NOW READING

iPhone 7, Raja Flagship yang Kini Tahan Air dan Debu

 2202
+
 2202

iPhone 7, Raja Flagship yang Kini Tahan Air dan Debu

by The Daily Oktagon
  • Apple resmi merilis iPhone generasi ketujuh pada September lalu.
  • iPhone 7 memiliki bentuk serupa seperti pendahulunya, tapi hadir dengan dua warna baru, Black dan Jet Black.
  • Selain warna baru, iPhone 7 juga membawa kamera gaya baru, prosesor baru, serta sertifikasi IP67 tahan air dan debu.

Tahun ini kita kedatangan dua pemain utama flagship smartphone di waktu yang relatif berdekatan, September lalu. Pertama adalah Samsung Galaxy Note 7, dan kedua adalah iPhone 7. Setelah Galaxy Note 7 tertimpa musibah kasus baterai yang meledak, iPhone 7 pun melenggang sendiri menguasai pasar.

Seperti apa smartphone terbaru dari Apple itu? Seberapa besar perubahannya kalau dibandingkan dengan iPhone 6S? Bagaimana penampakan dan kemampuannya?

Terkait hal di atas, The Daily Oktagon kali ini “membongkar” kemasan iPhone 7 dan membahasnya untuk Anda. Ikuti ulasannya berikut ini.

Si Hitam jadi Pilihan Baru

Apple mengumumkan iPhone 7 pada 9 September 2016. Sedangkan penjualan perdana baru dimulai pada 16 September di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Singapura, dan Hong Kong.

Saat ini Indonesia belum masuk daftar distribusi Apple. Tapi kini, Anda sudah bisa mendapatkan iPhone 7 di dalam negeri, salah satunya lewat Oktagon.

Untuk iPhone 7, Apple menyediakan dua warna baru, yaitu Black dan Jet Black. Warna lain seperti Silver, Gold, dan Rose Gold, tetap ada; sementara warna Space Grey sudah tidak disediakan lagi.

Dua warna baru tadi potensial menjadi daya tarik dan bisa jadi lebih menggoda buat calon pembeli atau peminat iPhone 7, ketimbang warna lain yang biasanya ditawarkan; khususnya Jet Black.

iphone 7

Meski demikian, kami menyarankan Anda ambil warna Black saja, karena varian Jet Black memiliki kelemahan, walau sebetulnya terlihat sangat menawan karena meningkatkan efek kilat pada bodinya. Tapi akibatnya, bodi jadi mudah kotor oleh ceplakan sidik jari.

Dan jika Anda ingin permukaan bodi warna Jet Black bebas goresan, ada baiknya untuk mengambil langkah antisipasi dengan menggunakan casing.

Seperti tadi kami sebutkan, warna Black justru lebih aman dan tetap terlihat menawan. Karakter warna doff atau matte membuat varian ini tidak mudah kotor, dan relatif lebih aman jika kita termasuk pengguna smartphone yang tidak suka menggunakan casing.

Bicara soal hitam, tak hanya iPhone, Xiaomi khususnya Yi 4K juga beredar dengan balutan warna hitam. Seperti apa ketangguhan kamera ini? Cek informasi lengkapnya di sini

Tiga Perbedaan iPhone 7 dengan iPhone 6 atau 6S

Saat membelinya iPhone 7 menawarkan tiga pilihan storage, 32GB, 128GB, dan 256GB. Untuk ulasan Unboxing kali ini, kami menggunakan versi 128GB yang dijual dengan harga Rp 15.299.000.

Ketika pertama kali membuka kotaknya dan menyaksikan langsung penampakannya, rasa antusias dan penasaran menjalar deras di alam pikiran kami.

Namun, ketika benar-benar menggenggamnya, kami seperti mengalami déjà vu. Bentuk, dimensi, dan feelyang terasa serupa dengan iPhone 6 atau 6S. Meski begitu, saat kami coba telaah lagi, ada tiga perbedaan paling mencolok di antara iPhone 7 dan iPhone 6 atau 6S.

iphone 7

Pertama, posisi antena yang tadinya melintang horizontal di bagian belakang bodi kini lebih rapi dengan posisi lebih menjorok ke tepian sisi atas dan bawah bodi bagian belakang.

Kedua, modul kamera iPhone 7 tampil lebih besar dan dilengkapi quad-LED flash. Dan ketiga, yang sebetulnya banyak disayangkan dan dikeluhkan banyak orang adalah hilangnya audio atau headphone jack 3,5mm pada iPhone 7.

Sebagai pengganti, iPhone 7 menyertai paketnya dengan EarPods dengan kabel Lightning. Tapi kalaupun Anda tetap ingin menggunakan earphone atau headphone dengan konektor standar umum, Apple menyediakan adapter port Lightning untuk audio jack 3,5mm.

Simak juga ulasan tentang deretan ZenFone terbari dari Asus. Cek kabar detailnya di laman ini

iPhone Kini Disertai Sertifikasi Anti-Air dan Debu

Hal lain yang juga membuat iPhone 7 tidak biasa dibandingkan iPhone sebelumnya adalah jaminan anti-air dan debu, lewat sertifikasi IP67. Berdasarkan hasil tes, Apple mengklaim kalau perangkat ini tahan terendam air dengan kedalaman maksimal 1 meter, selama 30 menit.

