NOW READING

iPhone X, si Mewah yang Super Mahal

 1168
+
 1168

iPhone X, si Mewah yang Super Mahal

by The Daily Oktagon
  • iPhone X saat ini menjadi smartphone andalan tertinggi dari Apple untuk melawan dominasi smartphone Android
  • Apple merancang iPhone X dengan perubahan vital pada desain, yakni layar bezel-less tanpa tombol home fisik
  • Saat ini iPhone X tercatat sebagai smartphone dengan performa terkencang sekaligus banderol termahal

Bicara smartphone flagship, bisa jadi iPhone X lah yang menguasai pamor dan paling banyak menyita perhatian. Meski pun mendapat perlawanan ketat dari Samsung, Google, LG, dan Huawei, tetap saja popularitas iPhone X sulit tergusur.

iPhone X sendiri sudah resmi dijual sejak minggu pertama November 2017 di Singapura. Kabar baiknya, Indonesia juga bakal kedatangan iPhone X secara resmi meski belum bisa dipastikan tanggal pastinya. Namun, Oktagon telah membuka sesi pre-order untuk produk flagship terbaru dari Apple ini.

Nah, buat Anda yang saat ini sedang menabung dalam rangka mengincar iPhone X, ada baiknya menyimak artikel satu ini. Ya, The Daily Oktagon jadi salah satu yang beruntung bisa mencicipi smartphone seharga belasan juta ini.

Kotak dan Isi yang Sama

Jangan dulu berekspektasi lebih dengan packaging iPhone X. Meski dibanderol mencapai US$ 1.000, nyatanya tidak membuat Apple menganakemaskan desain boks iPhone X. Ya, jadi Anda bakal menerima boks yang sama seperti iPhone-iPhone generasi sebelumnya yang lebih murah.

smartphone

Bahkan hal ini juga berlaku untuk isi paket penjualannya. Lagi-lagi isinya tak ada perubahan. Dimulai dari beberapa helai kertas panduan (quick guide), dua stiker Apple, SIM ejector, kabel data, charger (non fast charging), earphone, dan adapter jack audio to lightning port.

Kabarnya desain Oppo R13 mirip dengan iPhone X? Coba baca selengkapnya di artikel ini.

Benar-benar Berbeda

Sebelum mencicipi iPhone X, kebetulan kami juga akrab dengan dua seri iPhone sebelumnya, yaitu iPhone 7 dan iPhone 8. Jika iPhone 7 dan 8 seperti pinang dibelah dua, lain halnya dengan iPhone X yang membawa desain segar.

Akhirnya, untuk pertama kalinya Apple merancang iPhone dengan layar penuh. Bezel-bezel layarnya lebih tipis dari smartphone Android yang ada saat ini. Saking tidak punya bezel, sampai-sampai Apple harus menempatkan kamera dan beragam sensor pendukung di bagian atas layar.

smartphone

Orang-orang menyebutnya notch atau poni, dan hal ini cukup banyak dibenci karena membuat risih dengan layar atasnya yang terpotong. Tapi hal ini mau tidak mau harus dilakukan demi hadirnya teknologi baru bernama Face ID.

Kehadiran Face ID ini menggantikan Touch ID yang sebelumnya selalu menyatu dengan tombol home fisik. Tapi kini tombol tersebut telah musnah karena Apple tidak mau merusak desain bodi belakang iPhone X dengan adanya sensor sidik jari, maka Apple lebih memilih melenyapkannya.

Penerus dari iPhone X kabarnya akan didukung dengan konektivitas 5G, baca lebih lengkapnya di artikel ini.

Face ID dan Gesture

Perubahan desain iPhone X juga turut memaksa penggunanya beradaptasi dengan cara pakai yang baru. Karena tidak ada tombol home, Apple pun mengganti dengan sistem gesture yang mirip BlackBerry 10.

Misalnya swipe bagian terbawah layar ke atas untuk mengakses homescreenSwipe bagian pojok kanan atas layar ke bawah untuk akses Control Center atau akses bagian pojok kiri atas layar ke bawah untuk buka jendela notifikasi.

Setelah pakai beberapa waktu, kami menilai sistem gesture ini sama sekali tidak merepotkan, alias bisa menggantikan tombol Home. Tapi, dengan syarat kita harus menggunakan dua tangan. Hal ini dikarenakan area gesture-nya yang berada di sisi teratas dan terbawah layar sehingga hampir mustahil dijangkau hanya dengan satu tangan.

Ini dia rahasia kenapa daya tahan baterai iPhone X bisa bertahan dengan lama.

Sedangkan untuk Face ID-nya, bisa dibilang ini adalah pemindai wajah terbaik yang ada di smartphone untuk saat ini. Sensornya dapat bekerja dengan cepat, bahkan saat kondisi gelap gulita seperti mati listrik sekali pun.

Hardware dan Kamera Juara

Spesifikasi iPhone X mengandalkan chipset hexa-core Apple A11 Bionic, RAM 3 GB, dan pilihan storage 64 atau 256 GB. Performanya merupakan yang terbaik untuk saat ini. Ketika kami uji menjalankan AnTuTu Benchmark, skornya mencapai 219 ribu poin! Belum ada yang menandingi.

Jadi, game apapun yang Anda mainkan pada iPhone X bakal berjalan dengan kualitas grafis terbaik dan frame rate yang tinggi.

Bukan cuma spesifikasi hardware-nya saja, kamera iPhone X juga jadi salah satu yang terbaik di segmen smartphone flagship. Kamera utamanya dual 12 MP f/1.8 yang selain bisa memotret bokeh dan zoom, juga bisa merekam video 4K dengan 60 fps atau slow motion Full HD 240 fps.

smartphone

Menariknya, kamera depannya yang beresolusi 7 MP juga bisa memotret bokeh dengan mode Portrait Lighting. Padahal kamera depannya hanya satu. Ternyata Apple juga membenamkan sensor TrueDepth untuk menciptakan efek bokeh ketika ber-selfie.

Dengan perubahan desain yang terbilang radikal, kualitas layar tertinggi, hardware super kencang, dan kamera jauh di atas rata-rata, memaksa Apple untuk membanderol iPhone X sangat tinggi. Saat ini harga iPhone X versi 64 GB non resmi di Indonesia berkisar Rp18 jutaan.

0 comments