NOW READING

Kiat Memilih Gadget yang Tepat untuk Traveling

 1686
+
 1686

Kiat Memilih Gadget yang Tepat untuk Traveling

by The Daily Oktagon
  • Terdapat beberapa gadget alternatif yang tepat untuk dijadikan teman traveling.
  • Selain ringkas dengan bobot yang ringan, gadget untuk traveling juga sebaiknya multifungsi.
  • Anda hanya perlu memaksimalkan kinerja dari gadget yang dimiliki, agar tak terlalu banyak gadget yang dibawa saat traveling.

Memilih gadget yang tepat saat traveling adalah salah satu keharusan agar membuat perjalanan Anda jauh lebih efisien. Unsur fungsional dari gadget yang digunakan layak dipertimbangkan selain kemampuan teknis atau bobot fitur si gadget. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan manfaat gadget secara multifungsi, yang sebetulnya sangat pas dengan kondisi saat traveling.

Kali ini The Daily Oktagon merangkum alternatif solusi teknologi dan penjelasannya terkait alasan sederet device di bawah ini patut dipertimbangkan sebagai teman saat traveling.

Pilih Kamera Mirrorless

Kalau Anda bukan seorang fotografer profesional, tahan dulu urusan membawa kamera DSLR full frame saat traveling, dan coba untuk melirik kamera yang lebih praktis dibawa kemana-mana, seperti mirrorless. Kini sudah banyak tipe kamera mirrorless yang kualitasnya mumpuni dan bahkan setara dengan hasil jepretan DSLR yang bertubuh bongsor itu.

Anda bisa pilih dari yang harganya Rp4 jutaan seperti Pentax Q atau Fujifilm XQ2; atau yang Rp15 jutaan seperti Sony Alpha ILCE-A6300 atau Fujifilm X-T10.

Fujifilm X-T10

Kalau mau lebih praktis lagi, ada compact camera yang bisa jadi alternatif perekam momen ketika bepergian. Dengan lensa fixed, compact camera bisa lebih ringan secara bobot dibandingkan mirrorless, tapi kualitasnya tak beda jauh bahkan ada yang nyaris sama; seperti Nikon Coolpix S7000 atau Canon PowerShot D30 yang Rp2 jutaan, atau Ricoh GXR A16 yang mencapai Rp8 jutaan.

Kalau sedang mencari tripod kamera yang cocok untuk traveling, simak pilihannya di sini.

Hybrid Laptop untuk Bekerja Mobile

Salah satu elemen gadget yang juga patut dipertimbangan saat bepergian adalah soal bobotnya. Jika perjalanan ini menuntut Anda untuk tetap membawa laptop karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan misalnya, maka Anda harus benar-benar memilih device yang ultra ringan. Dengan teknologi terkini, sepertinya pilihan Anda harus jatuh ke hybrid laptop.

4a85d889-a6e1-404b-bacf-ec681e64bcfb

Pada dasarnya hybrid laptop adalah gadget yang menggabungkan ringkasnya sebuah tablet dengan efektivitas kinerja semaksimal sebuah laptop. Saat ini telah banyak beredar di pasaran hybrid laptop dengan berbagai macam merek dan juga variasi harga. Anda hanya tinggal memilih mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda saat bepergian.

Kalau Anda punya budget Rp6 jutaan, mungkin Samsung Galaxy Tab S bisa jadi pilihan. Tapi kalau budget Anda Rp3-4 juta, Lenovo Yoga Table atau Asus Transformer Pad bisa jadi pilihan Anda.

Smartwatch, Satu Gadget Beragam Fungsi

Device multifungsi memang pilihan tepat untuk dibawa bepergian. Jam tangan misalnya, daripada hanya mengenakan perangkat yang hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, Anda bisa mencoba smartwatch yang punya lebih banyak kegunaan.

smartwatch

Smartwatch bisa dioptimalkan juga untuk penunjuk arah menggunakan fitur peta yang terhubung dengan smartphone. Selain itu juga bisa dihubungkan dengan smartphone untuk melakukan beberapa task tanpa mesti membuka smartphone Anda. Dengan memanfaatkan konektivitas WiFi dari smartphone, Anda pun tetap bisa mendapatkan informasi terkini seperti cuaca dan kondisi jalanan yang membuat pengalaman traveling Anda makin lancar.

Sebagai pilihan, sebut saja misalnya, Apple Watch yang dijual dengan harga Rp6 jutaan, Motorola 360 Leather Cognag berharga sekitar Rp4,5 juta, atau Samsung Gear 2 yang dibanderol Rp3,8 juta.

Kalau tujuan traveling Anda ke pantai, simak artikel ini untuk pilihan gadget yang juga harus dibawa

Maksimalkan Fungsi Smartphone

Device yang juga wajib masuk dalam tas pelesiran Anda tentu saja, smartphone. Hanya saja, mungkin masih ada beberapa orang yang belum benar-benar memanfaatkan fungsi ponsel cerdas secara maksimal, terutama saat traveling. Karena smartphone kelas menengah yang dijual dengan harga di bawah Rp5 jutaan, sudah sangat cukup dan bisa diandalkan untuk membuat pengalaman traveling Anda makin asyik.

black-friday-smartphone-deals

Kecuali Anda bakal mencetak foto liburan seukuran papan reklame atau kertas A3, kamera smartphone sudah lebih dari oke untuk merekam momen di tengah aktivitas berlibur Anda. Bahkan para travel blogger kini sudah menggunakan kamera smartphone untuk foto atau video pendukung cerita traveling mereka.

Anda bisa menyimak tips memaksimalkan kamera smartphone untuk liburan di artikel ini

Untuk urusan kamera ini, Anda bisa mengandalkan device seperti Asus Zenfone 3, LG G5 SE, atau iPhone 6s Plus. Itu baru kamera, sementara smartphone punya kapasitas serba bisa dan beragam aplikasi di dalamnya. Mau pemutar musik? Ada. Storage tontonan streaming? Ada. Aplikasi untuk mendukung pekerjaan secara remote? Banyak.

Hal yang penting adalah Anda membuka mata dan selalu mencari informasi tentang segala sesuatu yang bisa dikerjakan hanya lewat sentuhan jari di atas layar smartphone Anda. Be a smart traveler!

0 comments