NOW READING

Jakarta Siaga Banjir, Pantau dengan Aplikasi Ini

 863
+
 863

Jakarta Siaga Banjir, Pantau dengan Aplikasi Ini

by The Daily Oktagon
  • Memasuki musim hujan, bencana banjir kembali mengancam ibu kota Jakarta.
  • Untuk memantau banjir, telah tersedia aplikasi yang dihadirkan oleh Pemprov DKI Jakarta.
  • Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapat informasi ketinggian air di setiap pintu air dan data pompa yang berfungsi.

Jakarta siaga banjir, puncak musim hujan telah tiba dan kembali mengancam ibu kota.

Memasuki puncak musim hujan, Januari – Februari 2018, ibu kota Jakarta siaga banjir lagi. Hal ini dikarenakan curah hujan yang terus meningkat sejak beberapa hari belakangan dan air sungai Ciliwung dari Bogor, Jawa Barat, sudah berada di level yang tinggi.

Baca juga: 6 Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi Terbaik untuk Smartphone Android dan iPhone

Jakarta Siaga Banjir

Ikuti Informasi Jakarta Siaga Banjir dengan Aplikasi Pantau Banjir

Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi masalah ini. Salah satunya yaitu dengan membuat aplikasi smartphone bernama Pantau Banjir.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai situasi ketinggian air sungai terkini. Informasi yang ada pada aplikasi ini sangat lengkap, mulai dari informasi ketinggian di setiap pintu air dan pos pengamatan, hingga data pompa yang berfungsi maupun yang tidak bisa digunakan.

Ringan dan Mudah Digunakan

Aplikasi Pantau Banjir tidak banyak memakan ruang penyimpanan. Saat di download, file aplikasi ini hanya berukuran sekitar 6 megabyte (MB). Dan setelah di-install di smartphone, aplikasi ini mengambil penyimpanan sekitar 12 MB. Cukup ringan, dan memungkinkan digunakan di ponsel low-end dengan spesifiakasi pas-pasan.

Aplikasi ini mudah untuk digunakan, bahkan oleh orang awam. Karena di dalamnya hanya tersedia beberapa menu saja, yaitu Report, Pintu Air, Pos Pengamatan, dan Pompar Air.

Baca juga: Ini Cara Gunakan Instagram Tanpa Install Aplikasi

Jakarta Siaga Banjir

Data Terkini yang Terus Diperbarui

Data pada aplikasi ini terus diperbarui dan tentunya akurat. Menu Report akan menampilkan informasi mengenai ketinggian genangan air di setiap kelurahan yang ada di Jakarta, terutama daerah yang rawan banjir, seperti Bidara Cina, Cipinang Melayu dan beberapa kelurahan lain di Jakarta Timur.

Pada pilihan menu Pintu Air, kamu akan disuguhkan informasi yang cukup lengkap. Informasi yang ditampilkan berupa letak pintu air di setiap daerah di Jakarta, beserta jenis aliran, dan kondisinya secara real time. Semakin berbahaya kondisi pintu air, maka indikatornya akan berwarna merah alias Siaga 1.

Sementara pada menu Pos Pengamatan, kamu bisa mengetahui kondisi ketinggian air terkini di setiap bendungan, seperti Pos Depok, Pos Pesanggrahan, bahkan hingga Bendung Katulampa. Dengan begini, kamu dapat memperkirakan kapan bencana banjir akan terjadi dan mengambil langkah tepat untuk menghindarinya.

Selain itu, menu Pompa Air pada aplikasi ini menampilkan berapa banyak pompa air yang bisa berfungsi untuk membantu mengurangi genangan jika banjir terjadi.

Baca juga: Malas Menulis? Aplikasi Ini Bisa Mengubah Gambar Jadi Teks

Jakarta Siaga Banjir

Dengan aplikasi Pantau Banjir, meski Jakara siaga banjir, kamu bisa lebih mempersiapkan diri jika daerah tempat tinggal kamu tingkat ketinggian air sudah membahayakan. Sehingga kamu bisa lebih dulu menyelamatkan barang-barang berharga dan memberitahu keluarga untuk berpindah sementara ke tempat yang lebih aman.

Aplikasi Pantau Banjir bisa kamu unduh secara gratis di Google Play. Aplikasi ini kompatibel dengan smartphone maupun tablet Android yang menjalankan sistem operasi versi Ice Cream Sandwich 4.0.3 atau di atasnya.

0 comments