NOW READING

Kompilasi Ide Seru untuk Bikin Instagram Stories

 8702
+
 8702

Kompilasi Ide Seru untuk Bikin Instagram Stories

by The Daily Oktagon

Image credit: tulpahn / Shutterstock.com

  • Layanan video singkat Instagram, yakni Instagram Stories ternyata banyak dinikmati penggunanya.
  • Fitur yang sangat mudah digunakan ini dapat menjadi senjata baru untuk membuat konten lucu dan seru.
  • Pilihan ide ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk bikin konten Instagram Stories selanjutnya.

Perkara menjiplak Snapchat atau tidak, Instagram Stories nyatanya laris manis digunakan penggunanya, di seantero jagat. Alasannya bisa jadi karena tools-nya yang terbilang simple dan user-friendly.

Buat Anda yang hobi ngeblog atau ingin memperkaya konten di saluran media sosial Anda dan menarik minat lebih banyak orang untuk menjadi follower Anda, Instagram Stories bisa dimanfaatkan untuk membuat dan berbagi konten yang berpotensi viral; meski video singkat ini akan terhapus dalam kurun waktu 24 jam.

Mulai terbayang, tapi bingung harus memulai dari mana? Yuk coba simak pilihan ide untuk membuat video Instagram Stories dari The Daily Oktagon di bawah. Siapa tahu bisa jadi inspirasi yang bermanfaat buat Anda.

1. Video Mengocok Perut

Faktanya, tak semua orang ‘betah’ menonton video berlama-lama di media sosial. Nah, Anda tinggal menciptakan tema seru untuk membuat waktu 10 detik follower Anda menjadi berharga.

Tema yang paling menarik buat banyak orang adalah komedi. Jika Anda merasa punya banyak referensi atau materi kocak, Anda bisa coba memanfaatkannya untuk jadi materi konten Instagram Stories Anda.

Misal, video lucu yang mengocok perut dalam format meme, dengan imbuhan teks warna-warni; atau video bermuatan jokes ringan yang menampilkan Anda dan rekan; atau sekadar rekaman situasi atau peristiwa lucu yang Anda temui sehari-hari.

Baca juga ulasan tentang cara membuat foto sekeren bintang Instagram

2. Cerita Bersambung

Pada Instagram Stories, jika Anda mengunggah 4-5 video, maka semua video itu akan diputar secara berkelanjutan dalam sekali akses atau klik. Nah, Anda bisa menggunakannya untuk merancang cerita bersambung.

Unsur teknis yang perlu diketahui, tiap video singkat dalam rangkaian video di Instagram Stories berdurasi 10 detik. Jadi, manfaatkan durasi singkat itu untuk menyampaikan satu scene atau fragmen, yang jika ada lima scene berjalan secara berurutan akan menjadi satu cerita utuh.

instagram stories

Contohnya, cerita perjalanan Anda ke salah satu museum di Jakarta; 10 detik pertama bisa saja saat Anda sedang dalam perjalanan, 10 detik berikutnya saat Anda tiba di depan museum, 10 detik ketiga menampilkan Anda sedang membeli tiket, dan seterusnya.

Dengan model cerita bersambung seperti ini, Anda bisa bikin follower penasaran dengan kelanjutan ceritanya, terutama jika mengikutinya secara langsung.

3. Bicara Lewat Foto

Perlu diingat kalau Instagram Stories tak hanya soal video saja, tapi juga foto. Maka itu, Anda dapat mengeksplorasi ide dan kreativitas habis-habisan lewat foto.

Misal, foto Anda saat mencoba salah satu pose sulit dalam kegiatan yoga. Ambil foto dengan angle menarik dan bubuhkan kotak dialog dengan fitur yang tersedia, dengan teks atau gambar lucu yang bisa dibuat lewat fitur tulis tangan.

Simak bahasan tentang beberapa perangkat yang bisa bikin galeri foto Instagram makin eksis

4. Memasarkan Produk Anda

Bagi pelaku usaha atau perusahaan pun bisa mengoptimalkan Instagram Stories untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Bisa misalnya dengan cara sederhana, seperti memperkenalkan produk atau layanan terbaru lewat video atau juga foto. Atau kalau mau lebih kreatif, mereka bisa membuat video berseri yang menampilkan demo produk atau testimonial dari pengguna yang sudah mencoba produk.

5. Cerita di Balik Layar

Sementara para seniman atau figur publik bisa meningkatkan engagement dengan para pengikut atau penggemar dengan cara menampilkan cerita atau menunjukkan keseruan di balik layar.

Cerita di balik layar ini sudah lazim diketahui, cukup sakti dalam memikat perhatian penggemar yang kerap ingin tahu apa yang dialami idolanya.

Misal, video saat persiapan atau usai tampil di sebuah konser, atau saat sesi istirahat di tengah sesi foto atau shooting film, atau keadaan yang dialami saat sedang berada di luar rutinitas sebagai seniman atau artis.

instagram stories gif

6. Before & After

Ide lain yang sebetulnya kini sudah mulai banyak dipraktikkan beberapa pengguna Instagram Stories adalah konsep ‘Before & After’ atau kompilasi foto atau video yang menunjukkan saat sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

Konsep semacam ini biasanya diterapkan pada tema beauty dan kuliner. Pada tema pertama, kita menunjukkan wajah saat sebelum di-make up, dan selanjutnya menampilkan diri saat rampung. Sama juga pada tema kedua, pertama kita memperlihatkan persiapan, lalu hasil akhirnya.

Asyiknya lagi pada Instagram Stories kita bisa merangkai konsep ‘Before & After’ ini lebih detail lagi sebagai serial foto atau video.

Seperti pada ide cerita bersambung di atas, rangkaian tahap dari sebelum sampai sesudah yang kita tampilkan akan ditonton secara berurutan oleh follower, jadi tak perlu khawatir urutannya akan teracak.

Ikuti tips dari pakar untuk membuat foto Instagram Anda lebih fantastis

7. Give Away

Kuis atau menggelar permainan interaktif berhadiah di media sosial masih dikenal luas ampuh untuk memikat follower. Pada Instagram Stories Anda pun bisa melakukan ini, karena follower atau pengguna lain bisa merespon video atau foto Anda lewat fitur Send Message.

Contohnya, ciptakan pertanyaan yang menarik untuk dijawab audiens Anda, dan siapkan reward yang juga tak kalah menarik.

Reward tak harus mewah; misal Anda bertanya tentang akun Instagram favorit si follower, dan followerdengan jawaban yang hasilnya kita anggap paling menarik akan kita kirim mini ebook tentang tips menggunakan media sosial, yang kita tulis sendiri.

Jangan lupa, sertakan teks ‘Give Away’ misalnya, agar pengguna lain mengetahui kalau Anda sedang menggelar permainan interaktif berhadiah.

Selebihnya, gali terus kretivitas Anda dengan bermain warna dan teks yang menggelitik pengguna Instagram lainnya. Mengingat fitur ini hanya menayangkan konten Anda 24 jam saja, jadi jangan lupa juga untuk menyimpan foto dan video yang kita buat ya!

Selamat mencoba, dan jangan lupa ikuti juga channel Instagram Oktagon di instagram.com/oktagon.co.id!

0 comments