NOW READING

Kenali Cara Terbaik untuk Dengarkan Musik Favorit

 2206
+
 2206

Kenali Cara Terbaik untuk Dengarkan Musik Favorit

by The Daily Oktagon

Kita harus berterima kasih kepada Nathaniel Baldwin. Temuannya–headphone atau earphone— berhasil membuat banyak orang menikmati musik secara lebih personal.

Di era mobile seperti sekarang, menikmati musik tak lagi jadi barang mahal. Terlebih, earphone kini hampir dimiliki semua orang yang menggunakan smartphone.

Sayangnya, tak banyak orang tahu, earphone tak sekadar perkara mendengarkan musik. Banyak usaha tertuang dari sebuah karya yang diciptakan. Coba saja Anda dengarkan musik akustik dan rock dari satu produk. Apakah terdengar sama?

Tak ingin berlarut, berikut ini ulasan sederhana dari The Daily Oktagon yang bisa jadi guideline memilih produk yang tepat di telinga. Yuk, kenali cara terbaik untuk dengarkan musik favorit.

shutterstock_340149857

Headphone atau Earphone?

Umumnya, orang cenderung mengutamakan kualitas suara yang dihasilkan. Hal ini bergantung pada istilah-istilah teknis yang sering dijumpai ketika membeli earphone. Misalnya, keseimbangan antara treble hingga bass, atau cakupan frekuensi.Baru lah mereka berangkat ke faktor lain, seperti harga dan bentuk.

shutterstock_319927430

Kemudian, Anda juga harus tahu earphone seperti apa yang diinginkan. Hal itu kembali lagi pada portabilitas dan kenyamanan. Earphone atau earbuds memiliki fisik lebih ringan dan simpel dibandingkan headphone. Namun, headphone menawarkan sejumlah fitur kompleks dan cocok bagi para pencinta musik.

shutterstock_21551365

Headphone mungkin jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghindari distorsi. Kenapa? Frekuensi suara yang ditangkap headphone lebih luas ketimbang earphone.

Apa Genre yang Ingin Didengarkan?

Eits jangan salah, maksudnya apa karakter suara yang ingin Anda dengarkan dari earphone. Ini jadi penting karena musik memiliki ragam macam genre. Ada pop, rock, jazz, blues, metal, alternatif, bahkan elektrik. Wah, masih banyak lagi.

Nah, beberapa istilah karakter suara earphone yang Anda temui ketika membeli earphone. Earphone yang tepat akan mendukung kualitas lagu yang didengarkan.

Simak juga artikel berikut, Heaphone Berkelas Terbaru untuk Para Audiophile

Sweet
Earphone yang memiliki karakter suara “sweet”, lebih menonjolkan karakter vokal sang penyanyi. Bagi kamu yang hobi mendengarkan suara-suara ‘akrobat’ Beyonce, Christina Aguilera, atau Celine Dion, earphone jenis ini pas sekali.

Bright
Beda dengan sweet, jenis earphone “bright” lebih mengoptimalkan suara musik di telinga. Treble juga lebih menonjol. Jadi, bagi kamu yang gemar mendengarkan lagu rock, metal, dan R&B bisa menjadikan ini sebagai referensi. Tak hanya genre itu saja, lagu-lagu akustik juga cocok didengarkan dengan jenis ini.

Natural
Anda suka menikmati syahdunya musik jazz ala Frank Sinatra? Atau klasik? Earphone dengan karakter “natural” akan menghasilkan suara yang lembut di telinga. Ini dikarenakan jenis earphone tersebut menonjolkan treble dan bass secara seimbang. Alhasil, suara yang didengarkan terdengar real.

Bassy
Tak lupa, jenis-jenis musik elektrik atau musik Disc Jokey (DJ) menampilkan karakter suara “bassy”. Dengan menonjolkan frekuensi rendah, namun treble masih berasa, pilihan earphone atau headphone dengan karakter suara ini bisa jadi referensi Anda.

Dari ulasan singkat di atas, berikut ini beberapa brand earphone dan headphone yang layak Anda coba.

1. Sennheiser HD 650
Harga : Mulai Rp 4 juta
Bagi Anda yang suka musik keras, seperti rock dan metal, HD 650 bisa menampilkan kualitas suara maksimal. Bahkan dengan volume tinggi sekali pun, distorsi HD 650 disebut-sebut hanya 0,05 persen.

Sennheiser HD650

2. HiFiMan HE-400
Harga : Rp 3,4 juta
Headphone HE-400 membawa kualitas jernih, jelas, dan efek bass yang memukau dengan harga yang terbilang terjangkau untuk kelasnya. Ini juga cocok untuk pencinta musik rock.

HiFi Man HE 400

3. Jaybird X2
Harga : Rp 2,4 juta
Musik adalah universal, sehingga pilihan ini tepat buat Anda yang gemar mendengarkan musik ringan atau casual listening. Atau bisa juga buat pengguna yang senang mendengarkan musik saat berolahraga.

Jaybird X2

Dengan desain minimalis, headphone wireless ini X2 cocok digunakan untuk mendengarkan lagu rock, jazz, atau hip-hop. Menariknya, X2 memiliki akurasi bass yang tinggi, jernih, dan daya tahan baterai hingga delapan jam.

4. Bose FreeStyle
Harga : Rp 1,7 juta
Tak jauh berbeda dengan Haybird X2, earphone Bose FreeStyle diperuntukkan bagi orang-orang yang pergi ke gym. Dengan kualitas mumpuni dan eye-catching, Bose FreeStyle dapat membantu Anda saat sedang workout.

Bose

5. V-Moda Crossfade M-100
Harga : Rp 1,5 juta
Penggemar musik R&B bisa menjadikan produk M-100 sebagai referensi headphone untuk mendengarkan musik beat berenergi. Selain tampilannya yang cukup ‘urban’ M-100 hadir tampil dengan kabel yang dapat disematkan pada mobile device seperti iPhone, iPod, atau iPad.

Crossfade

6. AKG K701
Harga : Mulai Rp 3,8 juta
Tak puas rasanya mendengar musik jazz atau klasik tanpa lantunan suara saxophone, piano, atau gitar bass. Nah, headphone ini menghasilkan kualitas suara apik dan jernih untuk genre musik di atas.

AKG

Setelah membaca ulasa menarik di atas, tentu Anda sudah tak sabar ingin mencoba tips serta produknya. Selamat bereksperimen!

Baca juga, Manjakan Telinga dengan Earphone Premium Pilihan Ini

0 comments