NOW READING

Komputer Sebesar Jempol Tangan Siap Hadir di Indonesia

 2193
+
 2193

Komputer Sebesar Jempol Tangan Siap Hadir di Indonesia

by The Daily Oktagon

Sulit membayangkan betapa cepatnya teknologi berkembang. Dahulu, sebuah hard disk berkapasitas 5 megabita mempunyai ukuran sebesar sebuah piano. Sekarang, kita bisa menyimpan hingga ratusan gigabita ke dalam USB flash drive. Lebih hebat lagi, sekarang kita juga bisa memiliki sebuah komputer sebesar jempol tangan yang siap hadir di Indonesia.

Produk ini bernama Intel Compute Stick. Berfitur lengkap dalam kemasan yang tak jauh lebih besar dari sebuah USB flash drive, ia mencuri perhatian di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 pada awal 2015.

Tentu saja hal yang sangat menarik dari Intel Compute Stick adalah ukurannya yang cuma 10,3 x 3,8 sentimeter dengan tebal 1,25 sentimeter. Perangkat ini seukuran modem USB yang sudah banyak beredar di pasaran. Meski begitu kecil, perangkat ini tetap bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas komputasi yang diperlukan sehari-hari.

Compute_Stick_01

Kemampuan tersebut datang dari prosesor quad-core Intel Atom Z3735F berkecepatan 1,8 gigahertz plus dukungan chip pengolah grafis Intel HD Graphics dengan RAM 2 gigabita DDR3 dan media penyimpanan berkapasitas 32 gigabita. Konektivitasnya pun lengkap, mulai dari Wi-Fi N, Bluetooth 4.0 sampai USB 2.0. Tidak ketinggalan pula slot microSD buat yang membutuhkan storage lebih. Secara default, ia menjalankan sistem operasi Windows 8.1, yang tentu saja bisa Anda perbarui ke Windows 10.

Berbekal komponen tersebut, Intel Compute Stick sanggup menyulap televisi atau monitor apapun menjadi sebuah komputer yang handal dengan menancapkannya ke port HDMI. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyambungkan keyboard dan mouse Bluetooth, lalu mulai menggunakan TV layaknya sebuah komputer. Dengan kata lain, berkat Intel Compute Stick, Anda bisa mengubah TV biasa menjadi lebih pintar ketimbang smart TV.

Dengan spesifikasi yang ada serta harga yang cukup terjangkau, pengguna tanah Tanah Air juga sudah bisa bersiap memiliki perangkat komputasi mungil ini. Harga satu unitnya dibanderol Rp 2,4 juta.

0 comments