NOW READING

iPad 2017, Tablet Terjangkau untuk Si Produktif

 2064
+
 2064

iPad 2017, Tablet Terjangkau untuk Si Produktif

by The Daily Oktagon
  • iPad 2017 (atau juga disebut iPad) adalah tablet teranyar Apple yang dirilis pada tahun ini.
  • Tak ada perbedaan mencolok pada boks penjualan iPad 2017 saat kami pertama kali memegangnya. Hanya saja, mengingat ukuran tablet cuma berkisar 9,7 inci, boks penjualan tampil sedikit lebih ramping dan kecil.
  • iPad 2017 memang tergolong tablet yang cukup terjangkau. Dengan kisaran Rp 4,3 jutaan, tablet ini sudah menawarkan segudang fitur unggul yang cukup diperhitungkan.

Apple boleh saja ‘bersinar’ dengan iPhone-nya. Akan tetapi, jangan lupakan iPad. Ya, lini perangkat tablet yang dibesut perusahaan teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat itu juga mendapat tempat di sebagian besar penggunanya.

Yang pasti, semakin ke sini Apple kian inovatif dalam merilis seri iPad. Setiap tahun, iPad yang dirilis hadir dengan sejumlah pembaruan baik dalam segi fitur, performa, dan desain. Ambil bukti dua tahun ke belakang. Saat itu Apple merilis iPad Pro dalam dua seri ukuran: 12,9 dan 9,7 inci.

Kini, perusahaan yang digawangi Tim Cook itu meluncurkan seri iPad paling anyar dengan nama iPad. Ya, iPad saja. Tidak ada embel-embel Pro atau Air. Meski namanya terkesan klasik, merujuk pada generasi pertama yang dirilis pada 2010 silam, banyak orang justru menyebut iPad terbaru ini dengan julukan “iPad 2017”.

The Daily Oktagon berkesempatan untuk membuka isi dari boks penjualan iPad 2017. Apa yang istimewa dari tablet berukuran 9,7 inci ini? Adakah perbedaan yang signifikan dalam segi pengemasan dan aksesori dibanding seri iPad terdahulu? Simak prosesi unboxing ini.

Kemasan Minimalis Khas

Tak ada perbedaan mencolok pada boks penjualan iPad 2017 saat kami pertama kali memegangnya. Hanya saja, mengingat ukuran tablet cuma berkisar 9,7 inci, boks penjualan tampil sedikit lebih ramping dan kecil.

Secara desain, boks berpegang teguh pada konsep minimalis Apple, yang saklek terimplementasi ke semua produknya, baik iPhone, MacBook, dan aksesori lain. Semua hadir dalam padanan warna putih.

iPad 2017

Di tengah boks, muncul objek dari produk yang dijual, iPad 2017 yang ramping dalam perspektif vertikal. Bisa jadi, ini merupakan trik Apple yang seolah ingin menekankan tablet tersebut benar-benar memiliki ukuran yang pas digenggam, dan tentunya ramping.

Membuka boks penjualan pun tidak butuh waktu lama, Saat membuka penutup boks, kami langsung disuguhkan dengan wujud tablet yang terpampang tegas dengan warna hitam mengkilap.

Di bawahnya, tersimpan tiga aksesori, mulai dari port charging, kabel lightning port, hingga buku manual (berisikan stiker Apple dan buku instruksi) dengan rapih.

Untuk mengambil semua item di dalam kotak relatif mudah. Apple merancang ruang demi ruang untuk menyimpan berbagai aksesori ini dengan apik dan penuh estetika, namun tetap mudah untuk dikeluarkan.

Simak kabar terbaru dari industri tablet, termasuk tablet untuk tuna netra!

Ukuran Ringkas

iPad 2017 memang tergolong tablet yang cukup terjangkau. Dengan kisaran Rp 4,3 jutaan, tablet ini sudah menawarkan segudang fitur unggul yang cukup diperhitungkan.

Namun dari semua itu, yang membuat kami cukup terkesan adalah ukurannya yang secara mengejutkan sangat ringkas.

Meski pada awal kami skeptis melihat ukuran 9,7 inci yang masih ‘besar’, saat memegangnya pertama kali, bahkan hingga berkali-kali pun ternyata tidak ada isu yang serius. Memegang tablet dengan satu tangan juga menyenangkan.

Ketika kami gunakan gadget ini untuk menonton video streaming, menggambar, mengetik dalam notes, hingga berselancar di media sosial benar-benar menjadi pengalaman yang asyik. Sehingga kami menilai, tablet ini benar-benar cocok digunakan untuk pengguna yang produktif.

Meski begitu, tablet ini tidak mengusung spesifikasi serupa dengan ‘saudara’nya, yakni iPad Pro. iPad 2017 memang sepertinya hanya mengandalkan sisi praktis dalam faktor ukuran. Sementara jika dibandingkan di atas kertas, spesifikasinya dengan iPad Pro tentu berbeda jauh.

Keduanya memang memiliki aspek rasio 4:3 dan resolusi 2048×1356, namun iPad 2017 tidak memiliki layar dengan teknologi True Tone, anti-reflective, dan gamut warna wide. Walau demikian, layar iPad 2017 tetap tampil menawan dan asyik untuk disaksikan.

Ulasan salah satu smartphone Xiaomi terbaru ada di sini

Selain itu, iPad 2017 juga berjalan dengan sistem operasi terbaru iOS 10.3. Dapur pacunya ditopang dengan chip A9 generasi ketiga yang terintegrasi dengan prosesor motion M9.

Memang, ia belum segesit chip A9X di iPad Pro, namun yang pasti ia lebih cepat ketimbang chip A8X di iPad Air 2. Lebih lanjut, tablet memiliki kamera utama 8MP dan kamera depan 1,2MP yang kami nilai kualitasnya cukup memuaskan.

Secara kesimpulan, iPad 2017 adalah salah satu alternatif Apple untuk menawarkan tablet terjangkau namun tetap menggunggulkan sejumlah fitur, terlebih dalam aspek ukuran.

Jika kamu sekarang hendak memilih iPad dengan ukuran yang ringkas, pasti ada dua pilihan: kalau tidak iPad Air 2 ,pasti iPad 2017. Namun iPad 2017 relatif berhasil memegang posisi untuk saat ini, mengingat spesifikasinya yang membuat ia lebih memesona.

0 comments