NOW READING

Kesuksesan Bisnis Ditentukan oleh Strategi Data

 856
+
 856

Kesuksesan Bisnis Ditentukan oleh Strategi Data

by The Daily Oktagon

Foto: Shutterstock.com

Big Data merupakan salah satu strategi penting dalam dunia bisnis, karena mampu memotret dan mendeteksi kebutuhan pasar sehingga pengusaha dapat menentukan produk yang tepat untuk diproduksi.

Teknologi Big Data berfungsi menemukan motif maupun tren yang sedang berlaku di kalangan masyarakat dan membantu memprediksi kondisi pasar. Semakin besar data yang dimiliki, maka semakin akurat pula hasil yang diperoleh. Perusahaan yang menerapkan strategi Big Data terbukti dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar, memperkaya strategi bisnis, dan menghasilkan inovasi.

Konsep Big Data ini telah diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan raksasa seperti American Express, General Electric, Starbucks dan Netflix. Namun, kapasitas data yang diolah sedemikian besar hingga software aplikasi konvensional tidak sanggup menampung seluruh data yang masuk. Untuk memudahkan perusahaan-perusahaan mengelola data dengan volume besar, software framework bernama Hadoop pun dikembangkan. Framework ini menggunakan Hadoop Distributed File System (HDFS) dan MapReduce untuk menganalisis data yang diterima.

Tingginya tingkat pengguna media sosial yang dengan suka rela membagi opininya justru memudahkan proses pengumpulan data. GDI Analytic merupakan tools yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Data yang diperoleh dan dianalisis akan membentuk dan menciptakan peluang pertumbuhan baru dan kategori yang baru dari industri. Informasi mengenai produk, pelayanan, dan pandangan konsumen mengenai produk maupun market, akan menjadi acuan bagi pengusaha dalam menentukan langkah dan strategi bisnis ke depannya.

Foto: Shutterstock.com

Peka Terhadap Perkembangan Teknologi

Big Data dapat menampilkan hasil dari berbagai kategori. Salah satu contohnya adalah warna. Analisis data menemukan, bahwa tren warna 2017 adalah biru. Maka, perusahaan konveksi dapat memproduksi pakaian yang didominasi warna biru, karena sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan konsumen saat ini. Dengan kata lain, metode analisis data dapat membantu pengusaha untuk mengenal, memahami dan memprediksi perilaku konsumen pada market tertentu. Ketepatan dalam menjawab keinginan pasar otomatis akan meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, strategi bisnis juga harus turut berkembang. Para pebisnis dituntut memiliki kepekaan untuk memanfaatkan teknologi dalam menunjang bisnisnya. Bukan hanya sebagai media promosi, tetapi juga untuk mengidentifikasi pasar. Bukan zamannya lagi mengelola bisnis dengan modal nekat dan asumsi semata. Big Data tidak ubahnya seperti bola kristal, yaitu alat untuk meramalkan dan memprediksi bisnis pada masa depan. Analisis yang cangih secara substansial dapat meningkatkan pengambilan keputusan, meminimalkan risiko, dan menggali informasi berharga yang selama ini masih tersembunyi.

Sebagian besar industri di Indonesia telah menerapkan langkah ini dan terbukti mampu mengungguli perusahaan kompetitornya. Persaingan yang terjadi bukan lagi sebatas kualitas produk dan promosi, tetapi juga perang data. Menurut pakar bisnis, perusahaan lebih yang berkembang pesat adalah perusahaan yang menguasai data, karena penguasaan data merupakan modal dalam menentukan arah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

0 comments