NOW READING

iPhone 8 Plus, Smartphone Terkencang di Dunia Saat Ini!

 488
+
 488

iPhone 8 Plus, Smartphone Terkencang di Dunia Saat Ini!

by The Daily Oktagon
  • iPhone 8 dan 8 Plus saat ini sudah bisa diburu karena sudah disebar secara global.
  • Smartphone ini sekilas masih serupa seperti pendahulunya, namun sebenarnya membawa peningkatan penting.
  • Dengan chipset dan kamera baru, iPhone 8 Plus kini menyandang gelar smartphone dengan performa terkencang dan kamera terbaik di dunia.

Seperti yang kita tahu, Apple sudah melahirkan tiga iPhone baru sekaligus pada 12 September lalu, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Kalau iPhone X baru tersedia November nanti, lain halnya dengan duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang sudah tersedia di pasaran saat ini.

The Daily Oktagon pun berkesempatan melakukan unboxing iPhone 8 Plus, karena untuk beberapa fiturnya, produk ini tampil lebih atraktif ketimbang iPhone 8. Simak ulasannya berikut ini.

Warna Boks Senada

Ada pemandangan yang tidak biasa ketika The Daily Oktagon menerima boks iPhone 8 Plus untuk pertama kalinya. Untuk unit berwarna Space Grey, Apple merancang boksnya dengan balutan warna yang senada dengan smartphone-nya.

Padahal saat merilis iPhone 7 tahun lalu, unit berwarna black sekalipun tetap dibungkus dalam kotak berwarna putih. Kalau warna boksnya berbeda, bagaimana dengan isinya? Ternyata isinya masih sama.

Dalam boks yang tidak terlalu besar ini, kita bakal mendapat beberapa lembar kertas panduan, SIM ejector, dua lembar sticker Apple, headset plus adapter jack audio, kabel data lightning, dan kepala charger. Sebuah aksesori yang “biasa saja” untuk smartphone yang berbanderol 14,6 jutaan ini.

Serupa Tapi Beda

Ketika melihat presentasi yang dibawakan Tim Cook, mungkin banyak penggila gadget yang langsung menghentikan hasratnya untuk meminang iPhone 8 series. Alasannya sederhana saja, iPhone 8 masih setia dengan desain lama seperti iPhone 7 series.

Sampai akhirnya The Daily Oktagon memegang langsung unitnya, ternyata iPhone 8 Plus menawarkan perbedaan simpel yang cukup berarti. iPhone 8 Plus memiliki dimensi kurang lebih sama seperti iPhone 7 Plus, tapi bobotnya lebih berat 14 gram.

Hal lain yang membedakannya dengan iPhone 7 Plus adalah bodi belakangnya dimana Apple sudah mengganti bahan aluminium dengan kaca. Perubahan material ini tak lain karena Apple ingin menghadirkan teknologi wireless charging pada iPhone 8 Plus.

Sejauh mata kami memandang, iPhone 8 Plus memang terlihat lebih mewah dari iPhone 7 Plus. Bahan kaca sukses menambah kesan elegannya. Dan yang pasti kaca ini tidak mudah tergores karena diklaim memiliki ketahanan ekstra. Kecuali jika kita menjatuhkannya dari jarak yang lumayan. Kalau sudah begitu, pastinya tak ada kaca yang tak retak.

Simak unboxing Asus Zenfone 4 Max Pro di sini.

Diam-diam Menghanyutkan

Di balik kesamaan desainnya, sebenarnya Apple sudah menyiapkan hardware yang jauh lebih bertenaga. Rangkaian spesifikasi iPhone 8 Plus sama persis seperti iPhone X, yakni otak Apple A11 Bionic yang terdiri dari enam inti core, RAM 3 GB, storage 64 atau 256 GB, dan baterai 2.800 mAh.

Apple A11 Bionic adalah komponen yang paling membedakan performanya dari iPhone 7 Plus. Sebelumnya iPhone 7 Plus mencatatkan skor 150 ribu poin pada pengujian AnTuTu Benchmark. Dan iPhone 8 Plus berhasil meraih skor 200 ribu poin yang sekaligus menjadikannya sebagai smartphone terkencang di dunia saat ini.

Kapasitas baterai yang hanya 2.800 mAh sebenarnya cukup meragukan, apakah cukup untuk menyuplai daya dengan penggunaan seharian penuh. Selama lebih dari tiga hari menggunakannya, hasilnya ternyata memuaskan.

Dari kondisi penuh, baterai iPhone 8 Plus bisa bertahan hingga 30 jam dengan screen-on-time sekitar tujuh jam. Adapun penggunaannya yakni untuk internetan seperti browsing dan streaming serta bermain game online selama satu jam.

Cari smartphone murah dengan layar tajam? Intip artikel ini.

Peningkatan Kamera

Lagi-lagi seolah seperti tidak ada perbedaan signifikan pada sektor kamera. Dual-camera 12 MP dengan bentuk menonjol terpampang di bodi belakang iPhone 8 Plus dengan posisi yang persis seperti pada iPhone 7 Plus.

Walaupun resolusinya sama, kemampuannya berbeda. Kami sudah menjajal langsung perbedaannya. Untuk memotret, kualitasnya memang tak terlalu jauh. Tapi untuk merekam video perbedaannya signifikan.

iPhone 8 Plus mampu merekam video 4K hingga 60 FPS. Sangat luar biasa. Sementara untuk merekam video slow motion kini menunjang resolusi Full HD hingga 240 FPS.

Jadi meski secara kasat mata desainnya masih sama seperti iPhone 7 Plus, sebenarnya iPhone 8 Plus membawa peningkatan yang cukup penting pada performa dan kemampuan kameranya. Ya, iPhone 8 Plus adalah smartphone terkencang di dunia sekaligus pertama di dunia yang bisa merekam video 4K 60 FPS.

Baca juga: Xiaomi Mi 5X, Goda Konsumen Kelas Menengah dengan Desain Menawan

0 comments