NOW READING

Lenovo Yoga Book, Tablet Hybrid Futuristik dan Canggih

 1592
+
 1592

Lenovo Yoga Book, Tablet Hybrid Futuristik dan Canggih

by The Daily Oktagon
  • Lenovo Yoga Book merupakan fusion dari notebook dan komputer tablet.
  • Dimensinya ringkas, bahkan tampak luar hanya seperti setipis buku catatan biasa
  • Menggunakan Holo Keyboard alias on-screen keyboard yang baru akan aktif saat perangkat menyala.

Nama Lenovo sudah sangat familiar dan disegani dalam ranah notebook maupun tablet. Bicara soal kedua jenis alat ini, Lenovo pun punya satu produk andalan yang merupakan fusion atau gabungan dari keduanya. Produk satu ini bernama Yoga Book.

Sebagai informasi awal, Lenovo Yoga Book tersedia dalam dua pilihan sistem operasi. OS Windows 10 bagi yang mau menggunakannya untuk bekerja dan OS Android bagi yang lebih mengutamakan fungsi multimedia saja. Berikut ulasan dari The Daily Oktagon.

Super Portabel

Kami yakin siapa pun yang melihat Yoga Book dari jauh pasti akan mengiranya sebagai buku tulis. Bagaimana tidak, tablet hybrid satu ini punya dimensi super portabel yang tidak beda dengan buku tulis anak sekolah.

Ukuran panjang dan lebarnya mirip, pun begitu dengan ketebalannya (97 mm). Bobotnya juga hanya 700 gram karena terbuat dari magnesium alloy, sama sekali tidak terasa berat. Karenanya Yoga Book sangat asyik untuk dibawa menemani aktivitas harian dengan cara ditenteng satu tangan.

Tablet Multifungsi

Selain bentuknya ringkas, Lenovo Yoga Book juga terlihat sangat trendi. Selain bentuknya yang tipis, Yoga Book juga bisa difungsikan sebagai notebook maupun tablet. Kalau mau menggunakannya sebagai tablet, kita cukup melipat bagian keyboard-nya 180 derajat.

Karena bentuknya yang tipis, kami tidak merasa repot saat menggunakan mode tablet. Bahkan Yoga Book masih cukup nyaman untuk dipakai browsing sembari tiduran dalam waktu cukup lama di atas 20 menit. Nah yang bikin kelihatan keren tak lain adalah bagian engselnya yang serupa seperti engsel jam tangan mewah.

Ulasan tentang tablet lain bisa Anda baca di sini

Holo Keyboard Mentereng

Kalau melihat luarnya saja sudah kagum, Anda bakal lebih kagum lagi saat melihat bagian dalamnya. Pertama kali melihat, mungkin Anda bakal heran karena bagian papan keyboard-nya polos, tidak ada tuts keyboard-nya.

Ya, ini karena Yoga Book menggunakan Holo Keyboard alias on-screen keyboard yang baru akan aktif saat perangkat menyala. Keyboard virtual ini memiliki backlit berwarna putih mentereng yang terkesan futuristik ala film Tron.

Tapi di balik tampilannya yang keren, kami merasa responsivitasnya jauh di bawah keyboard fisik. Ya, wajar saja memang. Jadi, jangan coba-coba mengandalkannya untuk mengetik skripsi kalau tidak ingin merasa frustasi. Agar feel mengetik lebih terasa, keyboard ini juga dibekali haptic feedback yang bisa bergetar.

Asyik Buat Desain

Lenovo Yoga Book boleh jadi tidak nyaman untuk mengetik. Tapi perangkat ini sangat kami rekomendasi untuk keperluan desain, terutama menggambar. Pasalnya papan keyboard-nya bisa dinonaktifkan dan diubah menjadi papan untuk menggambar.

Untuk itu, Lenovo menyertakan stylus berbentuk pulpen yang bisa langsung digunakan untuk menggambar. Tingkat akurasi dan responsivitasnya layak untuk diacungi jempol. Tak kalah dari S-Pen milik Samsung Galaxy Note series.

Apa saja gadget para desainer grafis Indonesia? Simak artikel ini

Secara keseluruhan, Lenovo Yoga Book memiliki performa mumpuni dengan penggunaan CPU Intel Atom x5-Z8550, RAM 4 GB, storage 64 GB, serta baterai ekstra besar 8.500 mAh yang bisa bertahan untuk pemakaian sepuluh jam nonstop.

Dengan performa yang cukup meyakinkan dan ditunjang karakternya yang futuristik, notebook yang sudah diluncurkan sejak Februari lalu di Indonesia dengan harga Rp. 6,9 jutaan (versi Android) dan Rp. 7,9 jutaan (Windows) ini, layak masuk di wish list produk idaman.

0 comments