NOW READING

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Lebaran Dengan Bantuan Gadget

 1403
+
 1403

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Lebaran Dengan Bantuan Gadget

by The Daily Oktagon

Saat Lebaran, banyak sekali orang-orang yang kembali ke daerah asal masing-masing untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat.

Bagi Anda yang tidak melakukan perjalanan tersebut, gawai-gawai tertentu bisa membantu dalam membuat kegiatan yang berkesan untuk keluarga. Bakat yang Anda miliki juga dapat digali lebih dalam karena adanya waktu senggang yang cukup banyak pada masa liburan.

 

Foto: Shutterstock.com

Quality Time dengan Keluarga

Ketika semua anggota keluarga berkumpul, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di rumah adalah menonton film atau program favorit keluarga. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan eratnya hubungan keluarga. Apalagi menggunakan televisi dengan definisi tinggi, gambar yang ditayangkan akan lebih berkesan bagi keluarga. Apple TV misalnya, karena didalamnya sudah ter-install aplikasi-aplikasi untuk menonton program yang menarik seperti Netflix dan Hulu.

Selain menonton, Anda juga bisa bermain game dengan anak-anak. Komunikasi dengan anak bisa terjalin dengan bermain bersama. Selain itu, game seperti tebak kata, Scrabble, dan lain lain akan meningkatkan kekompakan antar orang tua dan anak. Nilai edukasi juga akan didapatkan oleh anak dari game seperti Play Station, XboX dan Nintendo Switch karena lebih interaktif. Tapi perlu diingat, orang tua harus mendampingi dan menjelaskan apabila ada sesuatu yang tidak pantas untuk dilihat oleh mereka.

Ingin berkomunikasi dengan sanak saudara yang lokasinya terpisah jauh? Alangkah baiknya menggunakan alat telekomunikasi dan aplikasi dari smartphone. Bersilaturahmilah dengan keluarga yang jauh menggunakan Skype atau aplikasi penghubung lainnya. Hadirnya aplikasi tersebut dapat membantu Anda menjaga komunikasi dengan keluarga terkasih.

 

Foto: Shutterstock.com

Berekreasi ke Lokasi Sekitar

Saat libur lebaran biasanya kota-kota besar menjadi lebih ramah untuk dikunjungi karena sebagian orang sudah kembali ke kota asalnya masing-masing. Saatnya Anda mencari lokasi-lokasi baru untuk liburan di sekitar Anda. Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mengetahui tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Anda juga dapat mencari referensi tempat lainnya seperti restoran baru atau objek wisata yang dekat dengan rumah. Sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa mengajukan tempat-tempat menyenangkan untuk dikunjungi, seperti Google Trips yang terintegrasi dengan Google Maps. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat baru untuk dieksplorasi.

Telusuri Hobi

Selain berekreasi, Anda dapat mengasah keahlian dengan melakukan hobi. Penyukai fotografi dapat menggunakan gadget untuk mengambil foto dengan angle-angle baru. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan Anda sekaligus menyegarkan pikiran.

Pilihlah gambar yang menarik, kemudian edit-lah gambar tersebut dengan menggunakan software yang ada pada laptop, seperti Fotor untuk MacBook. Menyunting foto yang didapatkan dapat melatih kelihaian Anda untuk meningkatkan kualitas gambar. Jika tidak memiliki software untuk meng-edit gambar tersebut, gunakan aplikasi penyunting gambar yang banyak tersedia di application store untuk smartphone, misalnya PhotoShop Express, LINE Camera, dan VSCO. 

 

Foto: Shutterstock.com

Jika Anda suka memasak, mencoba masakan baru untuk keluarga tercinta bisa menjadi kegiatan alternatif. Aplikasi seperti Yum, Tastemade, dan Cookpad bisa digunakan untuk mencoba resep-resep makanan yang belum pernah Anda coba. Anda juga bisa melibatkan keluarga dalam kegiatan ini, sehingga komunikasi antar keluarga akan berjalan semakin baik.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga saat Lebaran. Walaupun sederhana, yang terpenting adalah kebersamaan dengan keluarga sehingga momen Lebaran bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan.

0 comments