NOW READING

Kumpulan Tips untuk Penggemar Travel Photography

 3360
+
 3360

Kumpulan Tips untuk Penggemar Travel Photography

by The Daily Oktagon

Travel photography adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain bisa jalan-jalan, Anda juga dapat mengabadikan berbagai momen berharga, maupun pemandangan yang sangat indah. Kendati demikian, travel photography lebih dari sekedar jalan-jalan sambil menenteng kamera digital single-lens reflex alias DSLR.

Untuk memperoleh hasil yang menarik, pasti memerlukan teknik yang tepat selama eksekusi. Begitu juga dengan travel photography, tanpa penguasaan dasar, hasilnya juga tidak bakal memuaskan. Namun, kalau diminta menjelaskan tekniknya satu per satu, sepertinya konten seperti itu lebih pantas dijadikan buku.

Oleh karena itu, bagi Anda penggemar travel photography, cobalah buat suatu karya yang membuat orang tertarik dengan kegiatan ini. Oleh karena itu, The Daily Oktagon memberikan kumpulan tips untuk Penggemar travel photography.

Sebelum lanjut, Anda wajib membaca artikel menarik berikut, Apa Saja Perlengkapan Fotografi Bagi Para Travelers?

Persiapkan Perlengkapan Anda

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, perlengkapan tentu saja harus disiapkan dengan baik. Kalau Anda berencana memakai kamera DSLR atau mirrorless, tak usah membawa semua koleksi lensa. Bawa saja yang kira-kira diperlukan. Kalau sekiranya bakal mengambil banyak foto di jalan-jalan perkotaan, dua hingga tiga buah lensa prime sudah cukup. Lensa zoom dengan aperture konstan adalah perkakas pamungkas yang bisa diandalkan kapan saja.

 

 

Perlengkapan esensial selanjutnya adalah tripod. Bahkan, jika Anda hanya berencana memotret lewat smartphone, tripod akan membawa dampak yang signifikan pada ketajaman hasil foto. Selanjutnya, jangan lupa untuk mem-backup semua foto yang ditangkap. Laptop tentu saja adalah pilihan utama, tapi untuk jaga-jaga, bawa juga hard drive eksternal.

shutterstock_254493370

Manfaatkan juga aplikasi di smartphone. Kalau Anda mengincar pemandangan indah, pastikan ada semacam aplikasi sunrise atau sunset calculator, supaya Anda bisa tahu kapan matahari akan terbit atau terbenam di seluruh pengjuru dunia.

Kesiapan perlengkapan tidak melulu berhubungan dengan device, tetapi segala hal yang akan membuat perjalanan Anda dan kegiatan fotografi menjadi tenang dan lebih terencana. Meski ada pula tipe traveler yang go show alias lebih nyaman tanpa rencana, namun untuk keperluaan basic, tetap harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan informasi terkait lokasi yang dituju, Anda juga bisa mengintip media sosial dan melihat cuaca apa yang sedang terjadi atau keseruan apa yang ada di lokasi. Kini, media sosial menjadi salah satu tempat untuk mencari informasi yang cukup menarik. Bisa saja Anda akan mendapatkan acara kebudayaan tertentu ketika scroll timeline Twitter karena teman Anda sedang berapa di lokasi yang akan Anda tuju.

Coba Cara Unik

Tips nyeleneh yang satu ini berasal dari Ray Demski dan organisasi Cooperative of Photography (COOPH). Ray menyarankan Anda untuk mengatur sedemikian rupa kamera DSLR atau mirrorless yang dibawa, menjadi buruk rupa. Kedengarannya memang aneh. Tempelkan sejumlah plester atau isolasi di sekitar bodi kamera. Tujuannya supaya kamera yang Anda bawa tidak disangka kamera mahal, dan pada akhirnya bisa meminimalkan resiko dicuri orang.

Selanjutnya, sebisa mungkin jangan tunjukkan bahwa diri Anda seorang fotografer. Mengapa? Supaya orang-orang yang ada di sekitar tetap merasa nyaman dan tidak terganggu dengan kehadiran Anda. Dengan demikian, Anda bahkan bisa sedikit mencuri-curi mengambil foto mereka dari sudut yang unik.

nasty-dslr

Pendekatan personal agar orang lain merasa nyaman tentu saja akan lebih ditujukan bagi Anda yang menyukai foto yang melibatkan objek manusia. Terkadang orang akan menolak untuk difoto jika belum kenal, tetapi jika sang fotografer blending dengan susana, tidak jarang malah objek yang menawarkan untuk difoto.

Untuk Anda yang lebih suka mengambil foto landscape atau pemandangan, juga perlu tetap memperhatikan budaya sekitar. Siapa tau ada beberapa pantangan terkait budaya setempat yang jangan sampai dilanggar. Menghormati budaya setempat adalah bagian penting dari seorang fotografer.

