NOW READING

Kenali Lebih Jauh Cara Membuat Foto HDR Lewat Perangkat Mobile

 5152
+
 5152

Kenali Lebih Jauh Cara Membuat Foto HDR Lewat Perangkat Mobile

by The Daily Oktagon

Ketika memotret bangunan di siang hari dengan ponsel, Anda harus memilih salah satu untuk dikorbankan, langit atau gedung. Ketika fokus pada langit, bangunan akan terlihat lebih gelap. Sebaliknya, saat fokus pada bangunan, maka langit akan terlihat pucat. Ini tidak akan terjadi apabila Anda mengaktifkan mode High Dynamic Range pada ponsel

HDR merupakan teknik untuk meningkatkan jangkauan dinamis pada hasil foto. Jangkauan dinamis sendiri merupakan rasio antara terang ke gelap. Dengan menggabungkan beberapa foto yang jangkauan dinamisnya berbeda, bayangan dan subyek yang terpapar cahaya sama-sama punya detail yang imbang. Tidak ada yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Beragam smartphone yang berdar di pasaran saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan mode HDR. Perlu diketahui, karena mode HDR memotret beberapa foto, antara dua sampai tiga foto, prosesnya membutuhkan waktu lebih lama ketimbang memotret biasa. Selain itu, ponsel harus dalam keadaan stabil dan subyek diam, atau hasilnya akan buram.

Artikel ini mengajak Anda mencoba memotret dengan hasil yang menarik, lengkap dengan pilihan aplikasi dan ponselnya. Nah, kenali lebih jauh cara membuat foto HDR lewat perangkat mobile.

Apple iPhone 6
Secara spesifikasi, kamera iPhone 6 tidak mengalami peningkatan dari iPhone 5S. Kameranya masih beresolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.2.

Regular_Image_-_iPhone_6

Penggunaan prosesor yang baru, membuat kameranya beroperasi lebih cepat. Proses mengolah foto HDR hanya membutuhkan waktu satu detik.

Sony Xperia C5 Ultra
Keunikan ponsel ini terletak pada kamera kembarnya. Kedua kamera Xperia C5 Ultra mempunyai resolusi 13 megapiksel dengan sensor Exmor RS.

Regular_Image_-_Sony_Xperia_C5_Ultra

Didesain khusus untuk selfie, kamera depannya memiliki lensa wide-angle22 milimeter. Sehingga, ini bisa menjangkau ruang lebih luas saat Anda memotret dengan mode HDR.

HTC One E9+
Ponsel ini mengusung sensor 20.7 megapiksel yang berukuran 1/2.3 inci buatan Toshiba. Sama seperti One M9, dengan lensa 27.8 milimeter f/2.2. Prosesor octa-core 2 gigahertz yang dibenamkan akan menjamin aktivitas pemotretan berjalan mulus, terutama pada mode HDR yang mengharuskan kamera mengambil beberapa foto sekali waktu.

Regular_Image_-_HTC_E6_Plus

Meskipun fungsi HDR telah menjadi fitur standar sebagian besar ponsel cerdas, hasil foto yang lebih dramatis dapat diraih menggunakan aplikasi khusus. Berikut pilihan aplikasi HDR yang layak Anda coba.

Para Pencinta Fotografi, jangan lewatkan artikel berikut, Polarr, Aplikasi Pemoles Foto yang Patut Dicoba

Pro HDR X untuk iOS, Pro HDR Camera untuk Android
Alih-alih menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel iOS atau Android, Anda cukup memotret dengan aplikasi ini saja. Pro HDR X tersedia untuk platform iOS, sedangkan Pro HDR bagi Android.

Regular_Image_-_Pro_HDR_X

Keduanya dapat memotret tiga foto dan menggabungkannya, sehingga Anda akan mendapatkan jangkauan dinamis yang maksimal. Tidak hanya itu, setelah foto diambil, ada slider untuk mengatur seberapa banyak efek HDR yang dikehendaki. Anda juga dapat mengimpor foto dari DSLR ke ponsel, lalu mengolahnya menjadi foto HDR dengan aplikasi buatan EyeApps LLC ini.

Simply HDR
Aplikasi ini dapat digunakan oleh gadget iOS dan Android. Tidak seperti Pro HDR yang dapat memotret foto baru, aplikasi Simply HDR hanya mampu mengedit dari foto yang sudah ada di library Anda. Meskipun demikian, Anda akan dibuat kagum dengan hasilnya yang terkesan profesional.

Regular_Image_-_Simply_HDR

Ada enam gaya HDR yang bisa Anda pilih plus beragam filter warna. Dengan banyaknya kombinasi yang dapat dipilih, aplikasi yang tersedia juga bisa buat Mac dan Windows dan tidak hanya dapat menciptakan foto HDR realistis, tetapi juga sureal.

vividHDR
Sebagian besar fitur pada vividHDR ini mirip dengan dua aplikasi sebelumnya. Namun ada beberapa keunggulan yang menjadi nilai jual aplikasi ini. Seperti diketahui, memotret foto HDR mengharuskan Anda memegang kamera dengan stabil. Nah, algoritma pintar pada aplikasi berfungsi layaknya fitur anti-shake pada kamera digital. Selain itu, efek ghosting yang timbul akibat memotret benda bergerak juga dapat dihilangkan. Lalu ada fitur bernama Lazy HDR yang memungkinkan Anda menyetok foto untuk dijadikan HDR, tapi mengeditnya belakangan.

Regular_Image_-_vividHDR

Dalam waktu dekat, developer aplikasi ini berencana menambahkan fitur membuat HDR dari 5 foto. Untuk sementara, vividHDR tersedia bagi perangkat berbasis iOS.

Seperti aktivitas fotografi pada umumnya, tidak ada salahnya untuk bereksperimen. Setelah menemukan cara dan aplikasi yang sesuai dengan gaya memotret Anda, HDR bisa menjadi teknik jitu untuk menghasilkan foto yang unik lewat ponsel.


Jangan lewatkan juga artikel menarik ini, Mari Mencoba Fotografi Makro

0 comments