NOW READING

Lebih Dekat dengan AgfaPhoto Action Camera

 2993
+
 2993

Lebih Dekat dengan AgfaPhoto Action Camera

by The Daily Oktagon

Saat ini, ada sekali jenis action camera di pasaran. Salah satunya berasal dari benua eropa, Anda akan menemukan AgfaPhoto. Buat para petualang dan penggemar kegiatan outdoor, produsen spesialis fotografi asal Jerman ini telah menyiapkan setidaknya tiga model kamera di keluarga Wild Thing.

Salah satu tipe Wild Thing bernama Wild Top kini tersedia di Indonesia. Wild Top dijanjikan mampu memberikan Anda hasil video terbaik tanpa kompromi, terlepas apakah Anda seorang profesional atau sekedar penikmat biasa. Action camera tersebut dideskripsikan menyimpan spesifikasi hardware tinggi demi menyuguhkan performa memuaskan, dan dibundel bersama aksesori mounting lengkap.

agfa_1

Design

Komparasi dengan GoPro memang sulit dihindari karena banyak produk kompetitor, termasuk Wild Top, secara berkiblat pada brand ciptaan Nick Woodman itu. Tidak ada yang salah, pendekatan ini dimaksudkan demi memaksimalkan tingkat kepadatannya, memastikan ukuran action camera tetap mungil. Jika dihitung tanpa mounting atau casing, Wild Top mempunyai dimensi 58,6×44,8×31 (38,5 mm termasuk modul lensa) milimeter dan berat 85 gram.

agfa_3

Buat Wild Top, AgfaPhoto memanfaatkan tubuh dari polikarbonat berwarna hitam. Permukaannya mengusung tekstur matte halus, memberikan kesan mirip karet. Bagian menarik di Wild Top adalah penempatan layar LCD TFT 1,5-incinya, karena berada di depan, berdempetan dengan lensa. Artinya, ia sangat pas digunakan para ‘presenter’ dadakan, atau buat mereka yang sering merekam video dengan objek diri sendiri.

agfa_4

Connectivity

agfa_2

Display tersebut memang memadai buat mengintip konten, namun masih terlalu kecil untuk melihat konten dengan puas. Anda pasti penasaran, mengapa LCD tidak tidak ditempatkan di depan agar ukurannya bisa lebih luas? Area punggung Wild Top ialah tempat cover baterai. Terdapat lima buah tombol, sepasang lampu indikator dan lubang microphone di sisi atas. Kemudian di samping Anda akan menemukan port connector ke USB 2.0, mini HDMI, mic tambahan dan slot MicroSD.

Accessories

Kita dapat menggunakan berbagai aksesori yang dibundel bersama Wild Top. Tanpa mereka action camera itu bisa langsung disambungksan ke tripod standard. Di dalam packaging, tersedia bar mount, charger dua slot, sepasang mounting berperekat, tiga tipe attachment, dua buah baterai 800mAh, strap dada dan casing anti-air. Aksesori casing tersebut memperoleh sertifikasi IP68 – sanggup menahan masuknya air hingga kedalaman 50 meter.

agfa_5

Chest strap-nya cukup menarik. Anda dapat memakainya sewaktu bersepeda, hiking, mengendarai motor hingga rafting tanpa khawatir Wild Top rusak karena kemasukan air. Ukurannya bisa disesuaikan, namun tentu ada kendalanya: Cukup pas ditubuh saya, sayang kaum hawa mungkin berpendapat berbeda. Beberapa rekan wanita mengeluhkan rasa ‘tidak nyaman’ ketika mengenakannya.

The action camera

AgfaPhoto membenamkan sebuah lensa super wide-angle seluas 170 derajat dengan resolusi gambar hingga 12-megapixel plus fitur digital zoom sebesar empat kali. Video tersimpan langsung ke kartu MicroSD, dan kualitas video tidak kalah dari rival besarnya, meski grainy di kondisi indoor serta kurang cahaya. Tapi muncul masalah klasik pada lensa jenis wide-angle, objek jadi terdistorsi – garis lurus akan melengkung, dan wajah Anda tampak aneh sewaktu diambil dari dekat.

Wild Top sanggup merekam video di resolusi 1920×1080- dan 1440×1080-pixel di 30 frame rate per detik, 1280×720 di 60 dan 30 frame rate, serta QVGA 848×480 di 60 frame rate. Berkat image sensor CMOS, ia tidak kesulitan mengabadikan gambar still di 12-, 8- dan 5-megapixel. Foto dan video disimpan dalam format terkompresi, JPEG serta MP4 (H.264).

agda_7

Ekspansi via Micro SD didukung hingga kapasitas 32GB, tetapi baterai 800mAh-nya cuma mampu bertahan sekitar 100 menit. Untungnya, Anda mendapatkan dua unit baterai, jadi total mencapai 200 menit. Selain itu Wild Thing Wild Top dibekali fitur mode self-timer, continuous shoot dan record loop antara satu, lima, 15, 25, 35, dan 45 menit. Jangan lupa, interface bisa diubah ke bahasa Rusia, Spanyol, Jepang, China, Itali, Belanda, Jerman dan Perancis.

Conclusion

Wild Top berada satu level di atas varian entry-level GoPro Hero. AgfaPhoto menyajikan rasa berbeda dengan penempatan layar LCD di depan. Wild Top masih merupakan action camera yang handal.

Harganya juga terjangkau. Di website Oktagon, AgfaPhoto Wild Thing Wild Top dibandrol seharga Rp 2,4 juta.

0 comments