Libatkan Model dalam Foto Pemandangan

Saat melancong ke negeri orang, tentunya Anda ingin mengabadikan pemandangan indah di suatu lokasi. Nah, libatkan seorang model di dalam foto. Bukan berarti Anda harus mengajak model profesional. Ajak seorang warga sekitar yang berpenampilan menarik. Sehingga, yang tertangkap nanti tidak cuma gunung, pepohonan, dan bunga-bunga yang merekah.

Mengapa harus ada seseorang? Karena kehadiran manusia bisa memberikan kesan yang unik pada suatu foto. Tips ini diberikan Cole Rise, yang merupakan pencipta filter Rise di Instagram.

cole-rise

Dalam salah satu foto yang ia ambil, tampak bahwa kehadiran manusia bisa menonjolkan skala suatu obyek. Sepasang pilar yang merupakan bagian dari reruntuhan gedung akan tampak seakan-akan dibangun oleh kelompok raksasa ketika ada seorang manusia yang berdiri di tengah-tengahnya.

Teknik ini biasanya menjadi salah satu teknik sederhana saat traveller mengambil foto monumen atau bangunan bersejarah berskala besar. Misalnya patung Gundam di Jepang. Tambahan orang di bagian bawah saat Anda memotret dari depan. Ini akan memperlihatkan ukuran dari patung tersebut jika dibandingkan manusia. Ada kesan ‘wow’ dari mereka yang melihat fotonya jika perbandingannya sangat jauh.

Jangan Ambil Foto Panorama yang Terlalu Lebar

Problem ini umum terjadi saat kita mengambil foto panorama menggunakan smartphone. Biasanya, orang-orang akan menekan tombol shutter, lalu menggerakkan smartphone-nya dari kiri ke kanan atau sebaliknya, disebut juga panning. Dengan melakukan panning, secara perlahan sampai seluruh frame pada layar terisi dengan gambar dan kamera smartphone otomatis berhenti.

Yang orang-orang tidak banyak tahu adalah Anda bisa menghentikan shutter-nya kapan saja Anda mau, tidak harus sampai frame-nya terisi penuh. Dengan demikian, Anda bisa membuat komposisi frame seperti yang benar-benar ingin digambarkan. Tidak selamanya foto panorama super-lebar itu lebih bagus dibandingkan dengan yang lebih sempit.

header

Beberapa fitur bawaan smartphone bisanya telah menyediakan fitur panorama ini. Anda juga bisa melakukan editing langsung di aplikasi kamera sebelum menyimpan atau membagikannya ke jejaring sosial. Pemilihan bagian foto yang ingin diambil tentu menjadi penting gar foto yang dihasilkan tidak hanya sekedar meng-capture semua bagian pemandangan tetapi bagian yang menarik alias indah.

Jangan Terlalu Agresif dalam Meng-edit Foto

Tips yang terakhir ini kembali merujuk pada prinsip yang dipegang fotografer Cole Rise. Menurutnya, kita bisa menurunkan intensitas filter foto Instagram yang dipilih. Atau, kalau Anda memilih meng-edit secara manual, lakukan saja seperti biasa, tapi di akhirnya jangan lupa menurunkan intensitas semuanya sampai paling tidak 50 persen supaya foto tersebut bisa tetap kelihatan alami.

Saran tambahan buat yang banyak mengandalkan Instagram dalam meng-edit, hindari fitur Lux alias clarity. Sepintas foto memang akan tampak lebih cerah, akan tetapi pada akhirnya foto dengan tingkat clarity terlalu tinggi akan tampak sangat tidak alami.

Foto yang dihasilkan saat traveling bisa jadi akan ada di beberapa perangkat, sebut saja kamera digital atau smartphone. Untuk foto yang ada di perangkat smartphone, Anda bisa menggunakan aplikasi editing bawaan atau bisa juga yang ada di aplikasi foto, seperti Instagram.

Jika merasa kurang puas, beberapa aplikasi populer terkait fotografi juga bisa Anda gunakan, misalnya VSCO Cam, Camera+, atau Snapseed. Jika Anda pengguna perangkat lunak Adobe, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi keluaran Adobe yang ditujukan untuk pengolah foto.

Untuk mereka yang melakukan editing foto dari kamera digital alias menggunakan PC aplikasi seperti Pixelmator bisa digunakan untuk melakukan edit foto. Tentu saja Photoshop dari Adobe juga bisa menjadi pilihan, apalagi Adobe telah merilis beberapa aplikasi mereka untuk perangkat smartphone yang memudahkan untuk edit di smartphone lalu dipindahkan ke PC untuk hasil yang lebih advance.

Agar liburan semakin menyenangkan, lengkapi dengan Tiga Speaker Bluetooth untuk Pencinta Traveling

0 comments