NOW READING

Lenovo Phab 2 Pro, Smartphone Project Tango Pertama di Dunia

 1634
+
 1634

Lenovo Phab 2 Pro, Smartphone Project Tango Pertama di Dunia

by The Daily Oktagon
  • Baru-baru ini, Lenovo memperkenalkan seri Phab 2 terbaru. Salah satunya Lenovo Phab 2 Pro.
  • Lenovo Phab 2 Pro saat ini, adalah satu-satunya perangkat yang siap mendukung teknologi Project Tango dari Google.
  • Lenovo Phab 2 Pro memiliki empat kamera sekaligus; kamera utamanya beresolusi 16 MP, kamera depannya beresolusi 8 MP, serta ada dua kamera lainnya di belakang, yaitu motion sensing camera dan depth camera.

Juni kemarin, Lenovo melakukan gebrakan setelah memperkenalkan jajaran smartphone Phab seri terbaru.

Ada tiga smartphone (bisa juga disebut phablet) yang diumumkan pada ajang Lenovo Tech Day di San Francisco kala itu, yakni Lenovo Phab 2, Lenovo Phab 2 Plus, dan Lenovo Phab 2 Pro. Nama terakhir adalah varian tertinggi sekaligus yang tercanggih.

Baca juga tentang Lenovo VIBE S1, ‘si cantik’ yang jago selfie.

Satu Smartphone, Empat Kamera

Lenovo Phab 2 Pro adalah smartphone pertama di dunia yang membawa empat modul kamera sekaligus. Kamera utamanya beresolusi 16 MP, kamera depannya beresolusi 8 MP, serta ada dua kamera lainnya di belakang, yaitu motion sensing camera dan depth camera.

Tujuan Lenovo repot-repot menyediakan hingga tiga kamera di bagian belakang Phab 2 Pro adalah untuk menunjang teknologi Project Tango. Apa itu Project Tango? Ia adalah teknologi augmented reality yang dikembangkan Google, khusus untuk smartphone Android.

Lenovo Phab 2 Pro

Project Tango bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari produktivitas hingga kebutuhan multimedia seperti game.

Anda bisa memanfaatkan Project Tango untuk mengukur kedalaman ruang atau pun mengukur jarak. Misalnya ketika Anda membeli furnitur baru, Anda bisa memperkirakan dan mendemonstrasikan penempatannya di sebuah ruangan di rumah secara virtual.

Anda juga bisa bermain game menggunakan teknologi ini. Contohnya seperti permainan Tamagotchi yang terasa lebih hidup saat Anda merawat dan membesarkan hewan peliharaan secara virtual melalui layar smartphone.

Simak juga bahasan tentang pengembangan augmented reality lewat Google Tango.

Desain dan Hardware Berkelas

Selain tiga kamera di sisi belakang, Lenovo Phab 2 Pro juga wajib dibekali hardware mumpuni untuk menunjang teknologi Project Tango. Karenanya, Anda akan bisa merasakan kombinasi hardware kelas atas pada phablet ini.

Lenovo Phab 2 Pro

Mulai dari prosesor generasi baru Qualcomm Snapdragon 652, kapasitas RAM 4 GB, storage 64 GB, baterai 4.050 mAh, speaker Dolby Atmos, serta layar besar 6,4 inci dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Rentetan hardware tersebut membuat Lenovo Phab 2 Pro memiliki performa di atas rata-rata yang berimbang di segala lini.

Bukan cuma hardware-nya saja yang oke, desain yang dibawa Lenovo Phab 2 Pro juga sangat berkelas. Phablet ini terlihat elegan dengan material metal di sekujur bodinya. Memandang bagian belakang phablet satu ini juga terasa istimewa berkat adanya tiga kamera; membuatnya terasa sangat eksklusif.

Lenovo Phab 2 Pro

Yang perlu diperhatikan, Anda wajib menggunakan dua tangan untuk menguasai phablet ini. Dengan dimensi layar 6,4 inci, Lenovo Phab 2 Pro punya bodi lebih besar dari iPhone 6 Plus atau Samsung Galaxy Note 5. Otomatis, menyimpannya di saku celana bukan pilihan yang bijak karena akan terasa menonjol dan mengganggu.

Perangkat Masa Depan dengan Keterbatasan

Lenovo Phab 2 Pro saat ini menjadi satu-satunya perangkat yang siap mendukung teknologi Project Tango dari Google. Namun sebagai early adopter, tentu dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa merasakan manfaat dan potensinya secara maksimal.

Dalam hal ini, aplikasi dan game yang mendukung Project Tango masih sangat terbatas. Bahkan di Google Play saat ini baru ada sekitar 21 aplikasi yang mendukung teknologi ini. Secara tidak langsung Anda bakal cepat bosan dengan apa yang ditawarkan Project Tango karena kontennya yang masih sangat terbatas.

Baca juga rekomendasi smartphone Android 4G seharga Rp 1 jutaan ini. Salah satunya: Lenovo.

Lenovo Phab 2 Pro

Para pengembang aplikasi dan game pun mungkin baru lebih giat menciptakan aplikasi yang mendukung Project Tango ketika sudah ada lebih banyak perangkat yang juga mendukung teknologi ini. Kemungkinan, dibutuhkan waktu satu atau bahkan dua tahun hingga akhirnya teknologi dan ekosistem Project Tango berkembang dan bisa diterima masyarakat.

Jika Anda ingin berinvestasi menyambut teknologi Project Tango, harga 500 dolar AS (atau sekitar Rp 6,5 juta) yang harus Anda gelontorkan untuk menebus Lenovo Phab 2 Pro masih tergolong wajar. Harga yang pantas untuk ditukar dengan apa yang akan Anda dapat dari phablet satu ini.

Nah, bagaimana? Tertarik? Biar lebih lengkap, tonton juga video Lenovo Phab 2 Pro berikut ini:

0 comments