NOW READING

Jaket Pintar nan Canggih Teknologi ala Google dan Levi’s

 1280
+
 1280

Jaket Pintar nan Canggih Teknologi ala Google dan Levi’s

by The Daily Oktagon
  • Google dan Levi’s membuat sebuah proyek kerjasama yang menggabungkan teknologi dengan fesyen.
  • Project Jaquard ini menghadirkan jaket denim pintar dan canggih.
  • Jaket pintar tersebut dibuat untuk bisa menggantikan tugas ponsel dan jam pintar hanya dengan mengusap bahan jaket saja.

Teknologi dan fesyen menjadi dua hal yang terus berkembang tanpa henti. Terbukti dengan kerjasama Google dan Levi’s melalui proyek Jacquard.

Produk ini adalah jaket berbahan denim khas Levi’s yang secara esensi memiliki kesetaraan dengan layar sentuh di ponsel atau jam pintar. Desain yang dinamis memberikan tampilan kasual namun santai pada penggunanya. Anda penasaran dengan kecanggihannya? Mari simak ulasannya berikut ini.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Cara Kerja Produk Proyek Jacquard

Jika teknologi digabungkan dengan fesyen seperti pakaian, biasanya tidak akan jauh dari penambahan berbagai fitur, katakanlah untuk mendeteksi denyut jantung atau pergerakan tubuh saat olahraga. Namun produk ini mematahkan prinsip tersebut. Levi Strauss bersedia untuk bekerjasama dengan Google menghadirkan sebuah pakaian yang diimplementasikan dengan teknologi terkini. Sebenarnya bahan bisa dari katun, poliester, bahkan kain sutra, tetapi setelah beragam uji coba yang dilakukan, bahan yang paling cocok adalah denim. Bahan denim ini ditambahkan dengan benang konduktif yang mampu mengeluarkan aliran listrik serta klip yang menangkap sensor ponsel pintar.

Pakaian yang disebut ‘Commuter Jacket’ ini memiliki tingkat sensitif yang cukup tinggi di bagian lengan. Pengguna hanya perlu menggeser jari pada bahan pakaian untuk menerima telepon. Headset yang terpasang pada telinga juga dapat memberitahu rute tempat yang dituju, serta mengganti lagu di daftar main musik pengguna. Nantinya desainer juga dapat menambahkan lampu LED atau alat getar, dan perangkat lainnya untuk melengkapi. Tentu disesuaikan kembali dengan keinginan pengguna sehingga produk ini bisa disukai publik.

Pilihan smartwatch dari brand terkenal berikut ini akan menambah gaya modis Anda.

Foto: Shutterstock.com

Fitur di Dalam Jaket Canggih

Bagi penyuka kegiatan luar ruangan seperti bersepeda, produk ini sangat berguna untuk Anda. Hanya dengan memakai jaket ini, pengguna bisa mendapatkan arahan rute suatu tempat melalui headset. Musik yang sedang didengarkan juga bisa diganti-ganti sesuai selera. Hal-hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan menyentuh dan menggeser jaket saja.

Selain itu, pengguna juga dapat menerima atau menolak telepon yang masuk hanya dengan mengarahkan tangan pada sensor. Hanya perlu menggerakan tangan ke atas atau ke bawah, telepon bisa langsung diterima atau tolak. Nama penelepon juga disebutkan melalui headset tersebut. Produk ini terintegrasi pada aplikasi Google Maps, Google Play, Spotify hingga Strava.

 

Foto: Shutterstock.com

 

Perilisan dan Masa Depan Produk

Jaket ini telah dirilis pada SXSW 2017, Maret lalu yang dijual seharga $350 atau setara dengan Rp 4,6 jutaan. Meski terbilang cukup menguras dompet, dipastikan akan sebanding dengan manfaat yang didapat pengguna. Tidak perlu setiap saat memegang ponsel saat berkendara seperti sepeda, cukup menggunakan ‘Commuter Jacket’, rute perjalanan, musik, hingga telepon bisa dinikmati dan dilakukan hanya dengan headset.

Proyek Jacquard ini masih dikembangkan Google maupun Levi Strauss untuk penambahan komponen. Seperti layar LED untuk menerima, membaca dan mengetik sebuah pesan untuk orang lain. Kebutuhan seperti bisnis, olahraga, hingga hiburan juga akan ditambahkan untuk melengkapi kecanggihan produk ini. Kita tunggu saja fitur canggih apa lagi yang akan dikembangkan kedua perusahaan besar yang berbeda platform namun mampu menghasilkan produk inovatif ini.

Benarkah ada perangkat yang bisa menggantikan fungsi smartphone? Simak ulasannya di sini.

0 comments