NOW READING

Laptop ASUS Terbaru ZenBook UX331UAL, Desain Tipis dan Ringan tapi Bodi Kuat

 230
+
 230

Laptop ASUS Terbaru ZenBook UX331UAL, Desain Tipis dan Ringan tapi Bodi Kuat

by The Daily Oktagon

Selama ini ada anggapan kalau laptop yang memiliki bodi yang tipis dan bobot yang ringan, terasa ringkih atau tidak tangguh. Tapi anggapan itu tidak berlaku untuk laptop Asus terbaru yang diluncurkan Asus di pasaran Indonesia, yaitu ASUS ZenBook 13 UX331UAL.

Laptop Asus terbaru ini merupakan varian lain dari versi UX331UN. Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL memiliki ketebalan yang sama seperti saudaranya, ZenBook UX331UN yakni hanya 13,9 milimeter. Sedangkan untuk bobotnya hanya 985 gram saja.

Laptop Asus terbaru ZenBook 13 UX331UAL menggunakan bodi dengan bahan magnesium alloy yang sangat ringan.  Adapun sandblasting finish digunakan menggantikan pola concentric circle yang biasa digunakan pada ZenBook. Dibanding ZenBook 13 sebelumnya yang menggunakan aluminium chassis, konstruksi berbasis magnesium alloy pada ZenBook 13 UX331UAL membuatnya sangat tangguh. Bahkan ia memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G dan lolos uji daya tahan untuk memastikan kemampuannya beroperasi dalam berbagai kondisi.

Baca juga : Ini Dia 2 Laptop Asus Zenbook Terbaru Yang Dijual di Indonesia

Meskipun memiliki bodi yang tipis dan ringan, Laptop Asus terbaru ZenBook 13 UX331UAL telah lolos pengujian berat standar daya tahan military-grade MIL-STD 810G untuk memastikan perangkat dapat dioperasikan di berbagai kondisi lingkungan. Tak hanya itu, ia juga telah melewati pengujian internal ASUS yang sebenarnya pun sudah melampaui standar industri.

laptop terbaru asus

Dengan layar berukuran 13,3 inci dan resolusi Full HD, ASUS ZenBook UX331UAL punya dimensi yang tidak berbeda jauh dengan kertas berukuran A4. Dengan demikian, laptop ini dapat dengan mudah diselipkan ke dalam koper, backpack, bahkan tas jinjing wanita. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding ultrabook berikuran 13 inci pada umumnya. Rahasianya adalah pada bezel layar berfitur NanoEdge.

Performa Tinggi

Laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL diperkuat oleh prosesor tercepat Intel Core i generasi ke-8. Demi menopang performa tinggi yang ditawarkan, ASUS memadankan prosesor tersebut dengan RAM tercepat DDR4 2133MHz serta penyimpanan kecepatan tinggi dan handal, berbasis M.2 SSD.

Untuk mengetahui sejauh mana performa ultrabook yang satu ini, kami menjalankan pengujian dengan aplikasi benchmark umum seperti PCMark, 3DMark, Geekbench, Cinebench dan Unigine Heaven Benchmark. Tak lupa pengujian baterai pun kami jalankan. Berikut ini hasil yang diraih oleh ASUS ZenBook 13 UX331UAL:

Dari hasil uji benchmark, terlihat bahwa laptop ini mumpuni untuk digunakan sebagai perangkat pendukung produktivitas. Baik produktivitas esensial seperti aplikasi office, email ataupun produktivitas lainnya, sampai ke aplikasi editing konten digital baik foto ataupun video.

Performa grafisnya memang tidak terlalu tinggi karena memang bukan ditujukan untuk itu. Bermain game 3D, asalkan masih dalam resolusi rendah sampai menengah, masih bisa dilakukan. Menjalankan aplikasi rendering pun tidak masalah karena performa prosesor Intel Core 8th generation, baik saat bekerja secara single core ataupun multi-core sudah sangat baik.

Saat digunakan secara multitasking non-stop, aplikasi pengukuran baterai PCMark menunjukkan bahwa baterai pada ZenBook 13 UX331UAL sanggup memasok daya hingga 4 jam 43 menit. Tentunya, kalau penggunaan Anda tidak terlalu intensif seperti pengujian benchmark tersebut, baterai tentu sanggup bertahan jauh lebih lama. Dalam skenario tertentu, ASUS bahkan mengklaim baterai laptop ini sanggup bertahan hingga 15 jam.

Baca juga : Laptop ASUS X505ZA, Diperkuat Prosesor AMD Ryzen Harga Terjangkau

Satu hal yang sangat penting namun jarang diperhatikan, adalah kemampuan Wi-Fi. Pada sebuah laptop, kemampuan ini sebenarnya merupakan hal yang penting. Pada ZenBook 13 UX331UAL, ASUS memiliki fitur Wi-Fi Master yang membuat laptop ini mampu mendapatkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya.

 Dengan Wi-Fi Master, pengguna bisa menikmati streaming video FullHD YouTube yang lebih lancar pada jarak 300 meter atau lebih, atau setidaknya pada jarak 225 meter meski ada interferensi dari perangkat USB 3.0. Jarak ini sekitar 65 meter lebih jauh dibandingkan dengan laptop lain pada umumnya yang tidak memiliki Wi-Fi Master.

Bersama dengan teknologi dual-band 802.11ac, Wi-Fi Master menawarkan kecepatan hingga 867Mbps atau sekitar 6x lebih cepat dibanding single-stream 802.11n. Ini memungkinkan pengguna bisa bekerja dengan lebih leluasa di kantor ataupun di coffe shop favorit.

 

0 comments