NOW READING

5 Keunggulan Apple Watch Series 5, Apa Bedanya dengan Generasi Sebelumnya?

 427
+
 427

5 Keunggulan Apple Watch Series 5, Apa Bedanya dengan Generasi Sebelumnya?

by The Daily Oktagon

Bersama iPhone 11, Apple Watch Series 5 hadir dengan beberapa fitur baru. Jam tangan Apple ini merupakan generasi penerus dari produk jam tangan pintar sebelumnya, yakni Watch Series 4.

Salah satu fitur terbaru yang ada di generasi Apple Watch series 5 adalah fitur “always on display”. Selain itu ada sejumpah fitur yang harus kamu ketahui. apakah itu?

Kelebihan Apple Watch Series 5, Apa Bedanya dengan Generasi Sebelumnya (3)

Credit: Apple.com

Baca juga: Pilih Apple Watch 4 atau Samsung Galaxy Watch ? Ini Beda Fitur dan Harganya!

Layar Always-On Retina

Layar Watch Series 5 dibekali dengan layar jenis OLED Retina. layar ini merupakan generasi kedua, yang diklaim lebih cerah dibandingkan Series 1.

Meski memiliki jenis layar yang sama, dibandingkan Watch Series 4, Watch Series 5 kini memiliki sudut bodi yang lebih rounded, rasio layar yang lebih besar, sheingga membuat Series 5 nampak lebih ergonomis dibandingkan produk pendahulunya, meskipun tidak begitu kentara.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tambahan fitur pada Watch Series 5 adalah adalah fitur Always-On Retina, yang tidak dimiliki pada generasi sebelumnya.

Dengan fitur ini pengguna tidak perlu mengangkat lengan mengetahui informasi waktu atau menyalakan layarnya. Katena layarnya tetap bisa dilihat.

Dibandingkan pada generas sebelumnya, pengguna harus mengangkat/menggerakan tangan mereka ke arah mata agar tampilan layar. Sensor gerak hanya akan berpengaruh terhadap tingkat kecerahan layarnya saja.

Desain Sama Seperti Pendahulunya

Dari sisi desain Apple Watch Series 5 sejatinya tidak jauh berbeda dengan generasi pendahulunya.

Memiliki ketebalan sekitar 11.4mm dengan bodi kotak solid. Jam tangan pintar terbaru dri Apple Watch ini memiliki tombol fisiknya berupa Digital Crown dan tombol lainnya di sisi kanan serta speaker dan mikrofon di sisi kiri.

Seperti pada Series 4, Digital Crown pada pada Watch Series 5 kini memiliki sensor elektrik detak jantung di dalamnya yang merupakan tambahan dari sensor optikal detak jantung pada bagian bawah bodi.

Bedanya antara model GPS dan Cellular terdapat pada aksen merah di Digital Crown-nya. Selain itu ada sensor monitor detak jantung terdapat pada bagian bawah bodi bersamaan dengan tombol untuk melepas strap.

Credit: Apple.com

Baca juga: Pod Case, Casing yang Bisa Ubah Apple Watch Jadi iPod

Varian Tidak Jauh Berbeda

Apple Watch menggunakan tiga material berbeda seperti alumunium, stainless steel, dan material khusus seperti emas yang hadir dalam dua pilihan ukuran (38mm dan 42mm).

Di Watch Series 5 ini kini memliki material titanium yang pernah digunakan pada Series 3, padahal material ini dihentikan pada Series 4.

Untuk dimensi ukuran, Series 5 sama seperti Series 4, yakni memiliki lebih banyak varian dengan hadirnya ukuran 40mm dan 44mm.

Variasi case dan strap pada Series 5 memiliki varian case Space Grey alumunium Nike+ dengan strap Anthracite dan Black Nike Sport Band.

Selain itu Apple juga menghadirkan tiga pilihan warna alumunium dan sembilan Sport Band. Ada juga pilihan case berbahan stainless steel (tiga pilihan warna) dan pilihan strap mulai dari Sport Loop, Milanese Loop, dan Leather Loop.

Menggunakan Prosesor W3

Ketiga seri ini menggunakan chip prosesor yang berbeda. Series 3 menggunakan prosesor dual core yang disebut dengan W2,

Series 5 menggunakan prosesor yang sama dengan watch series 4 yakni prosesor W3. Prosesor W3 ini diklaim lebih cepat dua kali dibandingkan dengan W2, yang pernah dipakai oleh penahulunya. Proseso ini memiliki fitur seperti barometric altimeter, GPS terintegerasi, dan sensor optik detak jantung.

Series 5 dilengkapi dengan beberapa fitur pembaruan yang lebih baik. Fitur tersebut adalah ECG (electrocardiogram). Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan tes medis ECG berupa perekaman detak dan ritme jantung dengan menggunakan sensor elektrik detak jantung.

Di Watch Series 5 ada tambahan fitur seperti ECG yang telah disebutkan di atas dan fitur fall detection.

Credit: Apple.com

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Fitur Canggih dan Harga Apple Watch 4

Software Terbaru Apple Watch Series 5

Dasi sisi software, Watch Series 5, Apple juga akan memperkenalkan sistem operasi terbaru yakni WatchOS 6. Sistem operasi ini dikhususkan untuk wearable device milik Apple yang rencananya akan diterapkan pada Apple generasi sebelum-sebelumnya.

Watch Series 5 juga hadir dengan teknologi terbaru yang cukup signifikan dari sisi pengalaman atau pun fiturnya.

Dengan segala fitur yang dimilikinya, Watch 5 memang sedikit berbeda dengan produk pendahulunya Watch Series 4, walaupun tidak secara signifikan.

0 comments