NOW READING

iPhone X Ternyata ‘Meniru’ Desain Ponsel Jadul Motorola Moto

 1585
+
 1585

iPhone X Ternyata ‘Meniru’ Desain Ponsel Jadul Motorola Moto

by The Daily Oktagon
  • Jauh sebelum Apple merilis iPhone X, ponsel Motorola Moto telah lebih dulu ada dengan ‘poni’ serupa di bagian atas.
  • Bernama Motofone F3, feature phone ini punya desain yang anti-mainstream.
  • Namun, tentunya fitur pada ponsel jadul ini tidak secanggih iPhone X, karena eksis di zaman yang berbeda.

Jauh sebelum Apple merilis iPhone X, ponsel Motorola Moto telah lebih dulu hadir dengan mengusung desain notch alias ‘poni’ serupa.

Sejak iPhone X dirilis Apple pada September 2017 lalu, satu per satu smartphone lain meniru desain bezel-less dengan bingkai tersisa seperti poni di bagian atas. Sebut saja Asus Zenfone 5, Huawei P20, Ulefone X, Leagoo S9 hingga Vivo V9.

Baca juga: iPhone X Terlalu Mahal? Ini 4 Smartphone Bezel-less yang Lebih Murah

Motorola Moto

Namun, jika melihat lagi ke belakang, sebenarnya tampilan semacam ini sudah pernah diusung oleh salah satu ponsel Motorola, yakni Motofone F3, yang dirilis pada Juni 2006 atau 11 tahun sebelum iPhone X muncul dan terkenal seperti sekarang.

Dilihat dari tampilannya, Motorola Motofone F3 memiliki notch mirip iPhone X, namun di sisinya menampilkan informasi yang berbeda. Di sisi kanan dan kiri feature phone ini hanya bisa menampilkan status baterai dan sinyal. Sementara iPhone X menyuguhkan baterai, koneksi wireless, sinyal seluler dan jam.

Baca juga: 7 Tip dan Trik Tersembunyi di iPhone X

Motorola Moto

Foto: Motorola

Soal fitur, iPhone X besutan Apple tentu jauh lebih canggih daripada Motofone F3, karena eksis di zaman yang berbeda. Ponsel Motorola ini hanya punya layar monokrom serta fungsi menelepon dan pesan saja. Tampilannya pun unik, karena mirip kalkulator dan tulisan di dalamnya memiliki ukuran yang besar.

Meski minim fitur, Motorola Motofone F3 punya desain yang ringkas dan tipis, sehingga sangat nyaman ketika kita menggenggamnya berlama-lama. Selain itu, ponsel jadul ini pun memiliki keypad fisik yang empuk dan memudahkan dalam mengetik pesan, serta dibekali baterai awet yang membuatnya bisa stand by dalam waktu 300 jam alias 24 hari.

Baca juga: Turun Rp 1,2 Juta, Ini Harga Motorola Moto Z Play Terbaru dan Keunggulannya

Motorola Moto

Foto: mumot.cz

Mengenai harganya, ketika masih eksis di zamannya, Motorola Motofone F3 ditawarkan dengan harga murah yakni sekitar Rp 300 ribu. Bandingkan dengan iPhone X yang harga jualnya paling murah sebesar Rp 18 juta atau 60 kali lipat lebih mahal dibandingkan Motorola Moto jadul tersebut.

0 comments