LG G5 SE yang diadakan di Gandaria 8, Jakarta, beberapa waktu lalu, ada sejumlah hal menarik selain kehadiran G5 SE.

Terdapat sejumlah ‘teman-teman’ G5 SE yang rupanya bisa digunakan bersama dengan perangkat tersebut. Satu yang menarik perhatian adalah LG Rolling Bot.

LG Rolling Bot
LG Rolling Bot sekilas memiliki fisik seperti robot yang hadir di film Star Wars: Episode VIII, yaitu BB-8. Hanya saja, robot besutan vendor asal Negeri Ginseng ini tidak memiliki kepala. Lantas, apa yang menarik dari robot tersebut?

Dirancang untuk Smart Home

Product Marketing Manager Mobile Communications Division LG Electronics Indonesia Dias Aryo Wibowo, mengatakan bahwa LG merancang Rolling Bot secara khusus untuk Smart Home. Dalam arti, robot ini efisien digunakan bersama perangkat G5 atau G5 SE ketika mengontrol rumah.

Di dalam robot tersebut, tertanam mikrofon dan kamera 8 Megapiksel (MP) yang mampu merekam video dan foto.

Video yang direkam bahkan juga bisa disiarkan secara live streaming lewat jaringan internet (via Wi-Fi) ke aplikasi di smartphone Android atau bahkan iOS yang sekaligus berfungsi sebagai pusat kendali Rolling Bot.

“Pengguna tentu bisa memanfaatkan Rolling Bot untuk memonitor kondisi rumah dari kejauhan. Inilah yang kami sebut sebagai perangkat pembantu Smart Home,” kata Dias.

LG Rolling Bot

Tak sampai di situ, demi memaksimalkan efektivitas, Rolling Bot juga dapat mengendalikan berbagai perangkat rumah tangga seperti TV dan AC dengan remote IR yang terintegrasi.

Khusus bagi Anda pemilik hewan peliharaan yang sering mengajak bermain di dalam rumah, Rolling Bot bisa menjadi teman yang baik untuk mereka.

Dengan menjalankan modus ‘pet mode’, robot ini akan memancarkan sinar laser pointer sehingga pemilik bisa mengajak hewan peliharaan bermain meski penggunanya sedang tak ada di rumah. Selain itu, robot ini juga memiliki modus ‘walkie-talkie’ yang diklaim ideal untuk memantau anak di dalam rumah.

Cek artikel tentang LG Watch Urbane 2nd Edition, arloji pintar yang independen

Tak Perlu Takut Kehabisan Baterai

Salah satu halangan ketika menggunakan perangkat tambahan, apalagi dihubungkan ke smartphoneadalah isu daya tahan baterai.

Hal ini tidak berlaku bagi LG Rolling Bot. LG mengemas robot tersebut dengan spesifikasi mumpuni yang membuatnya kuat untuk diajak bermain seharian.

Rolling Bot yang memiliki RAM 512 MB dan baterai 5.000 mAh. Robot tersebut bahkan bisa menyimpan gambar hasil tangkapannya di dalam kartu memori micro-SD. Saat kehabisan baterai, Rolling Bot secara otomatis akan berjalan ke charging station yang penggunanya letakkan.

Apakah Peran Perangkat Pintar ke Depannya Akan Fokus ke Smart Home?

LG mengklaim, ragam kemampuan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan LG Rolling Bot memang dikhususkan untuk keperluan Smart Home. Akan tetapi, apakah penggunaan perangkat pintar yang terkoneksi ke smartphone seperti Rolling Bot dengan G5 atau G5 SE ke depannya akan terus berfokus ke Smart Home?

Dias mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi. Apalagi, kini banyak sekali perangkat pintar yang dirancang khusus untuk Smart Home.

“Kita lihat seiring berkembangnya teknologi mengikuti zaman, sudah banyak hadir perangkat rumahan pintar seperti kulkas, Smart TV, hingga cermin pintar sekalipun,” ia mengatakan.

Bukan tidak mungkin, menurutnya di masa mendatang akan lebih banyak perangkat pintar seperti LG Rolling Bot yang nantinya bisa digunakan bersamaan dengan smartphone untuk mengatur rumah dan menjaga keamanan, serta bisa juga dijadikan sebagai alat entertainment.

LG Indonesia

Head of Mobile Communication Division LG Indonesia, Hee Gyun Jang dan Dias Aryo Wibowo

Dias menuturkan, LG tak hanya membuktikan hal tersebut dengan menghadirkan LG Rolling Bot. “Kami juga memperkenalkan perangkat pintar lain yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari bersamaan dengan G5 SE. Ada LG Cam Plus, LG 360 Cam dan LG Tone Premium,” tambahnya.

Semua perangkat yang disebutkan Dias dijual terpisah dari G5 SE. LG Cam Plus merupakan perangkat kamera modular yang bisa digunakan untuk memaksimalkan hasil kamera G5 SE layaknya seperti kamera DSLR.

Sementara, LG 360 Cam merupakan kamera 360 derajat yang bisa digunakan bersama G5 SE dengan fitur dual wide angle 13MP, 5,1 channel sound dan QHD video recording. Foto dan video yang diambil secara otomatis masuk ke galeri LG G5 SE.

Apakah tren teknologi modular merupakan potret generasi smartphone masa depan?

Sedangkan LG Tone Premium adalah perangkat Hi-Fi modular yang bisa digunakan bersama G5 SE untuk menghasilkan kualitas suara premium.

LG Rolling Bot sendiri akan tiba dalam waktu dekat di Indonesia. Untuk harga, LG tidak mengungkap secara detail harga yang dilego untuk robot tersebut. Namun diprediksi, LG Rolling Bot akan dijual pada kisaran harga Rp 4 jutaan.

0 comments