NOW READING

Kamera Mirrorless Terbaik untuk Video Saat Ini

 507
+
 507

Kamera Mirrorless Terbaik untuk Video Saat Ini

by The Daily Oktagon
  • Sejak awal kemunculannya, kamera mirrorless menyita perhatian semua kalangan dengan inovasi teknologi yang diusungnya.
  • Saat ini kamera mirrorless sudah sangat layak diandalkan untuk merekam gambar bergerak berkat beragam inovasi video yang digunakannya.
  • Berkat bobotnya ringan, kamera mirrorless dapat menjadi pesaing yang serius di dunia kamera video saat ini.

Inovasi kamera mirrorless hadir dengan segala macam kelebihannya, seperti bodinya yang handy dan juga bobot yang tergolong ringan dibandingkan kamera DSLR. Sejak kehadirannya beberapa tahun yang lalu kamera mirrorless ini menjadi primadona bagi para fotografer yang membutuhkan kamera powerfull, tapi tetap ringan untuk dibawa kemana-mana.

Seiring perkembangan teknologi kamera mirrorless itu sendiri, saat ini kamera jenis ini tak hanya menjadi idola di kalangan fotografer. Para videografer pun sekarang sudah melirik mirrorless karena kemampuannya yang sudah mumpuni untuk diandalkan merekam video. Bobotnya ringan memudahkan para videografer untuk bergerak tanpa gangguan berarti saat merekam video.

Berikut ini The Daily Oktagon mengumpulkan kamera-kamera mirrorless terbaik yang bisa diandalkan untuk merekam gambar bergerak.

FUJIFILM X-T2

Sejak pertama kali Fuji memperkenalkan lini mirrorless, mereka dianggap menjadi salah satu yang terbaik untuk menangkap gambar, tapi tidak untuk merekam gambar bergerak. Namun, lewat Fujifilm X-T2 mereka mematahkan anggapan tersebut.

(Photo: Kārlis Dambrāns)

X-T2 hadir untuk menjawab kebutuhan para videografer akan sebuah fitur penting untuk merekam video yang belum terlalu banyak pilihannya, yaitu kemampuan untuk merekam video 4K. Selain itu, keunggulan lainnya adalah Fuji menanamkan Log profile pada kamera ini (sangat jarang ditemukan di kamera sejenis lainnya) yang membuat gambar terlihat sangat realistis.

Aset besar lainnya adalah Fujifilm X-T2 dipasangkan dengan sensor Super 35mm (APS-C). Setiap ukuran sensor memang memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, sensor 35mm ini terbilang sempurna dan serba guna untuk beradaptasi dengan lensa dan juga dapat menghasilkan depth of field yang baik dan memiliki bidang tampilan yang setara dengan kamera film sungguhan. Kamera ini dijual seharga 23 jutaan (body only).

Simak ulasan DSLR terbaru Nikon D7500 di sini.

Panasonic Lumix GH5

Seri GH dari Panasonic telah memiliki nama besar sejak seri GH2 dirilis dan menjadi fenomena di kalangan penggiat film indie. Lewat GH5, Panasonic seolah tak ingin kehilangan predikat tersebut dengan menciptakan inovasi-inovasi terbaru pada kamera flagship-nya ini.

Tak seperti kamera DSLR/mirrorless lainnya, GH5 sudah memiliki kemampuan untuk merekam video 4K pada 60 frame per second. Sebuah spesifikasi yang sangat jarang atau mungkin belum ada di pasaran saat ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kemampuan hebat dari GH5 lainnya adalah kemampuan untuk perekaman internal 10 bit pada mode 4K (30 fps) dan juga mode foto berkualitas 6K. Kedua spesifikasi ini menjadi pencapaian yang sangat penting bagi mereka ataupun dunia videografi saat ini.

Untuk urusan sensor, Panasonic Lumix GH5 seharga 26 jutaan ini masih mengandalkan sensor yang digunakan oleh pendahulunya, yaitu Micro Four Thirds. Sensor MFT ini memang sangat baik digunakan berkat kemampuan adaptasinya untuk dipasangkan dengan lensa apa pun.

Olympus E-M5 MARK II

Kamera mirrorless yang satu ini memiliki jeroan yang hampir mirip dengan dua kamera yang telah dibahas sebelumnya. Namun, keunggulan lainnya yang membedakan adalah E-M5 memiliki lima axis-image stabilization yang memungkinkan penggunanya untuk merekam steady video meskipun sedang berjalan-jalan.

Kualitas warna Olympus E-M5 Mark II relatif mengagumkan dengan warna yang atraktif dan merupakan salah satu kamera yang memiliki auto white balance terbaik. Fitur ini dapat secara otomatis menghilangkan tampilan warna keoranyean saat syuting di dalam ruangan.

Bodi kamera seharga 23 jutaanini pun dirancang sedemikian rupa sehingga bisa tahan percikan air sehingga kamera ini dapat diandalkan untuk digunakan dalam kondisi cuaca apa pun.

Rekam video pakai smartphone? Sony Xperia XZs ini bisa jadi pilihan.

Sony Alpha a7S MARK II

Kurang lengkap rasanya jika tidak memasukan mirrorless yang satu ini di dalam daftar ini. Sejak kehadirannya, a7S langsung memikat hati para perekam gambar di luar sana.

Keunggulan yang berbeda dari kompetitornya adalah a7S disebut sebagai kamera mirrorless terbaik untuk digunakan dalam kondisi pencahayaan yang minim. Kemampuan datang berkat fitur sensor Exmor CMOS yang memiliki sensitivitas tinggi dan rentang ISO yang luas.

Kemampuan merekam gambar dalam kondisi cahaya minim ini pun semakin dipertegas dengan kemampuan fokus otomatis yang cepat dan presisi.

Kecepatannya pun diklaim dua kali lebih cepat dari seri Alpha 7S sebelumnya. Kamera yang dibanderol Rp41,9 jutaan ini juga dapat merekam video beresolusi 4K (QFHD) secara utuh dalam ukuran full frame dengan gambar yang terlihat natural dan rendah noise.

Berkat kemajuan teknologi, kamera mirrorless sudah terbilang sangat mumpuni untuk diandalkan dalam merekam sebuah gambar bergerak. Hal ini tentunya memudahkan para pengguna, khususnya para pekerja profesional untuk melakukan tugasnya karena bobot kamera yang lebih ringan dari pada kamera-kamera video sebelumnya.

Mari kita nantikan akan sejauh mana kamera mirrorless ini berbicara di ranah videografi.

Mirrorless juga jadi andalan presenter Putri Marino. Intip kisahnya yuk di sini.

0 comments