NOW READING

Lensa Wide Angle Andalan untuk Foto Festival

 216
+
 216

Lensa Wide Angle Andalan untuk Foto Festival

by The Daily Oktagon
  • Dengan lansekap yang luas, untuk membuat sebuah foto festival yang bagus diperlukan lensa wide-angle yang mumpuni.
  • Selain jarak fokus yang lebar, lensa wide-angle yang bagus untuk festival juga harus memiliki detail gambar yang baik dan memiliki kemampuan fokus yang cepat.
  • Saat ini telah banyak tersedia pilihan lensa wide angle terbaik dari berbagai macam produsen ternama yang bisa diandalkan untuk menangkap sebuah momen festival.

Untuk mengabadikan sebuah momen festival yang bagus tentunya Anda memerlukan paduan lensa yang tepat sebagai “bekal”. Kedinamisan gerak dan variasi warna menjadi highlight yang harus diperhatikan jika Anda ingin menangkap lansekap festival sehingga gambar yang dihasilkan dapat menjadi lebih menarik.

Selain itu, meskipun mengambil konsep lansekap tentunya Anda juga tak ingin kehilangan detail gambar yang akan membuat gambar memiliki cerita yang bisa ditampilkan.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan lensa dengan sudut pengambilan gambar yang lebar, tapi tetap dapat menampilkan detail yang baik. Berikut ini The Daily Oktagon merangkum lima pilihan lensa wide angle terbaik di pasaran yang bisa digunakan sebagai “senjata” Anda dalam mendokumentasikan momen festival.

Sigma Lens Kit 18-35mm F1.8 DC HSM

Lensa yang dibanderol Rp12,9 jutaan ini memiliki rentang fokus yang aman untuk dibawa mengabadikan momen festival. Salah satu keunggulannya adalah lensa untuk kamera sensor APS-C ini memiliki bukaan rana yang maksimal hingga F1.8. Bodinya yang terbuat dari material plastik solid berkualitas tinggi membuat Sigma Lens Kit 18-35mm F1.8 DC HSM memiliki bobot yang masih “aman” untuk dibawa mengeksplorasi festival apa pun yang Anda kunjungi.

Canon EF 24mm F1.4 II USM

Tak salah memang jika lensa ini memiliki harga yang cukup premium karena lensa ini merupakan salah satu lensa terbaik yang pernah dibuat oleh Canon. Bahkan, Canon pun berani menghargainya sebesar Rp22,6 jutaan.

Fitur motor penggerak fokus yang bergerak dengan cepat dan lembut membuat Canon EF 24mm F1.4 II USM cocok untuk dipakai untuk menangkap momen festival yang dinamis. Selain itu, fokusnya pun mudah didapatkan meskipun dalam kondisi pencahayaan yang sangat minim.

Simak ulasan mirrorless Canon EOS M6 di sini yuk.

Tamron 15-30mm F2.8 DI VC USD

Lewat lensa ini Tamron mengembangkan sebuah alternatif lensa “cepat” dengan bukaan yang lebar dan juga dilengkapi dengan fitur image stabilization yang disebut dengan VC (vibration compensation).

Kualitas rancang bangunnya memang cukup besar, tapi sangat cocok untuk diduetkan dengan kamera Canon full-frame sehingga menghasilkan balancing yang sempurna untuk mengambil gambar.

Ketajaman gambar yang dihasilkan Tamron 15-30mm F2.8 DI VC USD pun terbilang merata, mulai dari titik fokus sampai area pinggiran gambar. Lensa ini bisa dibawa pulang dengan mahar Rp13,9 jutaan.

Nikon Lens AF-S 14-24mm F2.8 G

Dengan angka focal range-nya tak salah jika lensa ini disebut sebagai extreme-wide zoom lens yang memiliki maksimal bukaan rana (aperture) mencapai F2.8. Mekanisme kerja Nikon Lens AF-S 14-24mm F2.8 G pun terbilang sangat ringan dan lembut, meskipun di dalamnya terdapat jumlah lensa yang terbilang banyak.

Hasil gambar yang diciptakan oleh lensa ini bebas dari flare atau pun ghosting sehingga detail gambarnya terbilang sempurna. Tentunya Anda tak ingin kehilangan detail saat mengabadikan sebuah lansekap festival bukan? Silakan siapkan uang sebesar Rp23,4 jutaan untuk memiliki lensa andal ini.

Ambil video festival dengan drone? Baca reviewnya di artikel ini. 

Tokina Lens AF 11-16mm F2.8 Pro DX Nikon

Sekilas memang tak ada yang terlalu istimewa dari jarak fokus yang ditawarkan oleh lensa buatan Tokina ini. Namun, tunggu sampai Anda melihat bukaan rana sebesar F2.8 yang tetap konstan di sepanjang jarak fokusnya. Lensa ini juga menjadi lensa super-wide-angle tercepat yang ada di pasaran saat ini. Harganya pun terbilang cukup ekonomis, yaitu Rp6,2 jutaan.

Lima lensa di atas memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing, baik dari segi fungsi ataupun harganya, yang bisa diandalkan untuk menangkap momen festival yang meriah. Sekarang tinggal seperti apa foto festival yang ingin Anda ciptakan karena gear-nya sudah tersedia di pasaran saat ini.

0 comments