Yang tidak biasa dari ‘fitur’ baru ini adalah, Apple menekankan pengguna agar tidak menge-charge baterai sampai 5 jam setelah terendam; hal itu termuat pada situs support.apple.com.

iphone 7

Kalau dibandingkan dengan smartphone yang ‘menjual’ sertifikasi serupa, seperti pada perangkat Samsung Galaxy S7 misalnya, ketentuan itu tidak ada, dan device bisa langsung diisi ulang dayanya meski baru terendam air; setelah dilap dan dikeringkan secukupnya.

Meski begitu, boleh dibilang kita bisa bernapas lega, bahwa setidaknya pada seri teranyar ini, kita bisa tidak khawatir kalau iPhone tak sengaja terjatuh ke kubangan air atau basah kehujanan di tengah perjalanan sehari-hari.

Peningkatan Pada Kualitas Layar

Untuk dimensi layar, pada seri ketujuh ini Apple menyajikan iPhone dengan pilihan ukuran berbeda dengan seri sebelumnya, iPhone 6 atau 6S.

iPhone 7 disuguhkan dengan layar retina 4,7 inci dengan resolusi 750x1334px. Meski nilai resolusinya serupa dengan generasi 6, layar iPhone 7 dilengkapi panel yang membuat layarnya tampak lebih cerah, dengan perhitungan peningkatan sampai 25%.

Dengan demikian, saat menikmati tampilan layarnya, pengguna cukup bisa merasakan perbedaan yang membuat iPhone 7 ini lebih sedap dipandang sajian visual dan warnanya, ketimbang iPhone 6 atau 6S.

iphone 7

Lalu, bergeser sedikit ke bawahnya, tombol Home di smartphone ini kompatibel dengan fitur 3D Touch, dan membuatnya makin sensitif merespon tekanan. Pada situs resminya disebutkan kalau ini salah satu efek dari penerapan teknologi Taptic Engine di dapur pacunya.

Kemampuan Kamera yang Makin Prima

Salah satu kekuatan iPhone dari masa ke masa adalah kameranya yang memiliki kualitas khusus dan teruji mampu menghasilkan potret yang memuaskan; tentu termasuk juga pada iPhone 7 ini.

Jadi, buat Anda yang suka mengambil gambar dari perangkat Apple, iPhone 7 menjanjikan kualitas yang bisa memuaskan hasrat fotografi atau videografi Anda.

Seperti tadi sempat disebutkan, pada seri ini modul kamera tampil lebih besar dengan kelengkapan quad-LED flash. Untuk kamera belakang, Apple memboyong sensor 12MP dan 7MP FaceTime HD untuk kamera depan.

Selain itu juga iPhone 7 memperkuat kamera bawaannya dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan aperture lebih lebar, yaitu f/1.8.

Terkait IOS, Anda jadi tak perlu khawatir gambar mudah buram akibat getaran tangan saat mengambil gambar. Kemampuan kamera iPhone 7 meredam gerakan meningkat setidaknya tiga kali lipat dibandingkan iPhone 6S.

Apple juga menjanjikan kalau dengan perangkat ini, pengguna akan mendapatkan kualitas yang makin baik untuk pengambilan gambar dalam keadaan minim cahaya.

iphone 7

Pengambangan baru juga dari sisi kamera adalah wide color capture yang bikin hasil jepretan terlihat lebih cerah dan ‘hidup’.

Dan jika Anda gemar mengambil video atau bahkan seorang vlogger, muatan 12MP pada kameranya memungkinkan Anda menangkap video dengan resolusi 4K.

Setelah mengambil beberapa video berkualitas tinggi, Anda bisa menyuntingnya di aplikasi iMovie sebelum kemudian memuatnya di akun Instagram atau YouTube Anda.

Sementara sensor 7MP pada kamera depan makin bisa Anda andalkan untuk berfoto selfie. Jadi kalau Anda termasuk pengguna iPhone yang kerap merasa kurang puas dengan kamera depannya, kini keresahan Anda terjawab.

Kami mencobanya sendiri, foto yang diambil dengan kamera depan iPhone 7 terlihat lebih tajam dan cerah. Karena memang, pada kamera depan seri ini, Apple melengkapi smartphone ini dengan wide color capture dan Retina Flash.

Raja Flagship Smartphone 2016

Meski Apple tidak terlalu gemar membekali smartphone-nya dengan teknologi dan fitur terkini seperti pada flagship Android, iPhone 7 menawarkan kinerja tertinggi untuk kelas smartphone.

Prosesor yang dimilikinya memang hanya punya empat inti core, tapi skor benchmark yang dihasilkannya luar biasa tinggi.

Berdasarkan pengujian kami terkait kemampuan iPhone 7, saat di-benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone ini berhasil meraih skor sampai 170 ribu poin; yang berdasarkan catatan kami adalah skor tertinggi di kelas smartphone, karena belum ada pesaingnya yang mencapai nilai tersebut.

Sebagai tambahan informasi saja, parameter yang termasuk pertimbangan AnTuTu Benchmark termasuk performa memori, grafik, kecepatan baca-salin, dan berbagai kemampuan teknis lainnya.

Nah, bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk menjajal langsung iPhone 7? Jika iya, Anda bisa cek laman Oktagon, untuk berbagai pilihan warna dan storage dari iPhone 7 dan iPhone 7S.