NOW READING

Komparasi 3 Tablet Premium: Apple iPad Air 2 vs. Sony Xperia Z4 Tablet vs. Samsung Galaxy Tab S 10.5

 4292
+
 4292

Komparasi 3 Tablet Premium: Apple iPad Air 2 vs. Sony Xperia Z4 Tablet vs. Samsung Galaxy Tab S 10.5

by The Daily Oktagon

Variasi tablet yang dijual di pasaran mungkin tidak sebanyak smartphone, akan tapi bukan berarti memilih mana yang akan digunakan bisa dilakukan dengan mudah. Sejatinya ada cukup banyak tablet kelas atas yang layak dipertimbangkan oleh calon konsumen, namun artikel ini hanya akan berfokus pada tiga nama saja: Apple iPad Air 2, Sony Xperia Z4 Tablet dan Samsung Galaxy Tab S 10.5.

Galaxy-Tab-S-10.5_inch_Titanium-Bronze_12

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengikutsertakan iPad ke dalam artikel yang membandingkan beberapa tablet sekaligus. Pasalnya, iPad bisa dibilang sebagai pelopor di kategori ini.

Namun apakah itu berarti Apple iPad Air 2 adalah tablet terbaik yang bisa Anda beli? Bisa ya, bisa tidak, karena pada dasarnya “terbaik” itu subjektif. Berikut adalah komparasi objektif dari masing-masing tablet di atas.

Desain

Desain adalah salah satu atribut yang paling subjektif dan sulit diukur, sebab selera masing-masing konsumen bisa berbeda. Kendati demikian, mungkin sebagian besar akan setuju bahwa iPad Air 2 masih merupakan salah satu tablet tercantik sejagat. Tubuhnya dibalut rangka unibody yang terbuat dari aluminium, sedangkan tebalnya hanya 6,1 mm dan bobotnya cuma 437 gram – 444 gram untuk varian dengan konektivitas selular.

05_Xperia_Z4_Tablet_Black_Flat

Di saat yang sama, Sony Xperia Z4 Tablet tidak mau kalah soal desain produk yang compact. Meski panjang dan lebar fisiknya tidak jauh berbeda dari iPad Air 2, Xperia Z4 Tablet punya bobot lebih ringan, tepatnya 389 gram dengan tingkat ketebalan yang sama, yakni 6,1 mm – varian LTE-nya berbobot 393 gram. Lebih istimewa lagi, tablet ini tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit; suatu ciri khas yang masih dipertahankan oleh raksasa teknologi asal Jepang ini.

Samsung Galaxy Tab S 10.5 membawa gaya desain yang serupa dengan Samsung Galaxy S5 yang sama-sama dirilis tahun lalu. Bodinya banyak terbuat dari plastik, dengan tebal bodi hanya 6,5 mm dan bobot 465 gram – varian selularnya berbobot 467 gram.

Sekali lagi, ini hanya penilaian objektif berdasarkan spesifikasi teknis yang dirilis. Soal suka atau tidak dengan gaya desainnya, dengan melihat dan menggenggamnya sendiri secara langsung, mungkin bisa memberikan penilaian final.

Layar

Soal layar, iPad Air 2 tidak banyak berubah sejak Apple memperkenalkan Retina Display untuk iPad generasi ketiga. Ukurannya tidak berubah, yakni 9,7 inci, dan resolusinya masih 2.048 x 1.536, dengan kerapatan pixel 264 ppi. Panel IPS tetap dipertahankan guna memantapkan viewing angle-nya.

iPadAir2-3up-Lockscreen-PRINT

Soal resolusi, dua penantang iPad Air 2 ini rupanya lebih unggul. Xperia Z4 Tablet memakai panel IPS berukuran 10,1 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 (299 ppi). Sony sendiri mengklaim teknologi TRILUMINOS-nya kini sanggup menyajikan gambar 40% lebih cerah dan warna yang lebih akurat ketimbang tablet lawasnya, Xperia Z2 Tablet.

Galaxy Tab S 10.5 juga tak mau kalah soal kerapatan pixel. Bentang diagonalnya paling besar, yakni 10,5 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 (288 ppi). Sama seperti produk Samsung lainnya, panel yang digunakan adalah Super AMOLED, yang unggul soal kepekatan warna hitam dan saturasi warna lainnya. Samsung turut menyertakan fitur Adaptive Display; dimana ketajaman gambar, kontras dan saturasi akan disesuaikan dengan kegiatan yang Anda lakukan bersamanya.

