NOW READING

Jaga Komunikasi Keluarga Nun Jauh dengan Aplikasi Terkini

 1144
+
 1144

Jaga Komunikasi Keluarga Nun Jauh dengan Aplikasi Terkini

by The Daily Oktagon

Menjadi perantau demi mencapai kesuksesan, harus rela meninggalkan keluarga tercinta di kampung halaman. Namun jarak tak lagi menjadi masalah dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi terkini pada smartphone seperti Samsung Galaxy S7 Edge.

Foto: Shutterstock.com

FamilyInSafe

Aplikasi sederhana ini memudahkan pengguna untuk berkomunikasi hanya untuk keluarga dalam satu aplikasi. Terdapat ruang obrol atau chatroom yang bisa digunakan bersama, sekaligus memiliki fitur peta lokasi pengguna berada. Jadi, setiap orang yang ada di ruang obrol akan tahu di mana posisi Anda saat itu juga. Fitur ini tidak akan mengganggu jika digunakan bijak oleh semua anggota keluarga. Mode location-sharing ini pun bisa dinyalakan atau dimatikan sesuai dengan keinginan. Sebagai tambahan, aplikasi ini memiliki fitur berbagi task list. Fitur ini akan memberikan ijin setiap anggota untuk melihat hingga menambahkan tugas-tugas rumah yang bisa dikerjakan bersama.

Prevoo

Berbicara mengenai keluarga, sifat saling menghargai dan memahami sangat dibutuhkan satu sama lain. Begitu juga dengan kesibukan masing-masing anggota keluarga, kita tidak bisa mengganggu sembarangan. Prevoo akan menunjukkan apakah seseorang sudah bisa dihubungi atau belum. Menelepon seseorang pada saat yang tepat dapat membuat orang tersebut merasa dihargai. Suasana canggung karena miskomunikasi akan berkurang dengan penggunaan aplikasi ini.

Cozi

Jurnal dapat membuat proses perencanaan atau evaluasi kegiatan harian menjadi lebih mudah. Cozi adalah aplikasi yang dapat membantu agar anggota keluarga yang lain dapat melihat rencana atau jadwal kegiatan tertentu. Setiap tanggal diberi label warna tersendiri untuk satu orang, sehingga terlihat kesibukan masing-masing. Terintegrasi pada Outlook, aplikasi ini memudahkan arus komunikasi antar-anggota. Kemudian, pengingat berupa notifikasi akan muncul pada hari-H, baik berupa surel maupun SMS.

Keepy

Untuk menghargai hasil karya buah hati, Keepy hadir dengan fitur berbagi foto dan video. Seorang ayah atau ibu dapat mengunggah hasil karya berupa kerajinan tangan atau gambar dari anak mereka pada aplikasi ini. Kemudian, setiap anggota keluarga lainnya yang menggunakan aplikasi ini pun akan menerima notifikasi mengenai post tersebut. Sebagai balasan, mereka dapat mengirim video untuk memuji hasil karya. Anak pun akan merasa dihargai dengan berbagai komentar positif dari orang terdekatnya.

Foto: Shutterstock.com

Two Happy Homes

Mengatur berbagai kegiatan baik untuk anak maupun diri sendiri memang terasa sulit. Two Happy Homes membuat pengaturan kegiatan keluarga jadi lebih mudah. Orangtua dapat membuat kalender bersama, membuat daftar kontak, juga  mengirim catatan pribadi. Setiap informasi kesehatan, dokumen dan gambar dapat dilihat oleh setiap anggota keluarga. Aplikasi ini juga memberikan fitur track and pay untuk setiap pengeluaran secara online.

Red Stamps

Zaman dahulu, orang lebih senang untuk mencetak foto dan mengirimnya sebagai post card kepada orang tercinta. Jika Anda ingin bernostalgia, gunakan Red Stamp untuk mengirim surat. Aplikasi akan meminta pengguna untuk mengunggah foto, lalu memberikan berbagai model tulisan. Bisa berbentuk undangan, ucapan terima kasih, dan hal lainnya yang ingin Anda cantumkan pada surat. Pengiriman dapat dipilih dalam bentuk virtual, atau dikirim oleh Red Stamp dengan mencantumkan alamat penerima.

Real Times

Real Times, merupakan aplikasi sempurna untuk up-to-date keseharian dari setiap anggota keluarga. Setiap stories yang dibuat oleh pengguna berasal dari foto dan video yang tersimpan di ponsel. Pengguna bisa mengedit musik latar, efek, caption, dan stiker untuk membuat video semakin menarik. Hasil video akan terlihat seperti buatan profesional dan siap dibagikan kepada anggota keluarga lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan melalui Android, iOS, juga komputer mana pun. Setiap keluarga tetap bisa merasakan momen bahagia dan terasa dekat, meskipun berada jauh dari kampung halaman.

Katanya era digital mampu membawa yang jauh terasa dekat. Hal ini pun bisa kita lakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi tersebut, untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga. Meskipun mereka tinggal jauh dari tempat kita berada, namun kedekatan yang terasa antar-anggota tetap terjaga sampai kapan pun.

0 comments