NOW READING

Kiat Membangun Komunitas Online Untuk Perkembangan Bisnis

 870
+
 870

Kiat Membangun Komunitas Online Untuk Perkembangan Bisnis

by The Daily Oktagon

Kata ‘komunitas’ sudah biasa Anda dengar dengan berbagai tema dan fungsi yang berbeda-beda. Anggotanya pun tak hanya untuk satu daerah saja, namun bisa menyebar hingga ke berbagai belahan dunia.

Jika Anda aktif di media sosial seperti Facebook atau Twitter, pasti banyak rekomendasi komunitas online yang dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan anggota dengan ketertarikan yang sama. Entah itu gamer, musisi, atau bahkan orang-orang dari suatu daerah tertentu. Tetapi, jika Anda seorang pebisnis dan ingin mengembangan bisnis, kiat-kiat berikut dapat membantu Anda membangun sebuah komunitas online untuk bisnis.

Foto: Shutterstock.com

Mengetahui minat dari calon anggota.

Untuk membangun sebuah komunitas, Anda sebaiknya lebih dulu mengetahui siapa calon anggota yang nantinya akan masuk ruang lingkup tersebut. Segmentasi bisnis seperti apa yang dijalankan harus jelas. Hal ini untuk menghindari adanya anggota yang merasa terabaikan atau berbuat tidak sopan hanya karena dia tidak bisa mengikuti arah obrolan anggota lain.

Semua anggota memiliki hak yang sama.

Anda mungkin yang membangun komunitas tersebut, tetapi bukan berarti semua kontrol ada di tangan Anda. Semua anggota yang masuk ke komunitas punya hak ikut terlibat dalam mengatur pesan yang disebarkan kepada anggota lainnya. Ingatlah tujuan utama dibentuknya komunitas, agar bisnis dari setiap anggota bisa berkembang dengan bantuan satu sama lain.

Foto: Shutterstock.com

Buat kegiatan yang mengakrabkan anggota.

Sediakan waktu untuk bertemu secara langsung dengan setiap anggota komunitas tersebut. Ajak juga pihak-pihak yang berhubungan dengan industri terkait dalam sebuah acara khusus, seperti makan siang bersama atau gathering untuk mengenal satu sama lain sekaligus mempromosikan produk Anda. Mungkin merekalah yang nantinya akan jadi klien Anda di masa depan.

Menyiapkan investasi untuk infrastruktur.

Untuk mengembangkan komunitas online, Anda memerlukan tim dan software yang sesuai. Tim dibentuk untuk mengatur jalannya komunitas, karena pada dasarnya dalam menjalankan sebuah kegiatan perlu adanya manajemen untuk mengawasinya. Karena itu, untuk mengawasi hal-hal seperti penambahan anggota pada komunitas, maka itu dibutuhkan tim dan software yang mendukung.

Foto: Shutterstock.com

Jangan terpaku pada tolok ukur tertentu.

Ada anggota yang terkadang ingin dianggap aktif dan selalu ingin menjadi perhatian banyak orang sehingga mereka pun menjadi dikenal orang. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari adanya kesenjangan antar-anggota. Setiap orang pun dapat dikenal dan mengenal sesama anggota.

Perlu diingat, meski Anda susah payah dalam melakukan networking hingga membangun sebuah komunitas, tapi orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak akan begitu saja mengingat siapa Anda atau bisnis apa yang sedang Anda tekuni. Karena itu, komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk membangun hubungan juga secara personal.

0 comments