NOW READING

Komunitas Bisnis Online untuk Pebisnis Muda

 1715
+
 1715

Komunitas Bisnis Online untuk Pebisnis Muda

by The Daily Oktagon

Seorang pebisnis tentu harus memiliki koneksi untuk membantu mengembangkan ide-ide atau memperluas jaringan bisnisnya.

Namun untuk membangun koneksi tersebut butuh proses, baik itu mencari rekan yang sesuai dengan model bisnis yang dijalankan ataupun yang dapat dipercaya agar tidak merugikan. Salah satu cara yang cukup efektif adalah bergabung dengan komunitas bisnis online berikut.

Foto: Shutterstock.com

YukBisnis
Komunitas ini adalah salah satu yang terbesar di Indonesia. Banyak manfaat bisa didapat, seperti tampilan situs yang menarik dan juga mudah diakses pengunjung. Selain itu, proses pembuatan toko online di sini sangat sederhana. Ada juga event-event tertentu yang diadakan untuk membangun hubungan baik antarpebisnis online, meningkatkan komitmen, usaha, dan semangat para pebisnis.

AsianBrain
Komunitas bisnis online ini didirikan oleh Anne Ahira sejak 2000-an dan menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Anggotanya –disebut Abers—tersebar di ribuan daerah. Dengan masuk ke komunitas ini, Anda mendapatkan berbagai pembelajaran di bidang internet marketing baik itu yang gratis maupun berbayar. Tentunya hal-hal seperti ini akan sangat membantu para pebisnis pemula.

Foto: Shutterstock.com

TDA (Tangan di Atas)
TDA merupakan komunitas yang anggotanya sudah tersebar di seluruh daerah Indonesia, dengan berbagai manfaat yang memudahkan Anda untuk menjadi pebisnis muda. Para anggota tidak hanya berkomunikasi secara online, tetapi juga ‘kopi darat’ untuk ikut serta dalam event-event dengan program yang bertujuan membantu sesama. Hal ini untuk mengajarkan
tentang pentingnya berbagi yang tidak akan mengurangi penghasilan bisnis mereka tetapi justru akan membuat bisnis semakin lancar.

Start-up Nation
Komunitas yang berdiri 2012 dan bertempat di Birmingham, Michigan ini dibentuk oleh entrepreneur untuk entrepreneur. Siapa pun bisa bergabung tanpa dikenakan biaya alias gratis. Komunitas ini menjadi salah satu yang terdepan dan memberikan banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana mengembangkan sebuah usaha. Terdapat forum, artikel, blog, dan juga koneksi dari sesama anggota.

Ada perbedaan signifikan antara pengusaha yang menjalankan bisnis secara individu dengan pebisnis yang bergabung dalam suatu komunitas tertentu. Menjadi bagian dari komunitas memberi manfaat seperti jaringan relasi yang semakin luas, sehingga proses perkembangan bisnis dapat berjalan lebih cepat.

Baca artikel ini untuk mendapatkan kiat-kiat membangun komunitas bisnis.

0 comments