NOW READING

Jumlah Subscriber YouTube Akan Dikecilkan, Ini Alasannya!

 262
+
 262

Jumlah Subscriber YouTube Akan Dikecilkan, Ini Alasannya!

by The Daily Oktagon

Bagi para YouTuber, jumlah subscriber menjadi salah satu faktor penting dari akun YouTube yang dimilikinya. Semakin banyak jumlah subscriber YouTube menandakan banyak netizen yang menyukai akun dari YouTuber. Saat ini jumlah subscriber di akun YouTube sudah mencapai jutaan. Bahkan akun YouTube PewDiePie sudah mencapai 100 juta subscriber, dan menjadikannya YouTuber dengan jumlah subscriber terbanyak. Namun Google selaku pemiliki YouTube berencana akan  mengecilkan akan lebih tepatnya disederhanakan.

Google sudah mengumumkan akan menyembunyikan rincian jumlah ” subscriber” pada akun YouTube. Alasannya lantaran Google ingin melakukan penyeragaman tampilan format penulisan jumlah subscriber YouTube di berbagai wilayah.

Baca juga : Tips Bikin Video YouTube Keren Pakai Samsung Galaxy S10

Seperti diketahui, penulisan jumlah subscriber YouTube bisa berbeda pada tampilan di PC/Laptop dan di perangkat mobile seperti smartphone.  Sebagian pengguna bisa melihat dua format penulisan angka jumlah subscriber yang berbeda. Ada yang ditulis secara detil, seperti  “1.234.567 subscriber”. Tapi ada juga yang ditulis dengan angka yang disingkat, dengan penulisan sepertu “1,23M subscriber”.

Format penulisan angka jumlah subscriber YouTube ini berlaku untuk akun yang memiliki jumlah subscriber lebih dari tiga digit, atau lebih dari 1.000 subscriber. Jadi ketika jumlah subscriber suatu akun lebih dari 999, maka penulisan format angkanya akan disingkat menjadi maksimal tiga digit.

Misalnya, jika sebuah akun memiliki 2.199 subscriber maka tampilan angka dari jumlah subcscriber tersebut akan ditampilkan menjadi 2.19K. Hal ini juga berlaku pada akun dengan jumlah subscriber yang lebih besar lagi, misalnya lebih dari 10 juta. Contohnya pada akun yang memiliki jumlah subscriber 123.456.789, mala tampilan angka tersebut akan disingkat menjadi 123M.

Baca juga : 7 Smartphone Terbaru Yang Bisa Diandalkan Bikin Vlog YouTube

Pemberlakuan aturan soal tampilan jumlah subscriber yang dimampatkan ini sebenarnya hanya untuk tampilan di luar, alias disembunyikan dari publik. Si pemilik akun YoTube tetap bisa melihat rincian detil dari jumlah subscriber sebenarnya saat login ke akunnya , tepatnya pada tampilan YouTube Studio.

“Selain ingin tujuan konsistensi, penyingkatan ini untuk mengatasi kekhawatiran para konten kreator, khususnya untuk pelacakan jumlah subscriber secara real-time,” tulis pihak YouTube dalam blog resminya.

0 comments