Performa

Performa adalah salah satu keunggulan iPad Air 2. Kombinasi hardware dan software-nya berhasil membuahkan kinerja yang mulus dalam berbagai situasi. Soal hardware, iPad Air 2 ditenagai chipset Apple A8X, dengan prosesor triple-core 1,5 GHz dan RAM 2 GB. Sebagai satu-satunya yang tak dilengkapi slot microSD, kapasitas penyimpanan iPad Air 2 hanya terbatas di angka 16, 64 atau 128 GB.

06_Xperia_Z4_Tablet_Black_Water

Di sisi lain, Xperia Z4 tablet menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 810, yang dilengkapi prosesor octa-core 64 bit dengan kecepatan 2 GHz, plus RAM berkapasitas 3 GB dan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Storage internal-nya memang terbatas di angka 32 GB saja, tetapi pengguna bisa menambatkan kartu microSD hingga 128 GB ke dalamnya.
17_Xperia_Z4_Tablet_Group

Galaxy Tab S 10.5 tampil berbeda, mengusung chipset buatan Samsung sendiri, Exynos 5 Octa 5420. Sesuai namanya, chipset ini dilengkapi prosesor octa-core dengan konfigurasi terpisah: quad-core 1,9 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1,3 GHz Cortex-A7. Menemani prosesor tersebut adalah RAM 3 GB dan OS Android 4.4.2 KitKat – update ke Lollipop tengah disebarkan – sedangkan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan ada dua, yakni 16 atau 32 GB, plus slot microSD 128 GB.

Galaxy-Tab-S-10.5_inch_Dazzling-White_6

Terkait kamera, ketiga tablet telah dibekali kamera belakang dengan resolusi 8 megapixel. Namun kamera video call di depan masing-masing berbeda: iPad Air 2 1,2 megapixel, Xperia Z4 Tablet 5,1 megapixel dan Galaxy Tab S 10.5 2,1 megapixel.

Baterai

iPad Air 2 mengemas baterai berdaya 7.340 mAh, Xperia Z4 Tablet memakai baterai 6.000 mAh, sedangkan Galaxy Tab S 10.5 mengusung baterai yang paling besar, yakni 7.900 mAh. Pun demikian, ketahanan baterai juga banyak dipengaruhi oleh seintensif apa pengguna memakainya, plus optimalisasi dari sistem operasi yang dijalankan.

Apple_IBM_Passenger-PRINT

Fitur Ekstra

Tentunya harus ada fitur unik dari masing-masing tablet. iPad Air 2 dengan bangga membawa Touch ID, pemindai sidik jari dengan akurasi yang sangat baik – Galaxy Tab S 10.5 juga punya, akan tetapi akurasinya masih belum bisa menyaingi Touch ID.

17_Xperia_Z4_Tablet_Group

Xperia Z4 Tablet memperkenalkan fitur PS4 Remote Play, dimana Anda bisa memainkan game PS4 yang di-stream melalui jaringan Wi-Fi yang sama pada tablet Anda, menggunakan controller asli milik PS4.

Untuk Galaxy Tab S 10.5, Samsung telah membekalinya dengan fitur Multi Window yang pertama diperkenalkan bersama phablet Galaxy Note. Memiliki layar paling besar, Galaxy Tab S 10.5 tampaknya paling ideal dipakai untuk multitasking, apalagi jika fitur Multi Window ini diaktifkan.

Kesimpulan

Kalau Anda sudah ‘terkunci’ di ekosistem iOS, maka tablet yang paling ideal bagi Anda mungkin adalah iPad Air 2. Kalau tidak, maka Anda bisa memilih antara Xperia Z4 Tablet atau Galaxy Tab S 10.5. Tanpa harus terkejut, keduanya dibanderol lebih terjangkau ketimbang iPad Air 2.

22_Xperia_Z4_Tablet

Di antara kedua tablet Android tersebut, mana yang harus Anda pilih? Well, gampangnya, jika Anda punya PS4 dan ingin memainkannya di mana saja di dalam rumah, Anda bisa memanfaatkan fitur PS4 Remote Play milik Xperia Z4 Tablet. Sebaliknya, jika multitasking adalah prioritas utama Anda dalam menggunakan tablet, maka Galaxy Tab S 10.5 bisa menjadi pilihan.

Lagi-lagi, di akhir cerita, kebutuhan penggunaan seperti apa yang menentukan tablet mana yang akan dipilih.

Sumber gambar: Apple, Sony dan Samsung.

0 comments