NOW READING

Laga Smartphone dengan Audio Memukau

 2630
+
 2630

Laga Smartphone dengan Audio Memukau

by The Daily Oktagon
  • Smartphone yang mendukung kualitas audio mumpuni menjadi dambaan para penggemar musik
  • Kombinasi audio yang ciamik dan perangkat headphone akan memanjakan telinga kita dengan alunan suara yang jernih
  • Dua smartphone ini, LG V20 vs HTC 10, dapat menjadi pilihan saat menikmati musik.

Streaming video hingga mendengarkan musik dengan headphone adalah beberapa contoh gaya hidup digital yang acapkali kita lakukan setiap hari. Kaum urban tak lagi menikmati musik melalui radio atau perangkat pemutar musik, tetapi melalui smartphone-nya.

Hal ini menjadi potensi besar bagi yang ingin mengambil kue pasar konsumen yang senang dengan musik. Beberapa layanan streaming musik pun mulai hadir, sebut saja Spotify dan JOOX.

Bagi mereka yang gemar terhadap hal tersebut, kualitas audio dan speaker sangat lah penting. Misalnya saja, LG V20 dan HTC 10. Kedua smartphone ini adalah smartphone pilihan dari The Daily Oktagon untuk diulas performanya, salah satunya dari sisi kualitas audio. Simak ulasan selengkapnya.

HTC 10

Harga: Rp9,3 jutaan

Audio
Tak seperti M8 yang mengunggulkan kamera, HTC 10 justru akan memanjakan penggunanya dengan suara musik yang brilian. Vendor asal Taiwan ini memang menyematkan teknologi audio output dan HTC 10 Hi-Res Certified untuk menghasilkan kualitas audio yang ciamik.

htc_10_1

Saat menonton film, bermain game, atau mendengarkan musik dengan headphone, kualitas akan sama bagusnya. Transisi saat pengguna menggunakan atau melepas headphone juga akan terasa smooth. Anda juga tidak akan merasakan ‘beban’ berat di telinga. Meski terkadang ada sedikit kekurangan pada tone bass, hal itu tak mengurangi kualitas vokal. Sayang, speaker-nya terlalu kecil.

Desain
HTC 10 merupakan salah satu flagship penerus HTC M8. Terlihat ciri khas seri ini tampil kokoh dengan balutan metal pada bodinya. Desainnya juga tak jauh berbeda dari M8, yakni tampil dengan aksen bundar pada setiap sudut bodi.

Sebetulnya, material metal memberikan kesan ponsel kuat dan tangguh, serta tak licin saat digenggam. Namun justru materialnya dapat menimbulkan bekas lecet jika ponsel terjatuh. Belum lagi, HTC 10 terlihat ‘gemuk’ atau padat dengan berat 161 gram, sehingga sedikit kurang nyaman digenggam.

Smartphone melengkung? Simak berbagai tren teknologi smartphone terbaru di sini

Layar
HTC 10 dibekali dengan layar berukuran 5,2 inci (2560 x 1440 piksel) dan teknologi Super LCD 5. Kelebihannya, layar tampil tajam dan jernih, lebih alami, dan warna tidak terlalu tersaturasi. Cocok untuk menonton film atau main game. Namun, tak ada yang terlalu spesial jika dibandingkan ponsel lain yang dibekali teknologi Super AMOLED. HTC 10 juga lemah pada auto brightness, terlalu terang untuk mata.

Baterai
Ada sedikit perbaikan yang dilakukan HTC pada seri ini. Salah satunya adalah kualitas pada fitur quickcharging. Hanya 15 menit pengisian, HTC 10 dapat bertahan hingga beberapa jam saat digunakan. Seri ini dibekali daya 3.000 mAh.

04_HTC10_design

Spesifikasi Lain
Selain berjalan di Android 6.0.1, HTC 10 juga punya beberapa fitur unggulan, yakni RAM 4GB dan memori berkapasitas 32-64GB. Dapur pacunya ditenagai Snapdragon 820. Soal kamera, HTC 10 memiliki resolusi 12MP pada kamera depan dan 5MP pada kamera belakang.

LG V20

Harga: Rp9 jutaan

Audio
V20 sempat membuat pasar smartphone tercengang berkat inovasinya, yakni removable battery. Tapi bukan itu saja, salah satu fitur V20 yang cukup dielu-elukan adalah kualitas audionya. LG disebut-sebut sukses menghadirkan audio yang bombastis. Wajar saja mengingat LG V20 dibekali teknologi Quad DAC dan 24-bit High Resolution.

LG-V20-Unveiled-3

Bagi penggila audio, mungkin sudah tidak asing dengan teknologi ini. Quad DAC atau Digital to Analog Converter merupakan sebuah komponen yang akan mengonversi sinyal audio musik digital/stream ke sinyal analog ke Amp dan speaker untuk didengarkan.

LG terbilang berani menghadirkan teknologi audio sekelas ini ke dalam perangkat mobile. Jangan tanya hasilnya, audio output terdengar lebih kaya, solid, dan super jernih. Quad DAC juga sangat jitu menyingkirkan noise pada suara.

Smartphone dengan perangkat audio yang gahar juga bisa dilihat di artikel ini

Desain
LG V20 dirancang dengan konsep military-grade dengan removable aluminium pada bagian panel belakang. Sementara, bodi atas dan bawahnya dilapisi sillicon polycarbonate. Sebetulnya, LG V20 tampil sama seperti smartphone Android kebanyakan. Berkat material yang melapisinya, LG V20 tampil pede dengan kesan ‘wah’.

Dua Layar
Selain audio, LG V20 juga cukup inovatif menghadirkan dua layar pada ponselnya. Namun, dua layar ini tak seperti yang Anda kira. Layar utama adalah layar di bagian depan, sedangkan layar kedua juga berada di depan–tepatnya di atas layar utama.

Layar utama berukuran 5,7 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel QHD, dan didukung Gorilla Glass 4. Layar kedua hanya 2,1 inci dengan resolusi 160 x 1040 piksel. Apa fungsi layar kedua? Tak lain seperti jendela notifikasi. Layar ini menampilkan toggle quick untuk menempatkan menu shortcut, seperti reminder atau task.

Kamera
Satu lagi yang membuat LG V20 serba ‘lebih’, yakni dual kamera belakang dan satu kamera depan. Artinya, LG V20 punya tiga kamera. Untuk kamera belakang, sensornya 16MP dan 8MP dengan dukungan autoflash. Sementara, kamera depan beresolusi 8MP. Kamera V20 juga sudah mendukung gambar wide-angle.

Kamera harus didukung flash yang memadai. Simak jajaran smartphone dual LED flash ini

Spesifikasi Lain
Dengan tenaga Snapdragon 821, penerus suksesor LG V10 ini sudah mendapat Android Nougat 7.0, plus RAM 4GB dan kapasitas hingga 64GB. Soal performa, meski sudah didukung Snapdragon 821, tak terlalu memuaskan karena masih terdapat lag saat menggunakannya.

Bagaimana? Kira-kira siapa yang paling memukau?

0 comments